Guys, Jangan Cuma Mengomentari Perempuan, Ini Lho Batasan Aurat Laki-Laki yang Harus Kamu Jaga

Bukan Hanya Perempuan, Aurat Laki-Laki Juga Harus Dijaga Ketika Bersama Wanita yang Bukan Mahram

PECIHITAM.ORG – Selama ini ketika berbicara tentang aurat maka pikiran kita umumnya hanya mengarah pada perempuan, padahal dalam Islam aurat laki-laki juga perlu dijaga, terlebih ketika sedang berada bersama wanita lain yang bukan mahram.

Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG

Adapun batasan aurat laki-laki tergantung situasi dan kondisinya. Bisa hanya qubul dan duburnya saja. Bisa juga anggota tubuh antara pusar dan lututnya saja. Bahkan, seluruh anggota tubuh laki-laki semuanya bisa berupa aurat. Sekali lagi, tergantung situasi dan kondisi.

Berikut penjelasan lengkap beserta ibarahnya yang diamb dari beberapa kitab mu’tabarah dalam Fiqih Syafiiyah.

Berdasarkan penjelasan Imam Syarwani dalam Hasyiyah Syarwani juz 2 halaman 112

1). Aurat Shalat

عورة في الصلاة وقد تقدمت وهي أيضاً عورته عند الرجال ومحارمه من النساء

Aurat dalam shalat. Penjelasan tentang ini sudah disebutkan. Aurat dalam shalat ini juga termasuk aurat pria ketika bersama sesama lelaki dan bersama wanita mahramnya.

2). Aurat Nadzrah

Baca Juga:  Ragam Pendapat Ulama Tentang Hukum Mengucapkan Selamat Natal

وعورة النظر وهي جميع بدنه بالنسبة للأجنبية

Aurat untuk dipandang. Aurat ini adalah seluruh tubuh laki-laki jika dikaitkan dengan pandangan wanita lain.

3). Aurat Khalwat

وعورة الخلوة السوأتان فقط على المعتمد

Aurat ketika sendirian yaitu qubul dan duburnya saja nenurut qaul mu’tamad.

Dijelaskan juga oleh Syaikh Nawawi Banten dalam Nihayatuz Zain juz I halaman 47

وحاصل القول فيما يتعلق بالعورة أن الرجل له ثلاث عورات

Kesimpulan pendapat yang berkaitan dengan aurat pria bahwa ia mempunyai 3 batasan aurat.

إحداها ما بين سرته وركبته وهي عورته في الصلاة ولو في الخلوة وعند الذكور وعند النساء المحارم

Salah satunya ialah anggota tubuh yang ada antara pusar dan lututnya. Ini adalah orang laki-laki ketika dalam salat walaupun salat sendirian, dan aurat ketika bersama sesama laki-laki serta aurat ketika bersama wanita mahramnya.

ثانيتها السوءتان أي القبل والدبر وهي عورته في الخلوة

Baca Juga:  Berbuat Baik kepada yang Sudah Meninggal, Bagaimanakah Caranya?


Awalan yang kedua ialah hanya qubul dan dubur. Ini adalah aurat pria ketika sedang sendirian (misalnya ketika di dalam kamar mandi).

ثالثتها جميع بدنه وشعره حتى قلامة ظفره وهي عورته عند النساء الأجانب فيحرم على المرأة الأجنبية النظر إلى شيء من ذلك ولو علم الشخص أن الأجنبية تنظر إلى شيء من ذلك وجب حجبه عنها


Aurat yang ketiga bagi laki-laki adalah seluruh tubuh, rambut hingga ujung kukunyam Ini adalah aurat laki-laki ketika bersama wanita lain. Maka haram bagi wanita lain untuk melihat sesuatu dari tubuh laki-laki. Jika seseorang mengetahui bahwa ada perempuan lain yang melihat ke anggota tubuhnya itu, maka wajib menutupinya.

Demikianlah penjelasan tentang tiga batasan aurat laki-laki bergantung situasi dan kondisi. Setelah mengetahui ini diharapkan bagi para lelaki agar tidak mengumbar auratnya di hadapan wanita lain yang bukan mahramnya.

Baca Juga:  Miskin Bersabar atau Kaya Bersyukur, Mana yang lebih Utama?

Karena ketika haram hukumnya bagi perempuan untuk melihat aurat kaum pria, maka haram pula bagi laki-laki untuk membuka auratnya di hadapan perempuan lain. Semoga bermanfaat. Wallahu A’lam Bisshawab!

Faisol Abdurrahman