Adab Makan Sesuai Sunnah Nabi, Salah Satunya Makan Pakai Tiga Jari

Adab Makan Sesuai Sunnah

Pecihitam.org – Setiap yang di sampaikan dan di lakukan oleh Rasulullah Saw pasti terdapat hikmah di dalamnya. Seperti hal yang paling sederhana yaitu saat Rasulullah Saw makan dan minum. Beliau selalu memperhatikan adab ketika makan dan minum, bahkan hal ini menjadi sunnah bagi siapa saja yang mengikutinya.

Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG

Rasulullah Saw adalah sosok suri tauladan bagi seluruh umat manusia. Dari mulai perkataan, perbuatan dan kebiasaan beliau sebagai As-Sunnah yang kemudian di ikuti oleh seluruh umat islam sebagai pedoman hidup setelah Al-Qur’an.

Berikut beberapa adab makan sesuai dengan Sunnah Rasulullah Saw:

1. Berwudhu terlebih dahulu sebelum makan

“ Barang siapa ingin di perbanyak kebaikannya oleh Allah, maka hendaklah dia berudhu ketika makanan sudah di hidangkan dan pada saat di angkat.” (HR. Ibnu Majah dan Al-Baihaqi)

Dalam hadist lain juga menjelaskan sebagai berikut,

“Berkahnya makanan adalah berwudhu baik sebelum maupun sesudahnya,” (HR. Abu Daud dan At-Tirmidzi).

2. Sebelum makan membaca basmalah terlebih dahulu

Sebagaimana yang di sebutkan dalam sebuah hadist yang di riwayatkan Imam Abu Dawud berikut,

Baca Juga:  Selain Saudi, Lembaga Fatwa Berbagai Negara Islam Ini Bolehkan Maulid Nabi

“Jika salah seorang di ntara kalian makan, maka ucapkanlah nama Allah (bismillah), jika lupa pada awalnya maka, bacaah : Bismillahi fi awwali wa akhirihi,” (HR. Abu Dawud dan Tirmidzi).

3. Menggunakan tangan kanan

Ketika makan sebaiknya menggunakan tangan yang kanan, seperti yang di anjurkan oleh Rasulullah Saw dalam sebuah hadist sebagai berikut:

“ Dari Umar bin Abi Salamah r.a berkata : Rasulullah Saw bersabda : Hai anakku, ucapkanlah dan makanlah dengan tangan kananmu” (HR. Al-Bukhori).

4. Makan dengan menggunakan tiga jari

Hal ini menunjukkan bahwa seseorang tidak serakah ketika makan, hal ini di jelaskan oleh Ka’ab bin Malik sebagai berikut,

“Sesungguhnya Rasulullah Saw. (Ketika makan beliau menggunakan tiga jari, dan menjilati tangan sebelum di basuh,” (HR. Muslim)

5. Mengambil makanan yang paling dekat

Di anjurkan mengambil makanan dari yang paling dekat dan yang paling mudah di jangkau. Rasulullah pernah menegur Umar bin Salamah ketika ia hendak menjulurkan tangannya mengambil makanan di tempat makanan sebagai berikut,

Baca Juga:  Tips Menghilangkan Rasa Ujub dan Dengki pada Diri Kita

“Wahai Anakku, sebutlah nama Allah (Basmallah), dan makanlah dengan tangan kananmu dan makanlah yang ada di dekatmu,”( HR.Al-Bukhori dan Muslim).

6. Setelah makan membaca hamdalah

Jika setelah selasai makan maka di anjurkan membaca hamdalah , sebagai wujud rasa syukur kita terhadap Allah Swt atas nikmat rezeki yang telah di berikan berupa makanan dan minuman yang lezat, hal ini sesuai dengan yang di sebut dalam sebuah hadist sebagai berikut,

“ Puji syukur kepada Allah yang telah memberi makan dan memberi minum kepada kami serta menjadikan kami termasuk orang-orang islam,” (HR. Abu Dawud).

7. Berkumur setelah selesai makan

Hal ini untuk membersihkan sisa-sisa makanan yang ada di mulut. Hal ini di sebutkan dalam sebuah hadist riwayat Imam Bukhari dan Muslim berikut,

“Kami mengunyah dan memakannya bersama beliau. Setelah itu beliau meminta air, kemudian berkumur-kumur sehingga kami pun melakukan seperti itu bersama beliau,” (HR. Al-Bukhori dan Muslim)

8. Larangan mencaci makanan

Baca Juga:  Azab Kubur, Begini Caranya Agar Bisa Terhindar Darinya?

Tidak di perbolehkan mencaci makanan apabila makanan itu tidak enak maka sebaiknya tidak usah di makan.

“ Rasulullah Saw. Tidak pernah mencaci makanan. Jika beliau suka, beliau makan. Jika beliau tidak suka, beliau tidak memakannya.” (HR. Al-Bukhori dan Muslim).

Demikianlah beberapa, adab makan sesuai dengan Sunnah Rasulullah Saw, sehingga apapun yang kita makan dan masuk dalam tubuh kita memiliki faedah bagi kesehatan kita dengan mengamalkan anjuran Rasulullah Saw saat makan.

Arif Rahman Hakim
Sarung Batik