Banser NU Evakuasi dan Ajak Masyarakat Luas Bantu Korban Banjir di Kota Tangerang

Pecihitam.org – Organisasi pemuda sayap Nahdlatul Ulama (NU) Ansor Banser Pengurus Cabang Kota Tangerang Selatan (Tangsel) terjun membantu korban bencana banjir yang melanda sebagian Kota berjuluk Cerdas, Moder, Religius (CMORE) itu.

Seperti diketahui, sebaran banjir terdapat di Kelurahan Jurang Mangu Barat, Serpong Utara, Kelurahan Serua Ciputat, Kelurahan Cirendeu Ciputat Timur, Bintaro, Serpong dan area Ciledug, Cipondoh dan Kalideres.

Ketua Anak Cabang Gerakan Pemuda Ansor Kecamatan Serpong Utara Nuriyanih mengatakan, Ansor Banser turun ke beberapa titik banjir untuk bersinergi dengan beberapa aparat setempat.

“Kita melihat banyak warga yang membutuhkan uluran bantuan tenaga akibat dampak hujan yang mengguyur dari kemarin hingga siang tadi, yang menyebabkan banjir di beberapa titik bahkan terjadi longsor pula, yang menimpa beberapa kendaraan dan menghambat arus lalu lintas,” ujar Nuriyanih. Dikutip dari media BantenNews, Kamis (2/1/2020).

Sebelumnya, kata pria yang akrab dipanggil Tole itu, memang dirinya sudah mendapat instruksi dari ketua Ansor Banser Tangsel Ahmad Fauzi Attingsily untuk memonitor di wilayah masing-masing dan agar bisa bersinergi dengan aparat setempat untuk membantu para korban banjir di Tangsel.

“Sebagai kader NU, Banser juga ada satuan khusus untuk penanggulangan bencana yaitu BAGANA Banser Tanggap Bencana, yang kami memang dituntut untuk selalu siap di segala situasi dan kondisi, terutama ketika ada bencana-bencana alam dan yang lainnya,” paparnya.

Sementara itu, Ketua Ansor Banser Tangsel Ahmad Fauzi Attingsily menjelaskan, pihaknya sebagai Kader NU dan Umat Islam memang sudah seharusnya bisa saling membantu kepada siapapun yang membutuhkan bantuan dan pertolongan, tanpa pandang Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan.

“Ini juga selaras dengan firmannya yang artinya, Dan tolong menolonglah kalian dalam kebaikan dan ketaqwaan, dan janganlah kalian tolong menolong dalam keburukan dan permusuhan,” jelasnya.

Maka untuk bisa lebih membantu para korban banjir di Tangsel, lanjut Fauzi, pihaknya akan membuka Posko Bencana khususnya di Serpong Utara.

“Maka untuk itu kami mengajak kepada seluruh masyarakat luas yang ingin membantu meringankan beban para korban banjir, agar bisa bersinergi dengan kami. Kami juga mengimbau kepada warga Tangsel agar tetap siaga selama musim hujan ini, dan juga bisa melaporkan ke pihak-pihak terkait jika ada bencana,” pungkasnya.

Baca Juga:  Ketemu KH Ma'ruf Amin, Banser NU dari Musi Rela Jalan Kaki ke Jakarta
Adi Riyadi