Doa Nabi Ibrahim Agar Dikaruniai Keluarga yang Taat kepada Allah Swt

doa taat kepada allah

Pecihitam.org – Setiap orang pasti ingin masuk surga dan dapat berkumpul bersama dengan seluruh keluarganya. Tetapi, mereka tidak dapat menjamin keluarganya akan menjadi orang yang taat kepada Allah Swt. karena, terkadang ada sebagian dari keluarga yang sulit untuk di ingatkan dan di ajak untuk beribadah.

Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG

Sama halnya dengan para Nabi dan Rasul, mereka juga tidak dapat menjamin bahwa seluruh keluarganya akan bersedia taat kepada Allah Swt. Para nabi dan Rasul dalam berdakwah pun sering mendapat tentangan dari sebagian anggota keluarga mereka yang tidak mau mengikuti ajaran tauhid yang di bawa oleh para utusan Allah Swt tersebut.

Seperti kisahnya Nabi Nuh yang di tentang oleh anaknya sendiri yaitu Kan’an yang tidak mau beriman sehingga Kan’an meninggal dalam keadaan kafir. Adapun salah satu anggota keluarga dari Nabi Muhammad Saw yang sangat membenci beliau yaitu Abu Jahal beserta istrinya, Hindun.

Baca Juga:  Doa Mendengar Orang Meninggal Secara Lengkap Beserta Artinya

Setiap muslim memiliki kewajiban untuk menjaga keluarganya masing-masing agar selalu senantiasa beriman dan melaksanakan segala perintah Allah Swt. Oleh sebab itu, tugas kita adalah selalu mengingatkan, mengajak dan juga mendoakan anggota keluarga kita.

Seperti yang di lakukan oleh Nabi Ibrahim, beliau memohon kepada Allah Swt agar anak serta seluruh keturunan beliau di lindungi dari perbuatan musyrik. Adapun saat Nabi Ibrahim telah hijrah ke Makkah, kemudian beliau dan puteranya yaitu Nabi Ismail selesai membangun ka’bah, beliau memanjatkan beberapa doa dan memohon agar di karuniakan keluarga yang taat kepada Allah Swt, yang terdapat di dalam Surat Ibrahim ayat 35-41 sebagai berikut:

ربنا انك تعلم ما نخفي وما نعل وما يخفى على الله من شيء في الأرض ولا في السماء (38) الحمد لله الذي وهبلي على الكبراسما عيل واسحاق ان ربي لسميع الدعاء (39) رب اجعلني مقيم الصلاة ومن ذريتي ربنا وتقبل دعاء (40) ربنا اغفرلي ولوالدي وللمؤمنين يوم يقوم يقوم الحساب (41)

Baca Juga:  Insya Allah Mujarab! Inilah Doa ketika Menjenguk Orang Sakit yang Diajarkan Nabi

“Segala puji bagi Allah yang telah menganugerahkan kepadaku di hari tua (ku) Ismail dan Ishak. Sungguh, Tuhan ku benar-benar Maha Mendengar ( memperkenankan) do’a. Ya Tuhanku, jadikanlah aku dan anak cucuku orang yang tetap melaksanakan shalat, ya Tuhan kami, perkenankanlah do’aku. Ya Tuhan kami, ampunilah aku dan kedua ibu bapakku dan semua orang yang beriman pada hari di adakan perhitungan (Hari Kiamat).”

Ayat di atas menyebutkan bahwa Nabi Ibrahim meminta kepada Allah Swt agar mengkarunai beliau anak cucu dan keturunan yang senantiasa taat dalam beribadah, serta memohon ampunan bagi ibu bapaknya, keluarga beliau dan seluruh orang-orang yang beriman saat berada di yaumil hisab. Sehingga kelak dapat berkumpul bersama dengan keluarga di surga Allah Swt.

Doa Nabi Ibrahim As tersebut dapat kita amalkan setelah shalat lima waktu untuk mendo’akan seluruh keluarga serta keturunan kita agar selalu taat kepada Allah Swt. Adapun jika terdapat salah satu dari anggota keluarga ada yang masih malas beribadah maka dapat segera di berikan petunjuk oleh Allah Swt.

Baca Juga:  Manfaat Dzikir Ada 5, Apa Saja? Baca Disini!

Demikianlah, semoga Allah selalu mengkaruniakan kita, keluarga kita, dan keturunan-keturunan kita hidayah, rahmat dan kasih sayang-Nya. Sehingga kita semua termasuk orang-orang yang selalu taat beribadah kepada-Nya. Wallahua’lam bisshawab.

Arif Rahman Hakim
Sarung Batik