Doa Masuk dan Keluar Masjid Beserta Teks Lain dan Artinya

doa masuk dan keluar masjid

Pecihitam.orgMasjid adalah salah satu tempat yang penting dan sakral bagi umat Islam. Masjid digunakan oleh umat Islam untuk beribadah mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG

Masjid merupakan sebuah perwujudan rumah Allah SWT yang ada di Bumi. Hampir disetiap pelosok daerah dari kota hingga desa bahkan di seluruh penjuru dunia terdapat Masjid besar maupun kecil.

Masjid adalah tempat yang suci dan kesucian rumah Allah itu juga sangat penting untuk diperhatikan oleh umat manusia sebagai sarana untuk mengagungkan rumah Allah SWT.

Selain itu untuk menjaga marwah dan kesakralan masjid, Umat islam dianjurkan ketika masuk dan keluar masjid untuk membaca doa. Terdapat doa khusus yang harus dibaca ketika seseorang masuk dan keluar msjid, adapun do’a tersebut adalah sebagaimana berikut ini:

1. Do’a masuk masjid :

اَللّهُمَّ افْتَحْ لِيْ اَبْوَابَ رَحْمَتِكَ

Baca Juga:  Amalan yang Dapat Menghapus Dosa Walaupun Sebanyak Buih Lautan

“Allahummaf-tahlii abwaaba rahmatika”.

Artinya : “Wahai Tuhanku, bukakanlah untukku pintu-pintu rahmat-Mu”.

Selain dianjurkan membaca doa ketika memasuki masjid, ketika keluar pun kita juga dianjurkan untuk membaca doa keluar masjid. Berikut doanya:

2. Doa keluar masjid :

اَللّهُمَّ اِنِّيْ أسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ.

“Allahumma innii as-aluka min fadhlika”.

Artinya : “Wahai Tuhanku, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu akan segala keutamaan-Mu”.

Adapun dasar tentang anjuran membaca doa masuk dan keluar masjid ini adalah berdasarkan hadist riwayat Imam Muslim sebagaimana berikut ini:

حَدَثَنَا يَحْيَ بْنُ يَحْيَ أَ حْبَرَنَا سُلَيمَا نُ بْنُ بِلاَلٍ عَنْ رَبِيعَةَ بْنِ أبِى عَبْدِ الرَّحْمَنِ عَنْ عَبْدِالْمَلِكِ بْنِ سَعِيدٍ عَنْ أ بِى حُمَيدٍ أوعَنْ أبِى أُسَيْدٍ – قَالَ قَالَ رَسُوُلُ اللَهِ – صلى اللهِ عَلْيهِ وسلم- إذَ دَحَلَ أحَدُكُمُ الْمَسْجِدَ فَلْيَقُلِ اللَّهُمَّ افْتَحْ لِى أبْوَابَ رَحْمَتِكَ. وَإذَ خَرَجَ فَليَقُلِ اللَّهُمَّ إِ نِّى أَسْأَ لُكَ مِنْ فَضْلِكَ . قَالَ مُسْلِمٌ سَمِعْتُ يَحْيَ يَقُو لُ كَتَبْتُ هَذَا الْحَدِيْثَ مِنْ كِتَابِ سُلَيْمَا نَ بْنِ بِلاَ . قاَلَ بَلَخَنِى أَنَّ يَحْيَ الْحِمَّا نِىَّ يَقُوْلُ وَأَبِى أُسَيْدٍ .

Baca Juga:  Doa Tawasul Minta Hujan Umar bin Khatab Ketika Kemarau Panjang

Artinya: “Telah menceritakan kepada kami Yahya bin Yahya telah mengabarkan kepada kami Sulaiman bin Bilal dari Rabi’ah bin Abdurrahman dari Abdul Malik bin Sa’id dari Abu Humaid atau dari Abu Usaid katanya; Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “jika salah seorang diantara kalin masuk masjid, bacalah doa ALLAAHUMMAFTAH LII ABWAABA RAHMATIKA (Ya Allah, bukalah pintu-pintu rahmat-Mu).” Dan apabila keluar, hendaknya ia membaca doa ALLAAHUMMA INNII AS`ALUKA MIN FADHLIKA (Ya Allah, aku meminta kurnia-Mu).” Muslim berkata; Aku mendengar Yahya bin Yahya mengatakan; “Aku menulis hadis ini dari kitab Sulaiman bin Bilal, katanya; telah sampai berita kepadaku bahwa Yahya Al Himmani mengatakan; dan Abu Usaid. (HR. Muslim).

Doa masuk dan keluar masjid tersebut cukup pendek dan ringkas sehingga mudah dihafal. Maka dari itu sebagai umat muslim sebagai sarana untuk memuliakan, menjaga marwah dan kesakralan masjid sebaiknya membaca doa tersebut ketika hendak masuk maupun keluar dari masjid.

Baca Juga:  Sedang Mengandung? Ini Amalan Ketika Hamil yang Bagus Untuk Dibaca
Arif Rahman Hakim
Sarung Batik