Amalkan Doa Ini Agar Selalu Diberi Keselamatan

doa agar selalu diberi keselamatan

Pecihitam.org – Hidup manusia tidak akan terlepas dari yang namanya ujian dan cobaan. Dimanapun tempatnya, kapanpun waktunya, bahaya dan kejahatan akan selalu mengintai manusia. Nilai kesejahteraan yang belum terpenuhi, rasa keadilan yang belum tertegakkan, serta norma-norma kebajikan yang belum terlaksanakan menjadi sederet faktor penyebab timbulnya kejahatan.

Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG

Selama faktor-faktor penyebab kejahatan belum terselesaikan, kejahatan akan selalu mengintai umat manusia. Ketidakamanan, rasa takut, resah, dan berbagai kekhawatiran lainnya akan selalu membuntuti manusia dalam segala waktunya. Oleh karenanya, kedekatan dengan Sang Kuasa adalah kunci dari semua keamanan. Dialah pencipta serta Maha Pelindung terbaik dari segala bentuk kejahatan.

Dengan adanya kejahatan, manusia akan digiring untuk memohon dengan doa agar selalu diberi keselamatan, pertolongan dan perlindungan Allah swt. Dirinya akan selalu digiring kepada rasa berserah diri, karena hanya Dialah yang bisa memberi rasa keamanan pada makhluknya. Semakin dekat dengan Allah swt, maka semakin banyak pertolongan dan keamanan yang ia peroleh.

Manusia tidak akan bisa hidup tanpa perlindungan Tuhan. Hidupnya akan selalu hampa dan merasa was-was bila semakin menjauh dari Allah swt. Rasa inilah yang menjadi pengundang kejahatan-kejahatan pada makhlukNya. Dirinya akan dihinggapi rasa iri, dengki, dan berbagai sifat buruk lainnya yang mengundang ketidaksukaan makhluk lain terhadap dirinya.

Baca Juga:  Istighosah, Doa Untuk Memohon Suatu Diluar Batas Kemampuan Manusia

Misalnya, rasa iri akan mengundang konflik antar individu ataupun kelompok. Dimanapun tempatnya musuh akan selalu mengintai dirinya. Mengincar nyawanya, atau paling tidak melukai tubuhnya. Akan banyak orang yang mengincar nyawanya, sehingga nyawanya akan selalu dalam keadaan bahaya.

Begitu pula harta, saudara, serta keluarga akan menjadi incaran manusia. Hampir semua elemen hidupnya tidak ada lagi yang berada dalam rasa aman. Karena hampir semua manusia benci terhadap dirinya sebab sikap buruk yang ditampilkannya.

Oleh karena itu, Allah mengajarkan doa agar selalu diberi keselamatan dan terhindar dari tindak kejahatan. Doa ini termaktub dalam kitab suci Al-Qur’an surat Ali Imran ayat 147.

ربَّنَا اغْفِرْ لَنَا ذُنُوبَنَا وَإِسْرَافَنَا فِي أَمْرِنَا وَثَبِّتْ أَقْدَامَنَا وانصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكَافِرِينَ

Baca Juga:  Doa Agar Cepat Hamil Menurut al-Quran dan Hadis

“Ya Tuhan kami, semoga Engkau mengampuni kesalahan serta tindakan yang berlebih-lebihan dalam urusan kami, dan tetapkanlah pendirian (keimanan atas ke-Esa-an Mu) kami, dan tolonglah kami dari tipu daya orang-orang yang mengingkari-Mu.” (QS. Ali ‘Imran: 147)

Bisa juga memakai doa                                                                             

اللهم أسألك مغفرة تشرح بها صدري وترفع بها ذكري وتيسر بها أمري وتكشف بها ضري وترفع بها ضري إنك على كل شيء قدير. إلهي هِب لي فرجاً بالقدرة التي تحي بها الحي والميت ولا تهلكني وعرفني الإجابة يارب ، ارفعني وانصرني وارزقني وعافني.

“Ya Allah aku memohon kepadamu ampunan yang melapangkan dadaku, mengangkat namaku, memudahkan urusanku, menyingkap bahaya yang menimpaku dan mengangkatnya sesungguhnya Engkau Maha Berkuasa atas segala sesuatu. Wahai Tuhanku, berikanlah kepadaku jalan keluar sebagaimana kemampuan menghidupkan dan mematikan, jangan Engkau hancurkan aku, berikanlah jawaban wahai Tuhanku, tinggikan aku, tolonglah aku, berikan rizqi kepadaku dan ampunilah aku.”

Al-Qur’an selalu mempunyai solusi atas masalah yang dialami seluruh makhluk. Sebagai firman Allah, ia mempunyai rahasia-rahasia tersendiri yang menjawab semua permasalahan makhluk. Dengan selalu membaca doa tersebut, maka pertolongan Allah akan selalu dekat dengan kita.

Baca Juga:  Doa Minta Agar Berhenti Hujan dan Terhindar dari Banjir

Hati kita akan dimantapkan untuk selalu berbuat baik, sehingga manusia lainnya ingin menawarkan bantuan ataupun perlindungan kita. Hati yang bersih mempunyai magnet untuk menarik kebaikan manusia lainnya. Makhluk akan mempunyai simpati lebih kepada kita. Dengan begitu, tidak akan lagi manusia yang akan mengincar keselamatan kita. Malahan mereka senantiasa menawarkan bantuan dan memberikan keamanan secara suka rela.  

Muhammad Nur Faizi