Harlah ke-94 NU, Ansor Sulsel Gelar Aksi Long March Sejauh 20 Km

Pecihitam.orgLong March yang digelar oleh Pengurus Wilayah (PW) Gerakan Pemuda (GP) Ansor NU Sulsel Minggu, 2 Februari 2020, dengan menempuh jarak 20 Km rencananya akan dilepas secara langsung oleh Gubernur Sulsel H. M. Nurdin Abdullah.

Kejelasan kabar tersebut diungkapkan oleh wakil Ketua Bidang Humas PW. GP. Ansor Sulsel Mawardy Siradj usai Ketua dan Jajaran Pimpinan Wilayah diterima secara resmi oleh Gubernur di Rumah jabatannya, Sabtu, 01 Februari 2020.

Ketua PW GP Ansor Sulsel Rusdi Idrus mengutarakan di hadapan Gubernur bahwa Long March yang akan digelar dan diinisiasi oleh Pimpinan Wilayah Gerakan Pemuda Ansor Sulsel ini dalam rangka memperingati hari lahir ormas terbesar di Indonesia yakni Nahdlatul Ulama, dimana kemarin 31 Januari 2020 genap berusia 94 tahun sejak dilahirkan oleh Hadratus Syaikh KH. Hasyim Asyari pada tahun 1926.

Baca Juga:  Sosok Almarhum Adik Gus Dur, Gus Im di Mata Gus Mus

“Long March yang akan diikuti oleh 500 an perwakilan kader Ansor dan Banser NU se Sulsel ini juga dimaksudkan untuk napak tilas perjuangan para Ulama dan Anregurutta para Muassis (pendiri) NU di Sulsel dalam menyebarkan Ajaran Islam Ahlussunnah Wal Jamaah di masyarakat Sulsel pada masanya,” ungkap Rusdi.

Selain itu, Long March yang mengambil Rute sepanjang 20 Km ini akan start di Lapangan Hertasning dan finish di lapangan Pemuda Desa Pallantikang, Kecamatan Pattalassang, Kabupaten Gowa ini akan dirangkaikan dengan pembaretan dan pemasangan peci bagi kader Ansor dan Banser NU Sulsel yang akan disematkan langsung oleh Ketua Dewan Penasehat GP. Ansor Sulsel yakni Anregurutta Habib Syekh Abdul Rahim Puang Makka yang juga merupakan Ketua Jamaah Ahlul Tarekat Al Muktabarah An Nahdliyah (JATMAN) Sulsel.

Baca Juga:  Harlah ke-94 NU, MUI Dorong PBNU Terbitkan Resolusi Jihad Jilid II

Selain kader Ansor dan Banser NU Sulsel, kegiatan Long March yang akan dipimpin langsung oleh Ketua Dewan Penasehat GP. Ansor Sulsel yakni Anregurutta Habib Syekh Abdul Rahim Puang Makka ini juga akan diikuti oleh sejumlah kader dan Jamiyyah dari berbagai Ormas dan Banom NU Sulsel seperti Kader Mahasiswa Ahlu Tarekat Al Muktabarah An Nahdliyah (MATAN) Sulsel yang saat ini dipimpin oleh H. Anwar Abubakar yang juga Kakanwil Kemenag Prov. Sulsel, Fatayat NU, Muslimat NU, IPNU-IPPNU, PMII, PCNU Kota Makassar.

Bahkan long march ini juga akan diikuti oleh sejumlah partisipan dan simpatisan NU seperti Persatuan Kekerabatan Masyarakat Madura (PERKIM), dan Laskar Manguni (Paguyuban Masyarakat Manado di Sulsel).

Gubernur Sulsel H. Nurdin Abdullah mengapresiasi positif kegiatan yang dilaksanakan oleh.GP. Ansor Sulsel ini, bahkan mantan Bupati Bantaeng ini pun menyatakan diri akan menghadiri dan melepas secara resmi long march Harlah NU besok.

Baca Juga:  Gerah Lihat Media Sosial, GP Ansor Sulsel Bentuk Lembaga Bantuan Hukum

“Semoga di usia yang 94 tahun, NU semakin berjaya dan tetap mampu menjadi perekat dan pemersatu bangsa, dan kegiatan besok bisa berjalan lancar dan sukses,” harapnya. (Rls)

Muhammad Fahri