Hati-hati! Inilah Tiga Bentuk Godaan Setan Menjelang Pernikahan

godaan menjelang pernikahan

Pecihitam.org – Bagi semua orang, pernikahan tentu menjadi momentum yang sangat ditunggu-tunggu. Bukan hanya calon mempelai saja, kedua keluarga juga pasti turut berbahagia dengan salah satu proses kehidupan setiap anak manusia.

Namun ternyata setan begitu benci jika mendengar ada manusia yang memutuskan untuk menikah. Bahkan setan akan melakukan godaan dengan segala cara ketika menjelang pernikahan, agar semuanya tidak terjadi. Salah satu yang diutus dari bangsa jin dan setan untuk menghalang-halangi anak Adam menikah adalah setan A’war.

Itu sebabnya tidak heran jika terkadang ada calon pasangan yang sudah siap dan mantap menikah ternyata harus batal dan kandas ditengah jalan. Ternyata bisa saja hal itu merupakan bentuk godaan yang dilakukan oleh setan menjelang pernikahan. Lantas apa saja godaan setan tersebut? Berikut ringkasannya.

1. Menumbuhkan Rasa Ragu dalam Hati

Diantara godaan setan menjelang pernikahan adalah menumbuhkan rasa ragu. Bagi pasangan yang sudah menikah pasti dulu pernah berfikir “Jadi menikah dengan dia atau tidak”, “Apakah dia orang yang tepat?”, “Apakah dia orang yang baik” dan pertanyaan-pertanyaan lainnya.

Baca Juga:  Larangan Mendoakan Keburukan pada Orang Lain, Ini Alasannya

Dari sini kadang timbul, orang yang awalnya mantap menikah akhirnya memutuskan untuk membatalkan karena keragu-raguan ini. Nah, ternyata ragu-ragu ini adalah tipu daya setan. Mereka menumbuhkan perasaan ragu pada calon mempelai agar mereka bimbang dan memutuskan untuk tidak menikah.

Sebagaimana yang pernah disampaikan Rasulallah saw, bahwa rasa was-was itu, rasa takut dan khawatir yang berlebihan datang dan dihembuskan oleh setan melalui hawa nafsu untuk menghambat manusia beribadah kepada Allah SWT dalam urusan pernikahan.

Kemudian setan akan menjerumuskan manusia kepada hal-hal zina. Sehingga ketika keraguan ini muncul, dan memutuskan membatalkan pernikahan, maka setan berhasil menjerumuskan mereka ke dalam lubang perzinan.

2. Mendadak Banyak yang Melirik

Godaan setan menjelang pernikahan selanjutnya adalah menumbuhkan rasa dihati calon mempelai bahwa mereka banyak yang suka. Baik calon mempelai laki-laki maupun perempuan merasa seolah-olah banyak orang lain yang tiba-tiba menyukai atau jatuh cinta padanya.

Baca Juga:  Penyakit Hati Dalam Islam, Waspadalah!!

Biasanya perasaan ini muncul ketika keputusan pernikahan sudah diambil. Setan pun melancarkan serangannya dengan menghadirkan perasaan tersebut. Terkadang laki-laki atau perempuan yang menuruti godaan ini, hingga terjerumus hubungan hati dengan orang lain. Dan tidak jarang pula calon pengantin akhirnya mulai membanding-bandingkan calon istri atau suaminya dengan orang baru tersebut.

Memang, calon pasangan laki-laki atau perempuan yang akan menikah biasanya akan memancarkan aura bahagia dari dalam dirinya. Hal inilah yang kemudian menarik perhatian orang lain bahkan bisa jatuh cinta kepadanya.

Setan biasanya akan masuk ke dalam diri manusia melalui pintu hasud dan rakus. Manusia akan digoda dengan perasaan tidak akan pernah puas dengan apa yang telah ia punya saat ini. Ketika ada yang lebih cantik, lebih tampan dan kaya, jika calon mempelai lemah imannya maka akan mudah tergoda. Padahal bisa saja hal itu fatamorgana saja.

3. Memperlihatkan Kekurangan Pasangan

Menjelang pernikahan, setan juga akan menggoda calon mempelai dengan memperlihatkan kekurangan dan kelemahan pasangan. Dari sini emosional baik laki-laki maupun perempuan diuji. Sedikit saja masalah bisa memicu pertengkaran, bahkan berujung fatal hingga membatalkan pernikahan. Dan ketika seseorang marah, setan akan mulai menghasut dan mempermainkannya.

Baca Juga:  Bolehkah Menjadikan Ceramah Sebagai Profesi? Begini Cara Memahami Posisi Para Dai

Padahal sejatinya tidak ada manusia yang sempurna. Mau menikah dengan siapa pun pasti mereka juga memiliki kekurangan. Bukankah kekurangan pasangan sejatinya juga kekuranganmu yang harus ditutupi.

Ini adalah tipu muslihat setan yang menyesatkan. Jika manusia berhasil tergoda maka setan tertawa bahagia. Maka minta petunjuk dan pertolongan dari Allah Swt dengan berdoa agar dijauhkan dari godaan setan yang terlaknat. Demikian semoga bermanfaat. Wallahua’lam bisshawab.

Lukman Hakim Hidayat
Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG