Arab Saudi Bikin Aplikasi Smart Hajj, Ibadah Haji dan Umroh Makin Mudah

Pemerintah Arab Saudi kembangkan aplikasi Smart Hajj

Pecihitam.org – Kerajaan Arab Saudi terus berupaya untuk meningkatkan pelayanan bagi jemaah haji dan umroh dari seluruh dunia. Belum lama ini, Kementerian Haji dan Umroh Arab Saudi meluncurkan aplikasi Smart Hajj, sebuah sistem berbasis digital yang akan membantu para tamu Allah menjalankan haji dan umroh dari segi mobilisasi, transportasi hingga keselamatan.

Peluncuran platform tersebut ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman antara Wakil Menteri Haji dan Umroh, Abdulfattah Mashat, dan CEO Elm Co., Dr. AbdulRahman Aljadhai, pada Rabu, 9 Oktober 2019. Elm Co merupakan perusahaan teknologi terbesar di Arab Saudi.

Keduanya sepakat untuk mengembangkan dan mengoperasikan platform elektronik, termasuk memfasilitasi kesehatan, lingkungan, dan membangun serta mengoperasikan Kualifikasi dan Pusat Perizinan bagi Karyawan Sektor Haji dan Umroh.

Baca Juga:  Rais PCNU Jakbar Ingatkan Warga NU Ihwal Pendidikan Ahlussunnah Wal Jamaah An-Nahdliyah

“Kementerian Haji dan Umrah sedang menjalani transformasi digital bekerja sama dengan perusahaan teknologi terkemuka untuk mempromosikan konsep menggunakan solusi cerdas untuk menyediakan layanan berkualitas tinggi bagi para Tamu Allah,” kata Dr. Mashat dalam jumpa pers di GITEX 2019 yang digelar di Dubai, dikutip dari Arab News.

“Kami akan berkontribusi untuk meningkatkan dan memperkaya pengalaman para peziarah di Kerajaan serta mencapai salah satu tujuan utama Saudi Vision 2030,” tambahnya.

Saudi Vision 2030 adalah rencana pemerintah Arab Saudi untuk mengurangi ketergantungan negara pada sektor minyak bumi. Sebaliknya, mereka akan mengembangkan sektor layanan umum seperti kesehatan, pendidikan, infrastruktur, rekreasi, dan pariwisata.

Sementara itu, Kepala Perencana dan Strategi di Kementerian Haji dan Umrah, Amr Al-Maddah, mengatakan, “Dengan adanya Smart Hajj kami memastikan bahwa jutaan jemaah dari seluruh dunia bisa diangkut dengan cepat, mudah, dan aman ke lokasi-lokasi keagamaan dengan jadwal yang ditentukan.”

Baca Juga:  Mantan Pendeta Ini Pilih Masuk Islam Meski Gerejanya Pernah Dibom

Aplikasi Smart Hajj beroperasi dengan memetakan jemaah haji dan umroh secara real time, melalui teknologi Internet of Things (IoT), analisis geospasial dan kamera.

Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi merupakan salah satu peserta dalam ajang teknologi GITEX 2019 yang digelar di Dubai. Smart Hajj menjadi teknologi terbaru dalam melayani jemaah haji dan umroh yang ditampilkan kementerian pada gelaran tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published.