17 Keutamaan Surat Maryam Yang Perlu Kalian Tahu

17 Keutamaan Surat Maryam Yang Perlu Kalian Tahu

PeciHitam.org – Surat Maryam ialah salah satu surat yang sering dibaca ibu hamil karena dipercaya memiliki berbagai keutamaan, surat Maryam sering disarankan untuk dibaca, dipelajari, dan diamalkan hikmahnya.

Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG

Berikut tentang keutamaan surat Maryam khususnya bagi ibu hamil yaitu diantaranya:

  • Tentang Keimanan.

Surat Maryam berisi tentang Allah SWT berbuat sesuatu menurut kehendak-Nya meski tidak sesuai dengan hukum alam dan ketika berkehendak segala sesuatunya tidak ada yang tidak mungkin bagi-Nya.

Hal ini menjadi sebuah teladan keimanan dan doa sebagai salah satu dari keutamaan surat Maryam agar memiliki rasa keimanan dengan membaca dan meneladani kisah kisah di dalamnya.

  • Bentuk Ikhtiar.

Agar terhindar dari segala marabahaya dianjurkan untuk membaca surat Maryam bagi ibu hamil sehingga mendapat keberkahan dalam perjalanan menanti kelahiran anugrah yang telah diberikan Allah SWT yaitu seorang anak.

  • Menjelaskan Wujud Kasih Sayang Allah SWT.

Salah satu wujud kasih sayang Allah SWT adalah kehamilan dan anak, sebab seorang anak adalah rezeki yang mungkin tidak semua wanita diberi kepercayaan untuk menerima anugrah kasih sayang Allah SWT tersebut.

  • Doa Agar Anak Berbakti.
Baca Juga:  Surah Al-Mu'min Ayat 1-3; Terjemahan dan Tafsir Al-Qur'an

Keutamaan surat Maryam untuk ibu hamil yaitu doa untuk anak yang dikandung agar kelak menjadi seseorang yang saleh dan salehah.

  • Tanda Kebesaran Allah.

Bagi Allah SWT segalanya tidak ada yang tidak mungkin, kehamilan merupakan salah satu kebesaran-Nya dan bentuk rahmat untuk ibu hamil tersebut.

  • Anjuran Berprasangka Baik.

Dianjurkan untuk membaca surat Maryam agar mendapat teladan dan senantiasa berprasangka baik bahwa Allah SWT selalu memberi pertolongan khususnya pada hal yang baik yang akan membawa dampak baik.

  • Bukti keEsaan Allah SWT.

“Tidak patut bagi Allah mempunyai anak, Maha Suci Dia, apabila Dia hendak menetapkan sesuatu, maka Dia hanya berkata kepadanya, jadilah! Maka jadilah sesuatu itu”, QS. Maryam ayat 35 tersebut merupakan bukti bahwa Nabi Isa AS bukanlah anak Allah SWT sekaligus membuktikan keEsaan-Nya.

  • Peringatan Untuk Umat Manusia.

Sebagai peringatan agar menjadi orang yang beriman sehingga tidak menyesal di hari akhir nanti.

  • Contoh Teladan Ketaatan.
Baca Juga:  Surat Al-Falaq, Salah Satu Surat dalam Al-Quran yang Mampu Menangkal Sihir

Dengan membacanya mempunyai keutamaan yaitu dapat sebagai doa dan teladan agar menjadi hamba yang istiqomah di jalan Allah SWT, yang siap menjauhkan diri dari segala keburukan.

  • Teladan Wanita Sholehah.

Surat tersebutsering dianjurkan untuk ibu hamil dengan membaca surat Maryam, merupakan salah satu wujud doa untuk ikhtiar tersebut.

  • Ciri Wanita Penyabar.

Dikisahkan Maryam harus mengasingkan diri agar terhindar dari fitnah karena mengandung padahal sama sekali tidak pernah disentuh oleh lelaki, Maryam dengan kesabarannya tetap menerima takdir Allah SWT dan menjaga dengan kasih sayang bayi yang dikandungnya.

  • Doa Agar Anak Sholeh.

Surat tersebut juga merupakan salah satu doa agar anak yang dikandung kelak memiliki rasa kasih sayang terhadap sesama dan menjadi orang yang bertaqwa.

  • Anjuran Untuk Berdoa Hanya Kepada Allah.

Mempunyai berbagai harapan dapat diungkapkan langsung kepada Allah, tak perlu dengan cara riya, cukup kepada Allah saja doa itu disampaikan

  • Bukti Allah Maha Mendengar.

Kisah dalam surat Maryam tentang Nabi Zakaria yang diberi anugrah anak padahal istrinya mandul dan usia beliau sudah tua, merupakan bukti bahwa Allah SWT senantiasa mendengar doa hamba-Nya.

  • Berisi Kisah Kisah Orang Sholehah.
Baca Juga:  Fadhilah Surat Maryam bagi Ibu Hamil, Salah Satunya Memberi Ketenangan

Dalam surat Maryam terdapat berbagai kisah kisah orang sholehah yaitu kisah Nabi Zakaria, Maryam, juga Nabi Musa yang dianjurkan diperdengarkan kepada bayi sejak dalam kandungan.

  • Bukti Kebesaran Allah SWT.

Surat Maryam berisi tentang kebesaran dari Allah SWT dimana sesuatu yang tidak mungkin terjadi dapat terjadi jika Allah SWT berkehendak dan merupakan wujud kebesaran-Nya.

  • Perintah Bertaqwa Kepada Allah.

Surat Maryam yang terdapat berbagai teladan di dalamnya dan memerintahkan semua Muslim agar senantiasa bertaqwa kepada Allah SWT selain membaca Al-Qur’an merupakan cara meningkatkan iman dan taqwa yang dapat dilakuka sehari-hari.

Demikianlah keutamaan dari Surat Maryam semoga dapat menambah serta membuka pengetahuan kita yang hendak maupun sering membaca surat tersebut.

Mochamad Ari Irawan

Leave a Reply

Your email address will not be published.