Doa Sore Hari yang Dianjurkan Rasulullah

Doa Sore Hari yang Dianjurkan Rasulullah

Pecihitam.org – Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam telah memberikan tuntunan kepada kita untuk membaca doa di saat sore hari. Doa ini, sebagaimana diriwayatkan oleh Abu Hurairah ra; yang dikutip oleh Imam An-Nawawi dalam Kitabnya Al-Adzkar, [Damaskus: Darul Mallah, 1971 M/1391 H], halaman 63.

Adapun lafaz doa sore hari yang dimaksud dalam riwayat tersebut adalah:

اَللَّهُمَّ بِكَ أَمْسَيْنَا، وَبِكَ نَحْيَا، وَبِكَ نَمُوْتُ، وَإِلَيْكَ النُّشُوْرُ

Artinya, “Ya Allah, dengan-Mu aku bersore hari, dengan-Mu kami hidup, dengan-Mu kami mati. Hanya kepada-Mu (kami) kembali,” (HR Abu Dawud, At-Turmudzi, Ibnu Majah, dan lainnya).

Selain itu, Imam At-Tirmidzi juga meriwayatkan doa sore hari Rasulullah SAW dari Tsauban RA sebagai berikut:

رَضِيْتُ بِاللهِ رَبًّا، وِبِالإِسْلَامِ دِيْنًا، وَبِمُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ نَبِيًّا وَرَسُوْلًا

Baca Juga:  Doa Ziarah Kubur Yang Lengkap dan Mudah di Hafal

Artinya, “Aku rela Allah sebagai Tuhan, Islam sebagai agama, dan Nabi Muhammad SAW sebagai nabi dan rasul,” (HR Abu Dawud, At-Tirmidzi, An-Nasai, dan Al-Hakim).

وروينا في كتاب الترمذي، عن ثوبان رضي الله عنه قال قال رسول الله صلى الله عليه وسلم من قال حين يمسي رضيت بالله ربا، وبالإسلام دينا، وبمحمد صلى الله عليه وسلم نبيا، كان حقا على الله تعالى أن يرضيه

Artinya, “Diriwayatkan kepada kami di Kitab At-Turmudzi dari Tauban RA, ia berkata, Rasulullah SAW bersabda, “Siapa saja yang membaca di sore hari, ‘Radhītu billāhi rabbā, wa bil islāmi dīnā, wa bi Muhammadin shallallāhu ‘alaihi wa sallama nabiyyan,’ niscaya Allah meridhainya,” (Lihat Imam An-Nawawi, Al-Adzkar, [Damaskus: Darul Mallah, 1971 M/1391 H], halaman 65).

Baca Juga:  Doa Selepas Baca AlQuran Beserta Artinya

Imam Nawawi sangat menganjurkan agar lafal “nabiyyan” dan “rasulan” itu digabungkan, dengan alasan agar bisa mendapatkan keutamaannya. Akan tetapi jika seseorang hanya mengucapkan lafal “nabiyyan” saja, maka sesungguhnya ia telah mengamalkan sunnah Rasulullah SAW.

Selain doa sore hari tersebut, terdapat juga bacaan zikir yang boleh diamalkan di saat pagi maupun sore hari. Sebagaimana yang disebutkan dalam hadis riwayat Muslim yang tercantum dalam Kitab Al-Adzkar hal 72:

من قال حين يصبح وحين يمسي سبحان الله وبحمده مائة مرة لم يأت احد يوم القيامة بافضل مما جاء به الا احد قال مثل ما قال او زاد عليه

Artinya: “Barangsiapa di waktu pagi hari dan sore hari membaca “subhanallah wabihamdihi” sebanyak 100 kali, maka tidak akan ada seorangpun yang bisa mendatangkan keutamaan yangg lebih darinya, kecuali juga mengucapkan hal yang sama atau melebihkannya.”

Baca Juga:  Doa Agar Bisa Diterima Jadi PNS, Amalkan Biar Lulus!

Maka mari kita basahi bibir kita dengan memperbanyak berdzikir dan berdoa, khususnya diwaktu sore hari sebagaimana tuntunan yang telah diajarkan rasulullah SAW.

Wallahu a‘lam.

M Resky Syafri

Kontributor at Pecihitam.org
Mahasantri Pondok Pesantren Yayasan Perguruan Islam Beowe (Yasrib), Watansoppeng
M Resky Syafri
Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi, menyedekahkan sebagian harta kamu di Jalan Dakwah

DONASI SEKARANG