Benarkah Sholat Bisa Melatih Kedisiplinan dan Kesehatan Rohani Orang Yang Menunaikannya??

Benarkah Sholat Bisa Melatih Kedisiplinan Dan Kesehatan Rohani Orang Yang Menunaikannya??

Pecihitam.org – Sholat bisa melatih kedisiplinan seseorang, selain itu sholat juga bisa menehatkan rohani, apakah benar begitu? sebelumnya perlu kita sepakati, rohani yang sehat ialah rohani yang mentaati Allah atau dengan kata lain, bahwa manusia yang mempunyai rohani yang sehat ialah manusia yang mentaati Allah.

Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG

Sedangkan Disiplin artinya mentaati aturan. Hidup manusia harus dengan aturan, hidup tanpa aturan akan kacau, karena itu hidup manusia harus disiplin. Tetapi disiplin tidak dapat timbul dengan sendirinya ia harus ditumbuhkan dengan hukum seperti menumbuhkan moral, sehingga menjadi kepribadian.

Berdasarkan apa yang dibaca di dalam sholat, yang diingatkan dan yang di dialogkan dengan Allah dalam sholat itu, antara lain:

Pertama, Bahwa Allah adalah satu satunya Tuhan yang harus disembah dan ditaati oleh manusia, karena dialah pencipta, pemelihara, pengatur dan pembimbing manusia, dialah tempat manusia memohon segala kebutuhan dan perlindungan yang diperlukannya dan dialah tempat manusia mengadukan segala persoalan dan memohon jalan penyelesaiannya.

Baca Juga:  Mengeraskan atau Melirihkan Bacaan Shalat? Ini Penjelasannya!

Kedua, Bahwa manusia adalah makhluk ciptaan Allah yang lemah, yang bergantung kepada kasih sayang Allah dalam segala bidang kehidupannya.

Ketiga, Bahwa manusia karena kelemahannya, kelengahan dan kelalaianya serta banyak melanggar aturan Allah, sekarang dia dating untuk memohon keampunan dari semua pelanggarannya itu dan memohon petunjuk agar dimasa mendatang dia dapat melaksanakan aturan Allah itu dengan sebaik baiknya.

Jelaslah bahwa sholat amat mendorong atau melatih manusia untuk mentaati Alloh sehingga Allah menyatakan, bahwa guna sholat mencegah manusia dari melaksanakan pelanggaran terhadap aturan Allah, dengan demikian sholat adalah sebagai penyehat rohani manusia.

Selanjutnya, Sholat juga mengajarkan disiplin waktu, seorang muslim melaksanakan shalat lima waktu dalam sehari ia harus belajar untuk sholat tepat waktu, jika ia tidak ingin kehilangan keutamaan dari shalat berjamaah.

Latihan ini bersifat teratur dan berkelanjutan anda tidak dapat beristirahat dalam waktu jeda yang panjang, karena anda selalu di ingatkan setiap saat untuk memenuhi panggilan shalat.

Baca Juga:  Menolehkan Wajah Saat Shalat, Bagaimana Hukumnya?

Kehadiran yang teratur dalam sholat berjamaah setiap harinya, merupakan pengikat yang membuat seorang muslim menjadi orang disiplin waktu dalam kehidupannya, hal tersebut akan membuatnya sadar akan keutamaan waktu dan ketepatan waktu sehingga terhindar dari sikap menyia-nyiakan waktu atau melakukan pekerjaan yang sia-sia.

Secara perlahan-lahan ia akan menjadi terbiasa dalam berhubungan dengan orang lain, dan mencoba untuk setiap saat disiplin terhadap waktu. Ia akan menjadi sangat tepat waktu pada setiap sisi kehidupannya, dan akan menepati janjinya dalam kondisi apapun.

Disiplin waktu dalam sholat memiliki pegaruh yang dalam pada kehidupan seseorang, ia belajar untuk melakukan sesuatu pada waktu yang tepat, ia tidak menunda pekerjaannya sampai esok hari atau meninggalkannya. Ia melakukan pekerjaannya dengan baik dan menyelesaikannya tepat waktu di manapun dan dalam posisi apapun.

Ia selalu disiplin dan bekerja keras, sebuah masyarakat yang terdiri dari orang orang seperti ini, layak menjadi masyarakat yang maju dan patut diteladani.

Baca Juga:  Inilah Faidah-Faidah Sholat Tarawih yang Bisa Membuat Orang Semangat

Dengan demikian sholat benar-benar hendak membinakan pendidikan kedisiplinan pada manusia, tidak hanya dalam hal disiplin waktu saja tetapi disiplin dalam hidup bersih, disiplin dalam memimpin dan disiplin manghiraukan kepentingan orang lain (dalam sholat berjaaah). Semua ini dicerminkan oleh sholat dalam syarat dan rukunnya.

Demikianlah penjelasan tentang sholat yang bisa melatih kedisiplinan dan sebagai penyehat rohani seseorang, dengan demikian jelaslah, bahwa sholat adalah penyehat rohani manusia dan sholat membina manusia untuk hidup disiplin.

Mochamad Ari Irawan