Cerita Gus Miftah Soal Awal Deddy Corbuzier Ingin Jadi Mualaf

Pecihitam.org – Kisah terkait detik-detik menjelang presenter Deddy Corbuzier memutuskan menjadi mualaf diceritakan KH Miftah Maulana Habiburrahman atau yang akrab disapa Gus Miftah.

Kisah tersebut disampaikan Gus Miftah dalam Program Ngopi (Ngobrol Pintar) di Majelis Ulama Indonesia (MUI) bareng Ketua Komisi Dakwah MUI KH Cholil Nafis lewat kanal YouTube resmi TV MUI, Minggu, 19 Juli 2020.

Dalam tayangan program tersebut, Gus Miftah mengungkapkan bahwa Deddy Corbuzier sama sekali tak menyangka sebelumnya akan masuk Islam.

“Karena memang waktu itu secara profesional hanya ingin podcast dengan Mas Deddy. Yang kemudian saya tidak pernah berharap Mas Deddy ini bisa masuk Islam, maka bagi saya ini betul-betul bonus,” kata Gus Miftah dalam tayangan tersebut, seperti dikutip dari Republika.co.id.

Baca Juga:  PBNU Nilai Pengusiran Terhadap Haddad Alwi Adalah Tindakan Vandalisme

Namun satu waktu, kata Gus Miftah, Deddy Corbuzier tiba-tiba menelpon dirinya dan mengungkapkan ingin masuk Islam.

“Waktu itu saya bilang, ‘ya sudah kalau kamu pengen masuk Islam, silakan, saya telponkan teman-teman di Jakarta’. Saya waktu itu minta dia Islam di Istiqlal bersama guru kita Prof Nasaruddin waktu itu,” ujar Gus Miftah.

Namun Deddy Corbuzier menolak permintaan Gus Miftah tersebut karena sebelumnya tak mengenal Prof Nasaruddin.

Lantaran hal itu, Gus Miftah pun lantas menyarankan lagi ke Deddy agar ia dimualafkan oleh tokoh-tokoh agama yang telah dikenal Deddy seperti Aa Gym dan Ustadz Wijayanto atau ustadz-ustadz yang lain.

“Saya sarankan ke situ, lalu dia (Deddy) bilang apa, dia bilang begini, ‘Gua itu percaya Islam, yakin dengan kebenaran Islam, itu gara-gara elu,” ujar Gus Miftah menirukan perkataan Deddy Corbuzier ketika itu.

Baca Juga:  Di Hadapan Gus Miftah, Anies Baswedan Ngaku Ahlussunnah wal Jamaah

“Gus Miftah ingat enggak, Gus Miftah kan pernah bilang sama saya, kalau saya masuk Islam, wajah Islam saya itu seperti apa tergantung pintu masuknya,” sambungnya.

Deddy kemudian mengatakan kepada Gus Miftah, kalau pintu masuknya keras, maka Islamnya jadi Islam yang keras.

“Kalau pintu masuknya marah, maka Islam saya akan penuh dengan kemarahan, kalau pintu masuknya lebay, Islam saya juga penuh dengan ke-lebay-an,” lanjut Deddy kepada Gus Miftah.

“Tetapi Gus Miftah juga bilang, kalau pintu masuknya ini ramah, maka Islam saya akan menjadi Islam yang ramah dan menyenangkan,” tambahnya.

Setelah perbincangan tersebut, pada akhirnya Deddy Corbuzier menjadi mualaf dengan dibimbing Gus Miftah tepatnya pada 21 Juni 2019 di Pesantren Ora Aji, Sleman, Yogyakarta.

Baca Juga:  Plesetkan Lagu Aisyah Istri Rasulullah dengan Nama Hewan, Wanita Ini Ditangkap Polisi
Muhammad Fahri