Azab Kubur, Begini Caranya Agar Bisa Terhindar Darinya?

Azab Kubur, Tahukah Anda Bagaimana Cara Agar Terhindar Darinya

Pecihitam.org – Apa itu alam barzakh/Kubur? apakah peristiwa azab kubur itu benar adanya? dan bagaimana cara agar terhindar dari azab tersebut?

Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG

Alam barzakh adalah alam yang menghubungkan antara alam dunia dengan alam akhirat. Di alam kubur, kepada manusia sudah mulai ditampakkan baginya berbagai macam  azab dan nikmat. bagi orang yang selama hidupnya berbuat amal kebajikan maka akan mendapatkan nikmat sedangkan orang yang melakukan kejahatan/kemaksiatan akan mendapatkan azab kubur. Na’udzubillah!

Hanyalah Allah Yang Maha Tahu perihal azab kubur, siapa yang mendapat siksa dan siapa yang beroleh nikmat di dalamnya. Ada orang yang selama hidup di dunia terkenal dengan kealimannya dan ibadahnya namun ditimpakan azab didalam kubur hanya karena hal yang sepele.

Ada juga orang yang dijauhkan darinya azab kubur dengan sebab amalan yang tampak sederhana (kecil), misalkan seperti memindahkan seekor semut dari genangan air, membiarkan serangga meminum cairan di ujung penanya, memberi minum seekor anjing liar yang sedang kehausan, memindahkan sepotong ranting kecil dari tengah jalan, dan lain sebagainya.

Pada dasarnya Segala hal yang berkaitan dengan nikmat dan azab itu tergantung kepada ketentuan, karunia dan keridhaan Allah. maka jangan pernah kita menganggap remeh suatu amalan kebaikan apapun, karena bisa jadi amalan yang kita anggap rendah dan sepele adalah amalan yang begitu bernilai disisi Allah SWT.

Baca Juga:  Hasan al Bashri: Hati yang Mati Sebab Melakukan Dosa Diatas Dosa

Allah SWT Berfirman:

فَمَنْ يَعْمَلْ مِثْقَالَ ذَرَّةٍ خَيْرًا يَرَهُ وَمَنْ يَعْمَلْ مِثْقَالَ ذَرَّةٍ شَرًّا يَرَهُ

“Maka barangsiapa mengerjakan kebaikan seberat zarrah, niscaya dia akan melihat (balasan)-nya. Dan barangsiapa mengerjakan kejahatan seberat zarrah, niscaya dia akan melihat (balasan)-nya.” (QS. Al-Zalzalah: 7-8)

DALIL MENGENAI ADANYA AZAB KUBUR

Allah SWT Berfirman:

وَحَاقَ بِآلِ فِرْعَوْنَ سُوءُ الْعَذَابِ . النَّارُ يُعْرَضُونَ عَلَيْهَا غُدُوًّا وَعَشِيًّا , وَيَوْمَ تَقُومُ السَّاعَةُ أَدْخِلُوا آلَ فِرْعَوْنَ أَشَدَّ الْعَذَابِ

“….dan Fir’aun beserta kaumnya dikepung oleh azab yang amat buruk. Kepada mereka dinampakkan neraka pada pagi dan petang, dan pada hari terjadinya Kiamat. (Dikatakan kepada malaikat): “Masukkanlah Fir’aun dan kaumnya ke dalam azab yang sangat keras”. (Q.S Al-Mukmin: 45-46)

Dalam sebuah hadits Rasulullah SAW bersabda:

Apabila salah seorang dari kalian selesai dari (bacaan) tasyahud akhir (sebelum salam), maka hendaklah minta perlindungan kepada Allah dari empat perkara: pertama siksa neraka jahannam, kedua: siksa kubur, ketiga: penyimpangan ketika hidup dan mati, dan keempat: kejelekan Al Masih Ad Dajjal.” (HR.Bukhari)

Lalu bagaimanakah caranya agar seseorang terhindar dari azab kubur tersebut? berikut kita simak beberapa hadits Rasulullah SAW mengenai hal ini.

BEBERAPA AMALAN YANG DAPAT MENJAUHKAN KITA DARI AZAB KUBUR

Baca Juga:  Kaya Menurut Rasulullah dan Pentingnya Rasa Syukur

1. Membaca doa berikut setelah selesai bacaan tasyahhud akhir (sebelum salam)

للَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ جَهَنَّمَ , وَمِنْ عَذَابِ اَلْقَبْرِ , وَمِنْ فِتْنَةِ اَلْمَحْيَا وَالْمَمَاتِ , وَمِنْ شَرِّ فِتْنَةِ اَلْمَسِيحِ اَلدَّجَّالِ

“Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepadaMu dari adzab Jahannam, dari adzab kubur, dari fitnah kehidupan dan kematian, dan dari keburukan fitnah Dajjal.” (HR. Muttafaq ‘alaih).

2. Rajin Bersedekah dengan Ikhlas

Rasulullah SAW bersabda : “Sesungguhnya sedekah itu akan mengurangi kepanasan (azab) kubur dari orang yang selalu memberi sedekah,  dan bahwa sesungguhnya seseorang mu’min itu akan dapat bernaung di bawah naungan sedekahnya di hari Kiamat.” (HR. At-Tabhrani)

3. Rutinkan Membaca Surat Al-Mulk

Sebagaimana dalam sebuah hadits Nabi SAW dari ‘Abdullah bin Mas’ud berkata ia:

Barangsiapa membaca “Tabarokalladzi bi yadihil mulk” (surat Al Mulk) setiap malam, maka Allah akan menghalanginya dari azab kubur. Kami di masa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menamakan surat tersebut “al Mani’ah” (penghalang dari azab kubur).  Dia adalah salah satu surat di dalam Kitabullah. Barangsiapa membacanya setiap malam, maka ia telah memperbanyak dan telah berbuat kebaikan.” (HR. An Nasai)

4. Berwasiat agar Tidak menangisi kepergiannya secara berlebihan

Baca Juga:  Meneladani Toleransi Beragama dalam Islam dari Rasulullah

Nabi SAW pernah bersabda : “Seseorang yang mati itu akan disiksa dalam kuburnya karena dia ditangisi (sewaktu kematiannya) sebab itu wasiatlah diwaktu hampir kematian agar keluarga tidak ada yang menangisi dengan cara menampar-nampar pipi dan mengoyak-ngoyakkan baju sebagai bentuk rasa kehilangan yang dalam atas kematiannya. Akan tetapi tidaklah mengapa kalau menangis biasa saja.” (HR. Al – Bukhari & Muslim)

5. Menyucikan Farj atau Kemaluannya Dengan Benar Sehabis Kencing

dalam sebuah hadits dari Abu Hurairah rai a berkata: Rasulullah SAW Bersabda : “Bersihkanlah diri kalian dari kencing, karena sungguh kebanyakan siksa/azab kubur adalah disebabkan bekas kencing tersebut”. (HR. Ad daruquthni)

Dan didalam hadits lainnya yang diriwayatkan oleh Al Hakim : “Kebanyakan siksa kubur gara-gara bekas kencing”.

Demikian sedikit ulasan tentang azab kubur dan bagaimana caranya agar terhindar darinya. semoga bermanfaat dan dapat diamalkan sehingga nantinya kita termasuk dalam golongan orang-orang yang dijauhkan Allah dari azab kubur. amiin! Wallahua’lambisshawab!

Muhammad Haekal

Leave a Reply

Your email address will not be published.