Agar Doa Cepat Terkabul, Cobalah Berdoa dengan Cara Ini!

Agar Doa Cepat Terkabul

Pecihitam.org – Agar Doa cepat terkabul dan diterima oleh Allah SWT, kita dianjurkan untuk menjaga adab-adab atau semacam tata cara yang seharusnya dilakukan oleh seseorang yang sedang berdoa atau memohon sesuatu kepada Allah SWT.

Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG

Menurut Syekh M Ibrahim Al-Baijuri, agar doa cepat terkabul maka orang yang berdoa disyaratkan untuk memastikan halalnya makanan yang dikonsumsinya. Ia juga harus yakin doanya akan di ijabah atau dikabulkan doanya. Ia juga harus menjaga kesadaran, jangan sampai ia berdoa dalam keadaan hati lalai dari Allah, (Lihat Al-Baijuri, Tuhfatul Murid ala Jauharatit Tauhid, [Indonesia, Daru Ihyail Kutubil Arabiyyah: tanpa catatan tahun] halaman 92).

Beliau juga menjelaskan bahwa permintaan dalam doa yang dipanjatkan tidak mengandung dosa atau pemutusan hubungan silaturahmi. Doa sebaiknya tidak mengandung harapan atas terwujudnya penyia-nyiaan atas hak umat Islam.

Baca Juga:  Mengenal Konsep Ma’rifah dalam Dunia Tasawuf

Selanjutnya, agar doa cepat terkabul, beliau menganjurkan orang yang berdoa agar memanfaatkan waktu-waktu tertentu di mana Doa sangat mudah di ijabah dan orang yang sedang berdoa dianjurkan dalam keadaan suci dan menghadap kiblat.

Berikut penuturan Syekh M Ibrahim Al-Baijuri dalam Kitab Tuhfatul Murid ala Jauharatit Tauhid, halaman 92:

ومن آدابه أن يتحرى الأوقات الفاضلة كان يدعو في السجود وعند الأذان والإقامة ومنها تقديم الوضوء والصلاة واستقبال القبلة ورفع الأيادي إلى جهة السماء وتقديم التوبة والاعتراف بالذنب والإخلاص وافتتاحه بالحمد والصلاة على النبي صلى الله عليه وسلم وختمه بها وجعلها في وسطه أيضا

Artinya, “Salah satu adabnya adalah menggunakan waktu-waktu yang utama, yaitu berdoa saat sujud, berdoa saat jeda antara adzan dan iqamah. Salah satu adabnya lagi adalah bersuci terlebih dahulu, shalat, menghadap kiblat, mengangkat kedua tangan ke arah langit, bertaubat terlebih dahulu, pengakuan dosa terlebih dahulu, ikhlas dalam berdoa, memulai doa dengan tahmid dan shalawat nabi, menutup doa dengan shalawat nabi, dan juga membaca shalawat nabi di tengah doa,”

Baca Juga:  Tasawuf dan Thoriqoh Bukanlah Bid'ah, Ini Penjelasannya

Dari kutipan di atas, maka secara ringkas, adab dan tata cara berdoa agar doa cepat terkabul adalah sebagai berikut:

  1. Mengkonsumis Makanan yang halal
  2. Yakin diijabah/diterima doanya
  3. Menjaga hati agar tidak lalai saat berdoa.
  4. Tidak meminta sesuatu yang mengandung dosa.
  5. Tidak meminta sesuatu yang dapat memutuskan silaturahmi.
  6. Tidak meminta sesuatu yang dapat menyia-nyiakan hak umat Islam.
  7. Tidak meminta sesuatu yang mustahil secara umum.
  8. Menggunakan waktu-waktu yang mustajab dalam berdoa, yaitu saat sujud dan waktu jeda antara adzan dan iqamah.
  9. Berwudhu dan shalat dahulu sebelum berdoa.
  10. Menghadap ke kiblat dan mengangkat tangan saat berdoa.
  11. Bertaubat dan mengakui dosa sebelum memanjatkan doa.
  12. Ikhlas dalam berdoa.
  13. Memulai doa dengan mengucapkan tahmid dan shalawat nabi.
  14. Mengakhiri doa dengan shalawat nabi.
  15. Membaca shalawat nabi di tengah doa.
Baca Juga:  Peran dan Kontribusi Kiai Kholil dalam Menyebarkan Ajaran Tasawuf di Pulau Jawa

Tentunya, kesemua adab dan syarat ini sangat dianjurkan untuk diamalkan saat berdoa. Sehingga dengan mengamalkannya diharapakan doa-doa yang dipanjatkan mudah diijabah atau dikabulkan. Wallahu a’lam.

M Resky S

Leave a Reply

Your email address will not be published.