Angkat Bicara Soal Perombakan Buku Pelajaran Agama, PBNU: Khilafah Sudah Basi!

Kiai Said

Pecihitam.org – Perihal perombakan judul buku pelajaran agama yang kontennya dianggap bermasalah, termasuk soal khilafah, Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Said Aqil enggan berkomentar banyak.

Sebab menurut Kiai Said, saat ini pembahasan mengenai khilafah sudah basi.

“Sebenarnya khilafah itu sudah basi, enggak usah dibicarakan,” kata Kiai Said, dikutip dari CNN Indonesia, Selasa, 12 November 2019.

Kiai Said mengatakan, seluruh negara-negara Islam di dunia telah sepakat untuk menolak paham khilafah. Hal itu termasuk sejumlah negara di Timur Tengah, seperti Arab Saudi dan Pakistan.

“Semua negara Islam menolak khilafah,” ujarnya.

Seperti diketahui, khilafah sendiri merupakan sebuah sebutan bagi sistem kepemimpinan bagi umat Muslim. Orang yang memimpinnya disebut khalifah, dapat juga disebut imam atau Amirul Mukminin.

Baca Juga:  Aksi Doa Bersama Untuk Uighur Dituding Ditunggangi FPI dan HTI

Berbeda dari aturan teokratis agama lain yang berorientasi pada aturan Tuhan, seorang Khalifah diangkat oleh umat melalui bai’at. Ia pun dapat dikoreksi dan diprotes oleh umat jika kebijakannya menyimpang dari ketentuan syariat.

Ramai diberitakn sebelumnya, Kementerian Agama (Kemenag) merombak 155 judul buku pelajaran agama yang kontennya dianggap bermasalah, termasuk soal khilafah.

Perombakan dilakukan untuk seluruh buku pelajaran agama mulai dari kelas 1 sekolah dasar hingga kelas 12 sekolah menengah atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *