Bacalah Doa Ini Setelah Sholat Jumat, Rezeki Akan Datang Menghampiri!

Bacalah Doa Ini Setelah Sholat Jumat, Rezeki Akan Datang Menghampiri

Pecihitam.org – Segala sesuatu yang berhubungan dengan Jumat menjadi istemewa. Sebagai sayyidul ayyam, malam harinya pun menjadi istemewa karena merupakan waktu diangkatnya amal manusia dalam sepekan. Agar lebih mendapatkan keberkahannya, jangan lewatkan untuk membaca doa ini setelah selesai melaksanakan sholat Jumat.

Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG

Disebutkan dalam banyak kitab tentang doa yang dianjurkan untuk dibaca setelah sholat Jumat. Diantaranya dalam Bughyatul Mustarsyidin, I’anatut Thalibin dan Ittihaf Sadatul Muttaqin.

Di dalam kitab-kitab tersebut sekaligus dijelaskan tentang keutamaan membaca doa setelah selesai sholat Jumat ini. Diantaranya akan dijaga keimanannya oleh Allah selama hidupnya, dijauhkan dari keburukan hingga Jumat berikutnya. Bahkan akan dicukupkan kebutuhannya dan diberikan rezeki dari arah yang tidak disangka-sangka.

Berikut penjelasan dalam Ittihaf Sadatul Muttaqin Juz III halaman 442

فَإِذَا فَرَغَ مِنَ الْجُمْعَةِ قَرَأَ اَلْحَمْدُ ِللهِ سَبْعَ مَرَّاتٍ قَبْلَ أَنْ يَتَكَلَّمَ وَقُلْ هُوَ اللهُ أَحَدٌ وَالْمُعَوِّذَتَيْنِ سَبْعًا سَبْعًا وَرَوَى بَعْضُ السَّلَفِ أَنَّ مَنْ فَعَلَهُ عُصِمَ مِنَ الْجُمْعَةِ إِلَى الْجُمْعَةِ وَكاَنَ حَرَزًا لَهُ مِنَ الشَّيْطاَنِ

Apabila seseorang selesai dari salat Jumat kemudian membaca alhamdulillah sebanyak tujuh kali sebelum berbicara dan qul huwallahu ahad serta Al-Mu’awwidzatain masing-masing tujuh kali. Telah meriwayatkan sebagian ulama salaf bahwa orang yang melakukan hal tersebut akan dihindarkan dari berbuat dosa hingga Jumat berikutnya, dan dipelihara dari gangguan setan.

Masih dalam kitab yang sama. Setelah membaca surat-surat Al-Qur’an di atas, dinajurkan untuk lanjut membaca berikut

Baca Juga:  Sembilan Keistimewaan Surat al Fatihah yang Perlu Kamu Ketahui

اَللّهُمَّ ياَ غَنِيُّ ياَ حَمِيْدُ ياَ مُبْدِىءُ ياَ مُعِيْدُ ياَ رَحِيْمُ ياَ وَدُوْدُ أَغْنِنِيْ بِحَلاَلِكَ عَنْ حَرَامِكَ وَبِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ

Maka setiap orang yang istiqomah membaca surat-surat dan doa yang telah disebutkan akan dicukupkan kebutuhannya dan diberi rezeki dari arah yang tidak terduga.

Bagaimana tertarik dan dan penasaran akan khasiat dari wirid sederhana ini? Makanya setelah selesai shalat jangan keburu keluar dan pulang.

Ini kami jelaskan urutan dan cara melakukan wirid ini.

1). Setelah selesai salam kedua dari shalat Jumat, jangan duduk bersila. Tetap dalam posisi tawarruk.

2). Jangan berbicara dengan seseorang, tapi langsung membaca Surat Al-Fatihah, Surat Al-Ikhlash (Qul Huwallahu Ahad), Surat Mu’awwidzatain (Qul A’udzu bi Rabbil Falaq dan Qul A’udzu bi Rabbin Nas) masing-masing sebanyak tujuh kali.

Baca Juga:  Qul Huwallahu Ahad; Asbabun Nuzul, Fadhilah dan Kisah Orang yang Istiqamah Membacanya

3). Tutup dengan doa ini

اَللّهُمَّ ياَ غَنِيُّ ياَ حَمِيْدُ ياَ مُبْدِىءُ ياَ مُعِيْدُ ياَ رَحِيْمُ ياَ وَدُوْدُ أَغْنِنِيْ بِحَلاَلِكَ عَنْ حَرَامِكَ وَبِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ

ALLAHUMMA YA GHANIYYU YA HAMID, YA MUBDI-U YAA MU’ID, YA RAHIMU YA WADUD, AGHNINI BIHALALIKA ‘AN HARAMIK WA BIFADHLIKA ‘AMMAN SIWAK

Ya Allah Yang Maha Kaya, Maha Terpuji, Yang Maha Menciptakan, Yang Maha Menghidupkan Kembali, Yang Maha Penyayang dan Mencintai, cukupkanlah aku dengan rezeki halal-Mu dari yang haram dan dengan anugerah-Mu dari selain-Mu.

Demikianlah penjelasan tentang khasiat dan cara dzikir dan doa setelah selesai shalat Jumat.

Dalam prakteknya, terlebih di masjid-masjid yang mayoritas nahdliyyin, selesai berdoa, dilanjutkan dengan membaca minimal empat bait syair ‘Ilahi lastu lil firdausi ahla’ Abu Nawas berikut:

إِلهِي لَسْتُ لِلْفِرْدَوْسِ أَهْلاً # وَلاَ أَقْوَى عَلىَ النَّارِ الجَحِيْمِ

Baca Juga:  Inilah Teks Qashidah Ya Arhamarrohimin yang Biasa Dibaca Tiap Malam Selama Ramadhan

Wahai Tuhanku! Aku bukanlah ahli surga, tapi aku tidak kuat dalam neraka jahim

فَهَبْ ليِ تَوْبَةً وَاغْفِرْ ذُنُوْبيِ # فَإِنَّكَ غَافْرُ الذَّنْبِ العَظِيْمِ

Maka berilah aku taubat (ampunan) dan ampunilah dosaku, sesungguhnya Engkau Maha Pengampun dosa yang besar.

ذُنُوْبيِ مِثْلُ أَعْدَادِ الرِّمَالِ # فَهَبْ ليِ تَوْبَةً يَاذاَالجَلاَلِ

Dosaku bagaikan bilangan pasir, maka berilah aku taubat wahai Tuhanku yang memiliki keagungan

وَعُمْرِي نَاقِصٌ فيِ كُلِّ يَوْمٍ # وَذَنْبيِ زَئِدٌ كَيْفَ احْتِمَالِ

Umurku ini setiap hari berkurang, sedang dosaku selalu bertambah, bagaimana aku menanggungnya?

Semoga bermanfaat. Amin!

Faisol Abdurrahman