7 Jemaah Asal Kaltim Positif Corona Usai Hadiri Ijtima Dunia di Gowa

Pecihitam.org – Tujuh jemaah asal Kalimantan Timur (Kaltim) positif terjangkit Corona (Covid-19) usai mengikuti Ijtima Ulama di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, beberapa waktu lalu.

Dari tujuh jemaah tersebut, satu diantaranya dinyatakan meninggal dunia.

“Tujuh pasien positif itu tersebar di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) empat orang, Berau satu orang, Samarinda satu pasien, dan Balikpapan satu orang meninggal,” ungkap Plt Kepala Dinas Kesehatan Kaltim Andi M Ishak, dikutip dari Kompas, Selasa, 14 April 2020.

Andi Ishak juga mengatakan, selain para ketujuh jemaah tersebut, keluarga mereka juga berpotensi ikut terpapar Covid-19.

Hal itu diketahui terjadi di Kabupaten Berau dimana 6 orang berstatys PDP lantaran tertular oleh ayahnya yang merupakan peserta di Ijtima Ulama Gowa.

Baca Juga:  KH Ma'ruf Khozin Kritik Ceramah Viral Pendakwah Evie Effendi

Maka dari itu, pihaknya meminta para peserta asal Kaltim yang menghadiri acara keagamaan tersebut agar punya kesadaran melapor diri supaya dapat dipantau petugas medis.

“Melapor diri bisa lewat jemaah masing-masing, jika ada yang merasa tidak nyaman melapor ke tim medis,” ujar Andi.

Menurut data yang diperoleh Dinas Kesehatan Kaltim, warga mereka yang ikut dalam kegiatan Ijtima Ulama di Gowa berjumlah 1.642 orang.

Namun, dari jumlah tersebut, yang berhasil diidentifikasi oleh Dinkes Kaltim yakni sebanyak 635 orang atau sekitar 39 persen.

Dari 635 jemaah itu, 7 diantaranya dinyatakan positif, 147 berstatus orang dalam pemantauan (ODP), dan 25 pasien dalam pengawasan (PDP).