Doa Rasulullah SAW Agar Rezeki Lancar Sampai Hari Tua

doa agar rezeki lancar

Pecihitam.org – Sebagai manusia sudah sewajibnya untuk mencari nafkah sebab mencari nafkah adalah wajib hukumnya. Namun tetap saja ikhtiar dalam bekerja hasilnya adalah kehendak Allah SWT.

Ketika masih muda dan tenaga masih kuat, tak ayal kita selalu semangat untuk bekerja keras mencari rezeki. Namun setelah tua tenaga dan tubuh akan mulai melemah dan dalam mencari rezeki tidak akan sama seperti ketika masih muda.

Nah untuk itu kita di ajarkan sebuah doa agar ikhtiar kita diridhoi Allah dan rezeki kita lancar sampai usia tua. Salah satu doa Nabi Muhammad Saw agar tetap diberikan rezeki yang lancar sampai di waktu usia tua adalah doa berikut;

Baca Juga:  Kumpulan Doa untuk Kaum yang Sedang Ambyar (Patah Hati)

اللَّهُمَّ اجْعَلْ أَوْسَعَ رِزْقِكَ عَلَيَّ عِنْدَ كِبَرِ سِنِّي , وَانْقِطَاعِ عُمْرِي , وَقُرْبِ أَجَلِي

Allohummaj’al rizqika ‘alayya ‘inda kibari sinni wanqitho’i ‘umri wa qurbi ajali.

Artinya: “Ya Allah, jadikanlah keluasan rizki-Mu padaku di saat usia senjaku, di saat putusnya umurku dan di saat dekatnya ajalku.”

Doa tersebut senantiasa dibaca oleh Nabi Muhammad SAW, bahkan menurut keterangan jarang ditinggalkan oleh beliau SAW. Hal ini sesuai dengan hadis yang di riwayatkan oleh Ibnu Abi al-Dunya dari Sayidah Aisyah ra, ia berkata;’

كَانَ مِنْ دُعَاءِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الَّذِي لا يَكَادُ أَنْ يَدَعَهُ : اللَّهُمَّ اجْعَلْ أَوْسَعَ رِزْقِكَ عَلَيَّ عِنْدَ كِبَرِ سِنِّي , وَانْقِطَاعِ عُمْرِي , وَقُرْبِ أَجَلِي

Baca Juga:  11 Manfaat Baca Surat Yasin Ini Penting Buat Kamu

Artinya: “Sebagian doa Nabi Saw yang jarang beliau tinggalkan adalah doa, ‘Allohummaj’al rizqika ‘alayya ‘inda kibari sinni wanqitho’i ‘umri wa qurbi ajali.’”

Doa tersebut dapat di amalkan oleh siapa saja, baik dibaca setelah shalat fardhu, shalat sunnah, sebelum bekerja dan waktu-waktu yang lainnnya. Dari doa tersebut kita mengharap limpahan rahmat dan kasih sayang Allah serta agar diberi rezeki yang lancar sampai waktu usia tua kita.

Umur memang tidak ada yang tahu, namun doa tersebut diatas secara tidak langsung juga mengandung makna agar diberi umur panjang. Yaitu pada kalimat permohonan keluasan rezeki yang Allah berikan di usia senja.

Semoga kita semua oleh Allah diberi umur yang barakah dan rezeki yang selalu lancar mengalir sampai hari tua. Demikian semoga bermanfaat. Wallahua’lam bisshawab.

Baca Juga:  Faedah dan Waktu yang Baik untuk Membaca Al Qur'an
Arif Rahman Hakim
Sarung Batik
Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG