Imbas Wabah Corona di Arab Saudi, Masjid Nabawi Ditutup Total

Pecihitam.org – Seluruh area Masjid Nabawi di Kota Madinah, mulai Jumat 20 Maret 2020 ditutup total oleh Pemerintah Arab Saudi.

Keputusan tersebut dilakukan Arab Saudi selepas shalat Isya waktu setempat.

Tak seperti biasanya penutupan benar-benar dilakukan dengan cara mengunci semua akses menuju halaman dan area masjid.

Dilansir dari Viva.co.id, Jumat, 20 Maret 2020, Haramain menginformasikan, petugas menutup semua pagar-pagar dan gerbang menuju Masjid Nabawi tanpa terkecuali.

“Gerbang Masjid An Nabawi ditutup untuk mencegah jemaah masuk sesuai informasi baru yang dikeluarkan oleh pihak berwenang yang hanya mengizinkan sangat sedikit orang untuk memasuki kompleks masjid,” tulis Haramain.

Dengan adanya keputusan tersebut, maka dapat dipastikan tak satupun jemaah selain imam dan pengurus Masjid Nabawi yang bisa melaksanakan ibadah di masjid suci itu.

Baca Juga:  Palestina Tuding Arab Saudi Dukung Trump Serahkan Yerusalem ke Israel

Sekedar diketahui, di kompleks Masjid Nabawi ada sejumlah lokasi penting bagi Umat Islam, salah satunya makam Nabi Muhammad SAW.

Penutupan itu dilakukan pemerintah Arab Saudi seiring meningkatnya jumlah penderita Virus Corona atau COVID-19 di Arab Saudi.

Hingga saat ini, tercatat jumlah penderita corona di Arab Saudi sudah mencapai 274 orang termasuk 11 orang di Kota Madinah.

Masjid Nabawi dan Masjidil Haram juga sebelumnya telah ditutup hanya saja penutupan tak dilakukan secara total seperti saat ini.

Bahkan, sebelum keputusan itu dibuat pemerintah Arab Saudi, jemaah masih bisa beribadah di dalam kompleks masjid.

Muhammad Fahri