Hoaks, 78 Tentara Korea Utara Masuk Islam

Pecihitam.org – Sebuah kabar yang menyebutkan sebanyak 78 Tentara Korea Utara (Korut) masuk agama Islam belum lama ini beredar di media sosial Facebook.

Kabar tersebut diunggah oleh akun Facebook Rian Cardoba pada Senin, 11 Mei 2020. Dalam unggahannya, akun Rian Cardoba melampirkan dua foto terkait peristiwa tersebut.

Pada salah satu foto yang diunggahnya, terlihat seorang pria mengenakan seragam militer dan bersalaman dengan seorang pria yang memakai kopiah dengan disaksikan beberapa orang mengenakan seragam militer yang sama.

Sementara di foto lainnya, tampak beberapa orang pria yang mengenakan seragam militer tengah melaksanakan ibadah shalat.

“Ketika hati telah dibuka, dan kegelapan diterangi. Seruan kebenaran tak mampu untuk dielaki di dalam dada yang lapang. 78 tentara Korea Utara menerima Islam. Berapa banyak Muslim yang online untuk mengatakan ; MasyaAllah,” tulis akun Facebook Rian Cardoba di narasi unggahannya.

Baca Juga:  Benarkah Islam Disebarkan dengan Perang? Berikut Faktanya

Namun, berdasarkan penelusuran fakta Turnbackhoax.id, seperti dikutip dari Terkini.id, Rabu, 13 Mei 2020, setelah ditelusuri lewat mesin pencari Google, diketahui unggahan akun Facebook Rian Cardoba adalah salah alias hoaks.

Dilansir dari laman The Chosunilbo, diketahui informasi yang benar terkait foto yang diunggah Rian Cardoba adalah 37 Tentara Korea Selatan (Korsel) yang memeluk agama Islam, dan bukan Tentara Korea Utara.

Pemberitaan The Chonsunilbo terkait hal itu berjudul “Ahead of Iraq Deployment, 37 Korean Troops Convert to Islam” yang ditayangkan pada Jumat, 28 Mei 2004 lalu.

Foto yang dibagikan akun Facebook Rian Cordoba sama persis dengan yang terdapat dalam artikel “Ahead of Iraq Deployment, 37 Korean Troops Convert to Islam.”

Baca Juga:  Ini Bukti Islam Cinta Damai, Bukan Membawa Kerusakan dan Perpecahan

Keterangan dari kedua foto tersebut adalah “Captain Son Jin-gu from Zaitun Unit recites an oath at ceremony to mark his conversion to Islam at a mosque in Hannam-dong, Seoul on Friday. /Yonhap” dan “Soldiers from Zaitun Unit pray after conversion ceremony at a mosque in Hannam-dong, Seoul on Friday. /Yonhap.”

Berdasarkan penelusuran fakta tersebut, maka dapat disimpulkan unggahan foto dan narasi dari akun Facebook Rian Cardoba masuk dalam kategori Misleading Content atau konten yang menyesatkan.