Berjalan Mengapung, Salah Satu Keajaiban Gunung dalam Alquran

keajaiban gunung dalam alquran

Pecihitam.org – Allah Swt menciptakan alam ini lengkap dengan segala komponen-komponennya yaitu seperti air, gunung, udara, tanah, atmosfer, langit dan lain sebagainya. Semua itu telah Allah Swt susun dengan sangat baik. sebagaimana Allah jelaskan dalam AlQuran tentang penciptaan langit dan bumi.

Di dalam AlQuran juga banyak menyebutkan banyak sekali segala bentuk keajaiban alam salah satunya adalah keajaiban tentang gunung, yaitu meliputi pembentukan gunung, pergerakan gunung dan peran gunung dalam menahan goncangan bumi.

Beberapa ayat dalam alQuran yang menyebutkan tentang keajaiban gunung-gunung, antara lain sebagai berikut :

1. Surat An-Nahl ayat 15

والقي في الأرض رواسي لأن تميد بكم وأنهارا سبلا لعلكم تهتدون

“ Dan Dia menancapkan gunung-gunung di bumi supaya bumi itu tidak goncang bersama kamu, (dan Dia menciptakan) sungai-sungai dan jalan-jalan agar kamu mendapat petunjuk.” (QS. An-Nahl: 15)

Jadi, Allah Swt menciptakan gunung agar dapat menahan goncangan-goncangan apabila terjadi gempa. Itulah sebabnya, ketika terjadi gempa bumi goncanangan gempa tersebut tidak begitu terasa di daerah pegunungan namun ketika di daerah dataran rendah seperti pantai akan sangat terasa sekali goncangan gempa tersebut.

Hal yang demikian juga di jelskan dalam Surat Al-Anbiya’ ayat 31

وجعلنا في الأرض رواسي أن تميد بهم وجعلنا فيها فجاجا سبلا لعلهم يهتدون

“ Dan telah Kami jadikan di bumi ini gunung-gunung yang kokoh supaya bumi itu (tidak) goncang bersama mereka…” (QS. Al-Anbiya’: 31)

Ayat tersebut menjelaskan tentang kebesaran Allah Swt yang telah menjadikan gunung-gunung tersebut kokoh sehingga mampu untuk menahan bumi dari goncangan-goncangan, atau yang saat ini di sebut dengan peristiwa gempa.

Di sebutkan juga dalam hadits Rasulullah Saw berikut,

لما خلق الله الارض جعلت تميد فخلق الجبال فقال بها عليها فستقرت.

“Begitu Allah Swt usai menciptakan bumi, bumi ini bergoyang-goyang, maka Allah segera menciptakan gunung-gunung dan berfirman kepada gunung tersebut, “Jadilah dan menetaplah di atasnya, lalu bumi pun tenang.”

2. Surat An-Nazi’at ayat 32-33

والجبال أرساها* متاعا لكم وللأ نعامكم

“ Dan gunung-gunung di pancangkan-Nya dengan teguh , (semua itu untuk kesenangan dan binatang-binatang ternakmu.” (QS. An-Nazi’at: 32-33)

Ayat tersebut menjelaskan bahwa Allah Swt telah menghamparkan bumi lalu Dia pancarkan mata airnya, kemudian di alirkan sunga-sungai, menumbuhkan tanaman, pepohonan dan buah-buahan.

3. Surat An-Naba’ ayat 6-7

ألم نجعل الأرض مهادا* والجبال أوتادا

“ Bukankah Kami telah menjadikan bumi itu sebagai hamparan? Dan gunung-gunung sebagai pasak?” (QS. An-Naba’: 6-7)

Allah Swt juga menegakkan gunung-gunung agar penghuninya dapat menetap dengan tenang. Jadi, gunung itu bisa di ibaratkan seperti paku yang menyatukan antara bilah-bilah papan. Apabila ke dua lempeng tersebut saling bertumbukan, maka kerak bumi akan terdorong ke atas dan membentuk barisan pegunungan tinggi sehingga dinsebut dengan pegunungan lipatan.

4. Surat An-Naml ayat 88

وترى الجبال تحسبها جامدة وهي تمر مر السحا صنع الله الذي أنقن كل شيء انه خبير بمما تفعلوة

“ Dan kamu lihat gunung-gunung itu, kamu sangka dia tetap di tempatnya, padah ia berjalan sebagai jalannya awan. (begitulah) perbuatan Allah yang membuat dengan kokoh tiap-tiap sesuatu. Sesungguhnya Allah Maha mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (QS. An-Naml: 88)

Dalam ayat tersebut Allah Swt menyebutkan tentang gerakan gunung seperti awan yang berjalan mengapung. Hal ini di buktikan oleh beberapa ilmuwan modern yang kemudian muncul istilah continental drift atau gerakan mengapung dari benua.

Demikianlah ayat-ayat yang menggambarkan tentang keajaiban gunung di dalam AlQuran yaitu meliputi proses terjadinya gunung, pergerakannya dan peran gunung bagi keseimbanan bumi ini. Wallahua’lam bisshawab.

Arif Rahman Hakim
Sarung Batik
Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG