Doa Mendengar Orang Meninggal Secara Lengkap Beserta Artinya

Doa Mendengar Orang Meninggal Secara Lengkap Beserta Artinya

PeciHitam.org –Kita tentu pernah mendengar pengumuman di masjid dekat rumah bahwa ada seseorang enteh tetangga atau sanak family yang meninggal dunia, tentu saja kita akan kaget bukan? Namun, tahukah kalian bahwa ada sebuah doa mendengar orang meninggal dalam beberapa hadits nabi?

Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG

Perlu kita ketahui bahwa Kematian adalah hal yang pasti terjadi pada setiap manusia. Allah SWT berfirman “Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati” (QS Alu Imran : 185). Namun tak ada seorang pun yang tahu kapan kematian akan menghampirinya. Maka saat mendengar kematian seseorang, hendaklah mengucapkan (berdoa):

إِنَّا لِلهِ وَإِنَّا إِلَيْهِ رَاجِعُوْنَ، وَإِنَّا إِلَى رَبِّنَا لَمُنْقَلِبُوْنَ، اللهم اكْتُبْهُ عِنْدَكَ فِي المُحْسِنِيْنَ، وَاجْعَلْ كِتَابَه فِي عِلِّيِّيْنَ، وَاخْلُفْهُ فِي أَهْلِهِ فِي الغَابِرِيْنَ، وَلاَتَحْرِمنَا أَجْرَهُ وَلاَ تَفْتِنَّا بَعْدَهُ

Innalillahi wa inna ilaihi raaji’un, wa inna ilaa rabbina lamunqalibuun, allahummaktubhu ‘indaka fiil muhsinin, waj’al kitaabahu fii ‘illiyyiin, wakhlufhu fii ahlihi fil ghaabirin, wa laa tahrimnaa ajrohu walaa taftinnaa ba’dahu.

Sesungguhnya kami milik Allah dan kepada-Nya lah kami kembali. Dan sesungguhnya kepada tuhan kamilah kami kembali. Ya Allah, tuliskanlah ia di sisi-Mu termasuk golongan orang-orang yang baik. Jadikanlah catatannya di ‘illiyyin. Gantilah ia di keluarganya dari orang-orang yang menginggalkan. Janganlah engkau haramkan bagi kami pahalanya dan janganlah Engkau beri fitnah kepada kami sesudahnya.

Baca Juga:  Hasbunallah Wanikmal Wakil; Pengertiannya Menurut Ulama dan Keutamaan Membacanya

Doa mendengar orang meninggal ini sebagaimana yang dituliskan Imam an-Nawawi dalam kitabnya al-adzkaar.

Kematian merupakan pengingat bahwa kehidupan di dunia hanyalah sementara dan kita tidak boleh berlarut-larut dalam kesenangan dunia. Abu Darda RA berpendapat “Barangsiapa yang banyak mengingat kematian, maka hasadnya akan semakin sedikit dan kesenangannya akan semakin sedikit”

Adapun doa lainnya, Disyariatkan kepada orang yang mendapat musibah meninggalnya salah satu kerabatnya agar berkata:

إنا لله وإنا إليه راجعون، اللهم أجرني في مصيبتي خيرا وأخلف لي خيرا منها

innaa lillahi waa innaa ilaihi raajiuun, Allahumma Ajirnii fii mushibati khairan waa akhlifnii khairan minha

“Sesungguhnya kita adalah milik Allah dan hanya kepada-Nya kita kembali, ya Allah berikanlah pahala atas musibahku dan gantilah dengan yang lebih baik”

Wajib baginya ridha dengan qadha dan menerima ketetapan Allah. Tidak mengapa menangis/bersedih dan berkata:

Baca Juga:  Doa Shalat Hajat Ini Langsung dari Rasulullah

العين تدمع والقلب يحزن، ولا نقول إلا ما يرضي ربنا

Al-‘ainu tadmaghu wal qalbu yahzanu, walaa naqulu illa maa yardha rabbuna

“Mata boleh jadi menangis dan hati bersedih, (akan tetapi) kami tidaklah berkata-kata kecuali apa yang diridhai Rabb kami”

Hendaknya ia menjauhi perilaku seperti memukul-mukul tubuh, berteriak-teriak, merobek baju dan mencabut (mengacak-acak) rambut dan lain-lain. Karena termasuk nihayah (meratapi) yang dilarang. Sebagaimana dalam hadits,

“bukanlah termasuk golongan kami, mereka yang menampar pipi, merobek baju dan menyeru dengan seruan jahiliyah”

Adapun bagi orang yang bertakziyah maka ia berkata kepada yang tertimpa musibah,

أحسن الله عزاك، وجبر مصابك، وغفر لميتك ورحمه وخلفه في عقبه بخير

Ahsanallahu azaaka wa jabara mushabaka wa ghafara limayyitika wa rahimahu wa khalafahu fii aqibihi bikhair

Semoga Allah memberimu pelipur lara yang baik, memberi kebaikan atas musibahmu, mengampuni si mayyit, melimpahkan rahmat dan menggantikannya dengan yang lebih baik.”

dan bisa juga berkata,

إن في الله عزاء من كل فائت، وخلفا من كل هالك، فبالله تقوا وإياه فارجوا فإن المصاب من حرم الثواب

Baca Juga:  Masih Ingat Sama Mantan? Ini Doa Melupakan Mantan Yang Harus Kamu Baca

“sesungguhnya Allah akan memberi pelupur lara bagi segala yang telah hilang dan memberi pengganti bagi semua yang musnah, kepada Allah-lah bertakwa, kembalilah (kepada Allah) karena orang yang tertimpa musibah bisa dihalangi dari pahala.”

Kemudian memotivasi mereka agar selalu bersabar dan ridha (menerima) karena setelahnya ada pahala yang melimpah dan pahala atas musibah.

Mohammad Mufid Muwaffaq

Leave a Reply

Your email address will not be published.