Hadits Nabi: Khasiat Buah Safarjal Untuk Mempercantik Keturunan

buah safarjal

Pecihitam.org – Buah Safarjal adalah buah yang mirip dengan pir yang dipakai untuk hidangan makanan atau bumbu. Safarjal berasal dari bahasa Akkadia, yang dipergunakan oleh bangsa Sumeria dimasa Dinasti Akkadia dan bangsa Mesopotamia pada kurun abad ke-24 sebelum Masehi. Mesopotamia merupakan peradaban yang mencakup Iraq, Kwait, Suriah utara dan Turki Selatan. Setelah Dinasti Akkadia runtuh bahasa Akkadia tetap digunakan oleh bangsa Syiria.

Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG

Safarjal adalah buah yang mula-mulanya dikenal di daerah Turki. Bahkan hingga sekarang Turki merupakan penghasil safarjal terbesar. Safarjal masih satu famili dengan pir, jambu biji dan apel. Pohonnya tumbuh dengan ketinggian rata-rata 5 sampai 8 meter dengan besar rata-rata 6 sampai 9 centimeter.

Dalam bahasa inggris buah safarjal disebut quince. Yang artinya buah yang beraroma masam berbentuk seperti buah pir yang digunakan sebagai hidangan makanan. Bentuknya memang hampir mirip dengan pir, namun safarjal dan pir adalah dua yang berbeda. Bentuk pir yang ujungnya lancip atau meruncing, sedangkan safarja hampir bulat.

Beberapa sumber menyebutkan bahwa safarjal adalah guava atau jambu biji dimana ada yang menyebutkan bahwa Safarjal adalah buah-buahan berbiji yang mana buah, daun serta batangnya bisa dimanfaatkan semua.

Baca Juga:  Keutamaan Nabi Muhammad SAW dari Para Nabi yang Lain

Safarjal juga bisa disebut seperti buah buahan semacam jambu yang berbiji. Dimana ketika wanita memakannya apalagi bagi wanita yang sedang hamil baik untuk tubuh dan perkembangan janinnya.

Ada riwayat dari Nabi Saw sebagai mana yang diterangkan dalam kitab kitab besar seperti Fathul Bari, Syarah Muslim dan Mu’jam kabir:

219 – حدثنا يحيى بن عثمان بن صالح ثنا سليمان بن أيوب حدثني أبي عن جدي عن موسى بن طلحة عن أبيه قال : أتيت النبي صلى الله عليه و سلم وهو في جماعة من أصحابه وفي يده سفرجلة يقلبها فلما جلست إليه دحى بها نحوي ثم قال : ( دونكها أبا محمد فإنها تشد القلب وتطيب النفس وتذهب بطخاوة الصدر )

Diriwayatkan oleh Imam Yahya bin Yahya, dari Kholid bin Ma’dan: “Makanlah oleh kalian (wanita-wanita yang sedang hamil) jambu safarjal dapat mempercantik anak.” Adapula riwayat yang menyatakan, bahwa suatu kaum melapor kepada Nabi Sholallohu alayhi wasallam tentang kejelekan anak-anaknya. Maka Alloh Subhanahu Wa ta’alaa memberi wahyu kepada Nabi-Nya: “Perintahkanlah mereka agar memberi malam buah jambu safarjal kepada wanita-wanita yang hamil pada bulan ketiga dan keempat kehamilannya.” (Mu’jamul Kabiir Juz 1 halaman 117).

Sehingga bisa dikatakan bahwa buah ini sangat dianjurkan bagi perempuan karena selain baik untuk ibu baik juga untuk bayinya, menurut riwayat bahwa buah safarjal juga dapat melembutkan hati.

Baca Juga:  Hati-Hati, Inilah Dalil Bid'ah yang Paling Sering Disalah Artikan

عَنْ طَلْحَةَ قَالَ دَخَلْتُ عَلَى النَّبِىِّ -صلى الله عليه وسلم- وَبِيَدِهِ سَفَرْجَلَةٌ فَقَالَ « دُونَكَهَا يَا طَلْحَةُ فَإِنَّهَا تُجِمُّ الْفُؤَادَ

“Dari Thalhah ra, Beliau mengatakan: aku menemui Nabi saw. Ditangan beliau ada buah safarjal. Kemudian beliau bersabda: Makanlah ini, karena buah ini bisa melembutkan hati.” (HR. Ibnu Majah no.3494).

Buah safarjal atau Jambu biji adalah buah yang mungkin sangat kita kenal. Di Indonesia sendiri, tanaman jambu biji (latinnya : Psidium guajava L) gampang ditemukan. Jambu biji memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi. Malahan bisa tiga sampai enam kali lipat dibandingkan dengan buah jeruk.

Vitamin C ini terdapat dalam daging buahnya yang segar dan bijinya. Selain buahnya sebagai sumber Vitamin C, hampir semua bagian tanaman ini, terutama daun dan buah muda, dapat mengobati diare. Bahkan bagian ini dikatakan sebagai obat ampuh untuk disentri awal stadium dua.

Baca Juga:  Ini 5 Sikap Nabi Ketika Mengunjungi Orang Sakit yang Wajib Kita Teladani

Nah dari sini kita tahu bahwa Safarjal adalah buah yang baik untuk kesehatan, baik untuk wanita, ibu hamil dan bayinya bahkan dalam hadits nabi dikatakan bahwa safarjal adalah buah yang dapat melembutkan hati dan mempercantik keturunan. Wallahua’lam bisshawab.

Arif Rahman Hakim
Sarung Batik