Hadits Tentang Anjuran Membaca Doa Masuk Kamar Mandi

Hadits Tentang Anjuran Membaca Doa Masuk Kamar Mandi

PeciHitam.org – sebelum membahas tentang doa masuk kamar mandi, perlu kita pahami bahwa dalam beraktifitas, sebagai muslim yang taat haruslah mengerti tentang adab atau etika karena Islam menjunjung tinggi perihal tersebut. Begitupun ketika akan memasuki kamar mandi.

Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG

Kita dianjurkan untuk membaca doa terlebih dahulu sebelum masuk maupun saat keluar kamar mandi. Doa masuk dan keluar WC ini sangat singkat dan mudah dihafalkan.

Berdoa sebelum masuk dan keluar kamar mandi bertujuan agar kita terhindar dari godaan setan, baik setan laki-laki maupun setan perempuan. Berikut ini bacaan doa beserta latin dan artinya, serta adab yang diperlukan ketika berada di kamar mandi.

Doa Masuk WC

اَللّٰهُمَّ اِنِّيْ اَعُوْذُبِكَ مِنَ الْخُبُثِ وَالْخَبَآئِثِ

Alloohumma innii a’uudzubika minal khubutsi wal khobaaitsi

Artinya:

“Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepadamu dari segala kejahatan dan kotoran”

Doa Keluar WC

غُفْرَانَكَ الْحَمْدُ ِللهِ الَّذِىْ اَذْهَبَ عَنّى اْلاَذَى وَعَافَانِىْ

Ghufroonakal hamdu lillaahil ladzii adzhaba ‘annil adzaa wa ‘aafaanii

Artinya:

“Dengan mengharap ampunanMu, segala puji milik Allah yang telah menghilangkan kotoran dari badanku dan yang telah menyejahterakan”

Berikut ini merupakan Hadist tentang anjuran berdoa ketika masuk dan keluar WC / kamar mandi.

Baca Juga:  Doa Masuk dan Keluar Kamar Mandi Serta Adab-adabnya

Hadist Anjuran Berdoa Saat Masuk Kamar Mandi

عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ : أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ , كَانَ إذَا دَخَلَ الْخَلَاءَ قَالَ : اَللّٰهُمَّ إنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ الْخُبُثِ وَالْخَبَائِثِ

Artinya:

“Anas bin Malik Ra. Menuturkan “jika Rosulullah Saw hendak masuk WC, beliau  berdoa, “Allahumma inni a’udzu bika minal khubutsi  wal khabaits” ( ya Allah, aku berlindung kepadamu dari setan laki- dan setan perempuan.”(HR. Bukhari)

Hadist Anjuran Berdoa Ketika Keluar Kamar Mandi

أَنَّ النَّبِىَّ -صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ- كَانَ إِذَا خَرَجَ مِنَ الْغَائِطِ قَالَ : غُفْرَانَكَ

Artinya:
“Dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, beliau berkata, “Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa setelah beliau keluar kamar mandi beliau ucapkan “ghufronaka” (Ya Allah, aku memohon ampun pada-Mu).”

Adab Sebelum Masuk dan Keluar Kamar Mandi

Setelah mengetahui Doa Masuk dan Keluar kamar mandi diatas, kita juga harus mengetahui adab ketika berada di kamar mandi. Karena terkadang sebagian orang langsung masuk dan keluar kamar mandi tanpa memperdulikan sisi adab.

Berikut adab-adab yang dapat anda lakukan:

1. Jika masuk ke kamar mandi hendaklah membaca بِسْمِ اللهِ  agar ketika didalam kamar mandi terhindar dari gangguan jin

Baca Juga:  Doa Masuk dan Keluar Kamar Mandi Beserta Adabnya

2. Berdoalah sebelum memasuki kamar mandi dengan bacaan doa berikut ini:

اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَعُوْذُ بِكَ مِنَ الْخُبُثِ وَالْخَبَائِثِ

3. Ketika masuk kamar mandi, dahulukanlah kaki kiri terlebih dahulu. Karena kamar mandi merupakan tempat najis yang disenangi oleh setan dan jin.

4. Ketika masuk kamar mandi, gunakan alas kaki semisal sandal jepit

5. Ketika didalam kamar mandi, tidak diperbolehkan untuk berbicara atau bernyanyi

6. Ketika didalam kamar mandi, dilarang membaca atau membawa ayat-ayat Al-Qur’an dalam bentuk apapun

7. Saat sedang membuang hajat seperti buang air besar atai air kecil, tidak boleh menghadap atau membelakangi kiblat, akan tetapi dengan arah menyamping. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW, “Apabila seseorang dari kalian buang hajat, maka janganlah menghadap kiblat atau membelakanginya. Akan tetapi hendaknya ia menyamping dari arah kiblat”. (HR. Al-Bukhari). Namun jika menyamping tidak bisa, maka arahkan selain arah ke kiblat

8. Diperlukan kehati-hatian dengan najis, ketika selesai membuang air besar atau kecil, siram atau aliri sampai benar-benar bersih

Baca Juga:  Doa Setelah Wudhu Lengkap dengan Bacaan Latin dan Artinya

9. Tidak boleh mengucapkan atau menjawab salam dari dalam kamar mandi

10. Diharapkan untuk menutup kamar mandi agar tidak terlihat oleh orang lain

11. Ketika keluar dari kamar mandi, dahulukan lah kaki kanan sambil membaca do’a: غُفْرَانَكَ yang artinya “Aku meminta ampun kepadaMu”

Beberapa ulama melarang untuk melafalkan pujian atau lantunan shalawat saat dikamar mandi. Hal ini dikarenakan tidak sopan mengingat kamar mandi merupakan tempat yang najis. Itulah doa masuk wc dan doa keluar kamar mandi yang bisa anda praktekkan langsung, semoga artikel ini bermanfaat.

Mohammad Mufid Muwaffaq

Leave a Reply

Your email address will not be published.