5 Tips Sederhana Mengenai Hidup Sehat Cara Islam

5 Tips Sederhana Mengenai Hidup Sehat Cara Islam

PeciHitam.org – Kesehatan merupakan hal yang amat penting bagi seorang manusia. Sehat dalam Islam bukan hanya berhubungan dengan masalah fisik (jasmani) saja, melainkan juga menyangkut psikis (jiwa). Sebab, tidak sedikit penyakit yang bersumber dari pikiran (aql). Agar mengetahui lebih jauh mengenai hidup sehat cara Islam, berikut ini kami paparkan beberapa tips, di antaranya:

1. Makan Tidak Berlebihan

Dalam perut kita ada tiga rongga yaitu sepertiga untuk makanan, sepertiga untuk minuman dan sepertiga lagi untuk udara (pernapasan). Ketika seseorang makan berlebihan, maka kapasitas rongga yang lain menjadi lebih sedikit.

Alangkah lebih baiknya jika ketiganya dapat seimbang. Agar penyakit yang disebabkan oleh pencernaan yang kurang baik dapat diminimalisir. Nabi Muhammad Saw sering mengingatkan kita agar makan ketika lapar namun berhenti sebelum kenyang.

Berhenti mengisi lambung selama empat jam sebelum tidur. Jika seseorang tidur dalam keadaan perut terisi makanan, otomatis saluran nafas akan menyempit (bahkan tidak menghentikan nafas).

Jika hal ini terjadi terjadi dalam jangka penjang maka akan berakibat pada jantung yang dinamakan hipoksia atau kekurangan oksigen, dan lama kelamaan jika hal ini tetap sering dilakukan maka akan mengakibatkan stroke.

Baca Juga:  Etos Kerja Dalam Islam, Adakah Ciri Ciri Orang Yang Memilikinya?

2. Jaga Kebersihan

Rasulullah Saw selalu memperingatkan kita tentang pentingnya kebersihan, baik kebersihan diri maupun lingkungan. Mulai dari memotong kuku, cuci tangan sebelum dan sesudah makan, mandi, membersihkan ranjang sebelum tidur, dan sebagainya.

Hal ini amat penting mengingat banyak sekali penyakit yang bersumber dari kurangnya kebersihan. Maka tidak heran ada suatu hadis yang menyebutkan bahwa kebersihan adalah sebagian dari iman.

3. Istirahat Cukup

Yang dimaksud istirahat yang cukup di sini ialah tidur ala Rasulullah yang pergi tidur lebih awal setelah isya dan bangun lebih awal sebelum shubuh. Hal ini disebabkan karena siklus tidur diwaktu tersebut merupakan waktu tidur yang ideal.

Dari pukul 8 malam hingga pukul 3 pagi, total 7 jam sudah tergolong sebagai durasi tidur yang ideal menurut para ahli. Hindari kebiasaan bergadang semalaman, karena akan berdampak pada tubuh menjadi tidak prima atau bersemangat di pagi hari.

Ibnu Qayyim juga berpendapat, bahwa barangsiapa yang memperhatikan pola tidur Rasulullah, niscaya ia akan memahami pola tidur yang benar dan paling bermanfaat untuk badan dan organ tubuh.

Baca Juga:  Tidak Semua Ajaran Islam Bersifat Tetap, Ada yang Boleh Diubah, Ini Contohnya

4. Berolahraga Teratur

Berolahraga di pagi hari ketika hendak melakukan aktivitas keseharian, mampu menjadikan tubuh menjadi lebih prima. Menghirup udara pagi yang segar yang kaya kandungan oksigen sehingga paru-paru yang lebih kuat dan sehat.

Olahraga di sini tidak harus ke gym dan sebagainya. Ketika hendak ke masjid dengan berjalan kaki sambil meregangkan otot-otot juga dapat dilakukan. Ketika berjalan kaki keringat mengalir di sekujur badan, pori-pori kulit terbuka dan peredaran darah berjalan nomal sehingga terhindar dari penyakit jantung.

Islam menyuruh pemeluknya berolahraga seperti berenang, menunggang kuda dan lain sebagainya. Menurut para ahli, berenang mempunyai nilai aerobic tertinggi (gaya kupu-kupu), yang nilai aerobiknya juga tinggi sesudah berenang ialah berjalan dan bersepeda.

5. Berpikir Positif

Para Psikolog berpendapat bahwa segala sesuatu harus kita cari segi positifnya. Dengan berpikir positif kita jadi santai dan tidak gelisah ataupun resah. Berpikir positif dapat kita lakukan kalau kita selalu berzikir atau ingat pada Allah.

Baca Juga:  Mengenal Kitab al-Jami al-Saghir Karya Jalaluddin al-Suyuti

Dengan tawakkal orang akan menerima dengan ikhlas apapun yang terjadi. Ini tidak berarti kita tidak melakukan usaha dan hanya pasrah saja, justru kita harus berusaha maksimal. Tetapi kalau hasilnya kurang memenuhi keinginan kita, kita harus bersabar hati. Sabar dan tawakkal orang akan santai, rileks, pasrah, bahagia, dan dapat berpikir positif.

Demikian 5 tips sederhana mengenai hidup sehat cara Islam. Semoga bermanfaat dan dapat diaplikasikan pada kehidupan sehari-hari.

Mohammad Mufid Muwaffaq
Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG