Cek Fakta: Benarkah Jokowi Sebut Banser Besanan Dengan PKI?

Pecihitam.org – Beredar foto Joko Widodo atau Jokowi dengan narasi yang mengklaim Presiden RI tersebut menyebut Banser Nadhlatul Ulama (NU) besanan dengan Partai Komunis Indonesia (PKI).

Postingan foto itu diunggah oleh akun Facebook Henra Pratama. Dalam foto unggahannya itu juga terdapat gambar tenaga medis merangkai sebuah kata bertuliskan “B A C O T !”.

“BANSER ITU ADALAH BESANAN DENGAN PKI,” demikian narasi dalam foto tersebut.

Namun, berdasarkan penelusruan fakta dari situs Turnbackhoax.id, Kamis 1 Oktober 2020, klaim dalam foto itu yang menyebutkan bahwa Presiden Jokowi menyatakan Banser adalah besan PKI adalah klaim yang salah.

Faktanya, gambar itu adalah gambar editan yang didaur ulang.

Foto tersebut merupakan momen saat Presiden Joko Widodo tengah meresmikan Rumah Sakit Darurat Covid-19 di Wisma Atlet Kemayoran (23/7/2020) dan foto tenaga medis merangkai kalimat bertuliskan ‘#STAY AT – HOME – AND – HELP – US – PLEASE’.

Baca Juga:  PDIP Soal PA 212 Tuntut Makzulkan Jokowi: Itu Rasa Kebencian

Selain itu, foto Jokowi tersebut juga pernah digunakan oleh situs pemberitaan Medcom.id pada artikel pemberitaannya berjudul “Jokowi Pastikan RS Darurat Korona Wisma Atlet Siap Digunakan”.

Berdasarkan isi artikel tersebut, diketahui bahwa orang nomor satu di Indonesia itu tengah meninjau Rumh Sakit Darurat Penanganan Covid-19 di Wisma Atlet Kemayoran.

Usai melakukan peninjaun Wisma Atlet, Jokowi diketahui mengadakan konferensi pers yang menyatakan jika Rumah Sakit Darurat Covid-19 Wisma Atlet Kemayoran siap menampung tiga ribu pasien.

Sementara itu, tenaga medis di bagian bawah gambar tersebut telah disunting dari foto aslinya.

Foto asli yang menampilkan tenaga medis tersebut salah satunya diunggah oleh akun Twitter Kelinci Paskah yang berisi kampanye sosial media oleh tenaga medis agar tetap berada di rumah selama masa pandemi COVID-19.

Baca Juga:  Jubir FPI Sebut Pemerintahan Jokowi Sebagai Rezim Zalim

Pada foto asli yang diunggah pada tanggal 17 Maret 2020 lalu, tenaga medis merangkai kalimat bertuliskan ‘#STAY AT – HOME – AND – HELP – US – PLEASE’.

Dalam narasinya, akun Kelinci Paskah mengajak khalayak untuk meringankan beban para petugas medis yang berjuang memerangi virus corona.

Berdasarkan penjelasan di atas, maka dapat disimpulkan narasi unggahan foto yang menyebut Jokowi menyatakan Banser adalah besan PKI merupakan klaim yang salah alias hoaks. Foto tersebut juga telah diedit.

Muhammad Fahri