8 Tips Ingin Kaya Cara Islam Ini Bisa Kamu Amalkan Lho!

8 Tips Ingin Kaya Cara Islam Ini Bisa Kamu Amalkan Lho!

PeciHitam.org – Kekayaan mungkin merupakan impian setiap orang di dunia. Dengan kekayaan kita dapat memberikan kontribusi lebih terhadap orang lain. Berikut ini salah satu doa bagi anda yang ingin kaya cara Islam,

Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG

اللَّهُمَّ أكْثِرْ مَالِي، وَوَلَدِي، وَبَارِكْ لِي فِيمَا أعْطَيْتَنِي وَأطِلْ حَيَاتِي عَلَى طَاعَتِكَ، وَأحْسِنْ عَمَلِي وَاغْفِرْ لِي

Artinya: Ya Allah perbanyaklah harta dan anakku serta berkahilah karunia yang Engkau beri. Panjangkanlah umurku dalam ketaatan pada-Mu dan baguskanlah amalku serta ampunilah dosa-dosaku. (HR. Bukhari no. 6334 dan Muslim no. 2480)

Beberapa tips lain jika anda ingin kaya cara Islam, antara lain:

1. Memperbanyak Dzikir

Salah satu dzikir yang dianjurkan oleh nabi agar dapat melonggarkan saluran-saluran rezeki menurut Abu Bakar bin Sayid M Syatho Dimyathi dalam kitabnya yang berjudul Hasyiyah I‘anatut Thalibin ala Fathil Mu‘in,

وردت عن النبي صلى الله عليه وسلم في أحاديث صحيحة كثيرة، أمر بها بعض أصحابه لتوسعة الرزق، وقال بعض العارفين: وهي مجربة لبسط الرزق الظاهر والباطن، وهي هذه: لا إله إلا الله الملك الحق المبين، كل يوم مئة مرة. سبحان الله وبحمده، سبحان الله العظيم، أستغفر الله، كل يوم مئة مرة. واستحسن كثير من الأشياخ أن تكون بين سنة الصبح والفريضة، فإن فاتت في ذلك فبعد صلاة الصبح وقبل طلوع الشمس، وإن فاتت في ذلك فعند الزوال. فلا ينبغي للعبد أن يخلي يومه عنها.

Tersebut dalam banyak hadits sahih sebuah riwayat di mana Nabi Muhammad SAW memerintahkan sejumlah sahabatnya untuk mengamalkan bacaan ini demi memperlancar rezeki. Sebagian ‘arifin mengatakan, amalan ini teruji dalam melapangkan rezeki lahir maupun batin.

Baca Juga:  Standar Muslim Yang Baik Menurut Gus Dur

Bacaan yang dimaksud ialah “La ilaha illallah Al-Malikul haqqul mubin” setiap hari 100 kali. “Subhanallahi wa bihamdih, subhanallahil adzim, astaghfirullahal adzim” setiap hari 100 kali. Banyak guru besar menganggap baik melazimkan bacaan ini saat di antara sembahyang sunah Subuh dan sembahyang Subuh. Kalau kesempatan itu luput, maka bacalah setelah Subuh hingga sebelum fajar menyingsing.

Jika di waktu itu luput juga, maka bacalah setelah matahari gelincir (penanda Dhuhur). Singkatnya, kalau bisa jangan sampai setiap orang menjalani hari-harinya tanpa bacaan ini.

2. Membaca surah al-Waqi’ah

Dalam suatu hadisnya, Rasulullah saw bersabda,  “Barang siapa membaca surat Al-Waqiah, maka ia tidak akan tertimpa kefakiran untuk selamanya.”

3. Melanggengkan shalat malam (shalat taubat, tahajud, hajat)

Shalat malam merupakan salah satu pintu dibukakannya rezeki oleh Allah kepada hambanya. Ketika seseorang melakukan hal tersebut dimalam hari saat Allah turun ke dunia mendengar doa dan kesungguhan hambanya, maka bukan perkara yang mustahil jika Allah akan mengabulkan setiap doa-doa yang ia panjatkan.

4. Mengerjakan shalat Dhuha

Shalat Dhuha memang sudah sangat masyhur menjadi cara seorang muslim untuk memohon kelimpahan rezeki. Dalam hadits Qudsi dijelaskan bahwa barang siapa yang yang menunaikan shalat dhuha maka Allah swt akan mencukupkan rezekinya sampai sore hari.

Baca Juga:  Metode Ijtihad Ibnu Rusyd Dalam Kitab Bidayah Al-Mujtahid

وَأَنَّهُ هُوَ أَغْنَىٰ وَأَقْنَىٰ

“Dan sesungguhnya Dia yang memberikan kekayaan dan kecukupan.” (QS. An Najm: 48)

Doa Nabi Sulaiman agar kekayaan melimpah ruah diatas dibaca 313 kali, diwiridkan seusai mengerjakan shalat dhuha.

5. Memperbanyak Sedekah

آمِنُوا بِاللَّهِ وَرَسُولِهِ وَأَنْفِقُوا مِمَّا جَعَلَكُمْ مُسْتَخْلَفِينَ فِيهِ ۖ فَالَّذِينَ آمَنُوا مِنْكُمْ وَأَنْفَقُوا لَهُمْ أَجْرٌ كَبِيرٌ

“Berimanlah kamu kepada Allah dan Rasul-Nya dan nafkahkanlah sebagian dari hartamu yang Allah telah menjadikan kamu menguasainya. Maka, orang-orang yang beriman di antara kamu dan menafkahkan (sebagian) dari hartanya mendapatkan pahala yang besar.” (QS. al-Hadiid:7).

6. Giat bekerja dan selalu bersyukur

فَإِذَا قُضِيَتِ الصَّلَاةُ فَانْتَشِرُوا فِي الْأَرْضِ وَابْتَغُوا مِنْ فَضْلِ اللَّهِ وَاذْكُرُوا اللَّهَ كَثِيرًا لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ

Apabila telah ditunaikan shalat, maka bertebaranlah kamu di muka bumi; dan carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak supaya kamu beruntung.

Ada juga hadis riwayat Ahmad yang menyatakan bahwa Sesungguhya Allah mencintai hamba-Nya yang bekerja. Barang siapa yang bekerja keras mencarai nafkah yang halal untuk keluarganya maka sama seperti mujahid di jalan Allah.

7. Mengucapkan salam ketika memasuki rumah

Dikutip dari Syekh An Nawawi Al Bantani dalam kitab Tafsir Marah Labid atau Tafsir Al Munir:

عن سهل بن سعد جاء رجل إلى النبي صلّى الله عليه وسلّم وشكا إليه الفقر فقال: «إذا دخلت بيتك فسلم إن كان فيه أحد وإن لم يكن فيه أحد فسلم على نفسك واقرأ قل هو الله أحد مرة واحدة. ففعل الرجل فأدر الله عليه رزقا حتى أفاض على جيرانه

Baca Juga:  Begini Tabarruk Para Sahabat dari Peninggalan dan Tempat Shalat Nabi

“Dari Sahl bin Sa’d, seorang laki-laki datang kepada Nabi SAW dan mengadu kepadanya perihal kefakiran. Rasul bersabda, ‘Jika engkau memasuki rumahmu, maka ucapkanlah salam bila di dalamnya ada seseorang. Jika tidak ada seorangpun di dalamnya, maka bersalamlah untuk dirimu dan bacalah surat ‘Qul huwallahu ahad sekali.’ Lelaki itu mengamalkannya. Allah melimpahkan kepadanya rezeki hingga meluber kepada para tetangganya.” (HR. Muslim)

8. Silaturahmi

Rasulullah bersabda, “Siapa yang suka dilapangkan rizkinya dan dipanjangkan umurnya hendaklah dia menyambung silaturrahmi.” (HR. Bukhari no. 5985 dan Muslim no. 2557)

Mudah-mudahan 8 tips ingin kaya cara Islam ini bermanfaat, dan dapat anda amalkan dalam kehidupan sehari-hari. Wallahu A’lam.

Mohammad Mufid Muwaffaq