Fakta Tentang Hadits Tidur Setelah Ashar, Benarkah Ada Larangannya?

Fakta Tentang Hadits Tidur Setelah Ashar, Benarkah Ada Larangannya?

PeciHitam.org – Perlu diketahui sebelumnya bahwa tidak ada larangan dalam Islam tentang tidur setelah ashar dan tidak terdapat hadits shahih dari Rasulullah SAW atau perkataan sahabat yang menerangkan tentang boleh atau tidak perihal tidur setelah shalat Ashar atau ketika Ashar.

Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG

Ada beberapa hadits yang disandarkan kepada Rasulullah SAW mengenai larangan atau celaan tidur setelah Ashar, Tapi banyak dari hadits tersebut dianggap lemah “dhaif” dan sebagian lagi palsu “maudhu’”

Syaikh Muhammad Shalih Al-Munajjid Hafidzahullah pernah berkata hukum bagi orang yang tertidur baik sengaja ataupun tidak sengaja ketika waktu setelah Ashar:

وأما النوم بعد العصر فهو جائز ومباح أيضاً ، ولم يصحّ عن النبي صلى الله عليه وسلم نهي عن النوم في هذا الوقت .

Artinya: “Adapun tidur setelah shalat Ashar hukumnya ialah juga mubah, tidak terdapat hadits shahih dari Nabi SAW yang berisi larangan tidur setelah Ashar.”

Al-Lajnah Ad-Daimah atau semacam MUI di Saudi Arab mengungkapkan perihal tidur setelah ashar:

Baca Juga:  Kapan Orang Miskin Masuk Surga? Ini Penjelasan Haditsnya

س  : سمعت من أناس تحريم النوم بعد العصر ، هل ذلك صحيح ؟

Pertanyaan: Saya mendengar ada orang yang bilang bahwa dilarang tidur setelah shalat ashar, apakah itu benar?

ج : النوم بعد العصر من العادات التي يعتادها بعض الناس ، ولا بأس بذلك ، والأحاديث التي في النهي عن النوم بعد العصر ليست بصحيحة .

Jawaban: Tidur setelah shalat ashar ialah kebiasaan yang dilakukan oleh sebagian orang, dan itu tidak mengapa (boleh), dan hadits-hadits mengenai larangan tidur setelah Ashar bukanlah hadits yang shahih.

Tidur sendiri pada dasarnya merupakan kebutuhan tubuh untuh memulihkan serta memperbaiki kinerja organ tubuh dan bermanfaaat dalam metabolisme tubuh apalagi ketika sakit yang mana istirahat dengan cukup sangat diperlukan dan Islam pun tidak melarang hal yang demikian.

Namun demikian dikhawatirkan tidur setelah ashar dapat mengganggu ibadah maghrib ketika terlalu lama tidur dan dari segi medis memang ada anjuran untuk tidak tidur sore ataupun tidur setelah ashar karena jika berlebihan dan menjadi kebiasaan serta bukan karena hal tertentu semisal sakit dan lain-lain, akan memberikan dampak pada tubuh itu sendiri, diantaranya:

  • Berbahaya bagi kadar kolesterol tubuh.
Baca Juga:  Lakukan Cara Ini ketika Menghadapi Fitnah dan Supaya Diberi Jalan Terbaik

Telah ada beberapa penelitian medis yang menyebutkan bahwa ketika sering tidur terlalu sore akan cenderung memiliki kadar kolesterol yang jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan yang tidak pernah tidur pada waktu tersebut.

Hal ini disebabkan karena kondisi sistem metabolisme tubuh yang sedang dalam kondisi maksimalnya di sore hari tapi karena tidur tubuh justru berada dalam kondisi istirahat.

  • Gangguan daya ingat.

Banyak yang tidur terlalu sore lalu bangun pada malam yang kemudian merasakan dampak tubuh yang terasa aneh dan kebingungan, bahkan dalam sebagian kasus mengalami hilang ingatan untuk sementara yang akhirnya bertanya jam berapa ataupun hari apa.

Hal ini disebabkan karena tubuh tidak dapat menyadari siklus perubahan siang menjadi malam sehingga memicu kebingungan dan gangguan daya ingat.

  • Membuat tubuh lemah dan lesu.
Baca Juga:  Keutamaan Ibu dalam Islam yang Wajib Kita Ketahui

Bukan tubuh menjadi segar bugar tapi bangun dari tidur terlalu sore dapat memicu penurunan daya tahan tubuh karena sore hari setelah ashar merupakan puncak metabolisme tubuh yang mana tubuh mengkondisikan untuk bekerja secara maksimal.

  • Meningkatkan resiko terkena diabetes.

Tidur terlalu sore dapat juga meningkatkan resiko terkena diabetes dan hal ini disebabkan kareana terganggunya produksi insulin pada tubuh akibat dari kondisi tubuh yang tidak banyak bergerak serta selain itu tidur ketika sore juga akan mengganggu dan mempengaruhi siklus produksi insulin dalam tubuh yang mana sangat diperlukan.

Mochamad Ari Irawan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *