Ini Dia Sejarah dan Macam Macam Syahadat Sebelum Datangnya Nabi Muhammad

Ini Dia Sejarah dan Macam-macam Syahadat Sebelum Datangnya Nabi Muhammad

Pecihitam.org – Sebelum adanya manusia, bumi dan seluruh alam semesta ini, maka yang ada hanyalah Dia saja, belum ada apa-apa selain Dia. Kemudian Dia menciptakan Nur Muhammad sebagai bahan dasar dari seluruh mahluk di alam semesta. Jadi Nur Muhammad inilah yang menjadi awal dari segala ciptaan Allah swt sebelum semua mahluk tersebut tercipta.

Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG

Pada waktu itu belum ada alam semesta, belum ada bumi dan matahari, belum ada binatang, pohon ataupun manusia, belum ada mahluk lainnya. Jadi belum ada aturan ataupun agama.

Sebelum adanya aturan syariat ataupun agama, maka aturan dan ajaran awal mula pertama adalah Tauhid. Setiap mahluk yang diciptakan Allah, mulai dari Ruh, malaikat dan seterusnya, diperintahkan untuk bersyahadat kepada Allah dan kepada Muhammad.

Jadi Syahadat bukan lah sesuatu yang baru, atau sesuatu yang baru diciptakan pada zaman Rasullullah saw. Akan tetapi Syahadat adalah sesuatu yang telah lama ada diciptakan oleh Allah swt, bahkan sebelum Nabi Adam as pun Syahadat sudah ada. Untuk itu ada macam macam syahadat

Ketika Allah menciptakan ruh, maka Allah mengambil kesaksian Syahadat ruh-ruh tersebut. Hal ini terekam dalam Firman Allah:

Baca Juga:  Tauhid: Kisah Nabi Musa Sakit Gigi

وَإِذْ أَخَذَ رَبُّكَ مِنْ بَنِي آدَمَ مِنْ ظُهُورِهِمْ ذُرِّيَّتَهُمْ وَأَشْهَدَهُمْ عَلَى أَنفُسِهِمْ أَلَسْتُ

بِرَبِّكُمْ قَالُوا بَلَى شَهِدْنَا أَنْ تَقُولُوا يَوْمَ الْقِيَامَةِ إِنَّا كُنَّا عَنْ هَذَا غَافِلِينَ

“Dan (ingatlah), ketika Tuhanmu mengeluarkan keturunan anak-anak Adam dari sulbi mereka dan Allah mengambil kesaksian terhadap jiwa mereka (seraya berfirman): “Bukankah Aku ini Tuhanmu?” Mereka menjawab: “Benar (Engkaulah Tuhan kami), kami menjadi saksi”. (Kami lakukan yang demikian itu) agar di hari kiamat kamu tidak mengatakan: “Sesungguhnya kami (bani Adam) adalah orang-orang yang lengah terhadap ini (keesaan Tuhan).” (QS 7:172)

Berikut ini adalah dasar hadits yang menceritakan tentang tulisan Syahadat yang dilihat oleh Nabi Adam as dahulu ketika masih di dalam taman surga. Rasulullah Saw bersabda: Ketika Nabi Adam mengakui kesalahannya, lalu dia berkata dan memohon: “Ya Tuhanku hamba memohon kepadaMu dengan kebenaran Muhammad ampunilah hamba.” Lalu Allah berfirman kepada Adam: “Hai Adam bagimana kamu tahu tentang Muhammad padahal Aku belum lagi ciptakannya?”

Adam menjawab: “Ya Tuhanku sesungguhnya ketika Engkau ciptakan hamba, hamba mengangkat kepala, kemudian terlihat olehku tulisan dipintu gerbang Arasy berbunyi Lailahaillallah Muhammadarasulullah, maka ketika itu mengertilah hamba, tidak mungkin ada satu nama yang bersanding dengan namaMu kecuali mahkluk yang sangat Kau sayangi.”

Baca Juga:  Apakah Allah Mempunyai Tangan? Ini Bantahan untuk Para Kaum Mujassimah

Maka Allah berfirman: “Benar Engkau hai Adam sesungguhnya Muhammad itu adalah makhlukKu yang paling kusayangi, bila engkau memohon kepadaKu dengan kebenarannya sungguh Aku ampuni engkau” (HR Baihaqi)

Adapun jumlah nabi itu ada 313 orang. Namun terdapat perbedaan pendapat mengenai dua orang nabi yakni nabi Zulkarnain dan nabi Khidir. Dari sekian banyak nabi yg wajib diketahui oleh kita selaku orang beriman adalah 25 orang nabi, dan terdapaat 6 nabi ulul azmi. Masing-masing nabi ulul azmi memiliki syahadat dengan susunan kata yang berbeda, berikut adalah macam macam syahadat yang pernah ada:

1. Nabi Adam As.

أشهد ان لا اله الا الله وأشهد ان آدم خليفة الله

Asyhadu alla ilaha ilallah wa asyhadu anna Adam kholifatullah

2. Nabi Nuh As.

أشهد ان لا اله الا الله وأشهد ان نوح خليل الله

Asyhadu alla ilaha ilallah wa asyhadu anna Nuh kholilullah

3. Nabi Ibrahim As.

أشهد ان لا اله الا الله وأشهد ان إبراهيم حبيب الله

Baca Juga:  Inilah Empat Sifat Allah yang Menitis kepada Manusia

Asyhadu alla ilaha ilallah wa asyhadu anna Ibrahim habibullah

4. Nabi Musa As.

أشهد ان لا اله الا الله وأشهد ان موسى كلام الله

Asyhadu alla ilaha ilallah wa asyhadu anna Musa kalamullah

5. Nabi Isa As.

أشهد ان لا اله الا الله وأشهد ان عيسى روح الله

Asyhadu alla ilaha ilallah wa asyhadu anna Isa Ruhullah

6. Muhammad SAW.

أشهد ان لا اله الا الله وأشهد ان محمدا رسول الله

Asyhadu alla ilaha ilallah wa asyhadu anna Muhammadarrasulullah

Mohammad Mufid Muwaffaq

Leave a Reply

Your email address will not be published.