Ini Doa Bercermin Sesuai Anjuran Rasulullah

Ini Doa Bercermin Sesuai Anjuran Rasulullah

PeciHitam.org – Bercermin menjadi salah satu cara agar kita bisa melihat wajah kita sendiri, dan merapikan dandanan tanpa harus memerlukan bantuan orang lain. Namun tahukah anda bahwa bercermin memerlukan adab dan beberapa hal yang perlu di perhatikan. Salah satunya adalah membiasakan doa bercermin untuk menambah rasa syukur kita terhadap pemberian Allah Subhanallahu wa ta’ala.

Apabila kita menginginkan wajah yang mulus, cerah dan bercahaya. Serta memancarkan aura kuat dari dalam diri kita. Bacalah amalan doa bercermin, seperti yang diajarkan dalam islam ini.

Ketika wajah kita bercahaya, tidak hanya membuat kita terlihat lebih elok, kita juga akan disukai oleh banyak orang. Karena tidak semua orang memiliki pancaran aura yang cemerlang atau positif, maka dari itu doa yang kita panjatkan ini bisa membuat kita untuk terlihat lebih baik.

Adapun dalam bercermin juga tidak semata-mata agar kita terlihat cantik atau tampan. Seharusnya pada saat bercermin kita bersyukur atau mensyukuri atas nikmat yang telah Allah Swt berikan kepada kita.

Baca Juga:  Ajaztukum! Ini Amalan Memikat Wanita Cara Islam, Jomblo Harus Hafal!

Karena Allah Swt, telah menganugerahkan kita bentuk tubuh dan rupa yang sempurna dibandingkan makhluk yang lainya. yang terdapat dalam Al-Qur’an Surat At-Tin ayat 4 yang berbunyi:

لَقَدْ خَلَقْنَا الْإِنْسَانَ فِي أَحْسَنِ تَقْوِيمٍ

Artinya:

“Dan sungguh telah Kami ciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya” (QS At-Tin : 4 )

Khususnya wanita, tentu anda menginginkan agar wajah bercahaya, agar cantik dan terlihat lebih baik. Anda dapat mengamalkan doa bercermin agar apa yang anda idam – idamkan saat ini berhasil terwujud.

Doa bercermin cukup banyak di sebutkan dalam beberapa sumber, namun dalam pelaksanaannya hanya ada beberapa doa saja yang paling banyak di lafalkan, hal ini tentunya karena doa tersebut yang cenderung cukup mudah di hafalkan, singkat dan memiliki arti yang cukup menunjukkan rasa syukur kita terhadap apa yang telah di berikan oleh Allah subhanallahu wa ta’ala.

Ada beberapa versi doa bercermin yang umum di lafalkan oleh para muslim di Indonesia, seperti beberapa doa bercermin berikut ini merupakan doa bercermin yang cukup umum di lafalkan oleh masyarakat Indonesia

Baca Juga:  Doa Masuk Rumah dan Keluar Rumah Agar Mendapat Perlindungan

Bercermin merupakan tindakan mubah menurut syara’. Agama tidak menuntut atau melarang orang mematut-matut diri di muka cermin. Tetapi doa berikut ini dianjurkan dibaca oleh mereka yang sedang bercermin.

اَللَّهُمَّ كَمَا حَسَّنْتَ خَلْقِيْ فَحَسِّنْ خُلُقِيْ

Allâhumma kamâ hassanta khalqî fahassin khuluqî.

Artinya, “Wahai Tuhanku, sebagaimana telah Kaubaguskan kejadianku, maka baguskanlah perangaiku,” (Lihat Sayid Utsman bin Yahya, Maslakul Akhyar, Cetakan Al-‘Aidrus, Jakarta).

atau bisa juga doa berikut ini:

اَلْحَمْدُ ِللهِ كَمَا حَسَّنْتَ خَلْقِىْ  فَحَسِّـنْ خُلُقِىْ

Alhamdulillaahi kamaa hassanta kholqii fahassin khuluqii

Artinya:

“Segala puji bagi Allah, baguskanlah budi pekertiku sebagaimana Engkau telah membaguskan rupa wajahku”.

Doa ini diharapkan dapat mengantarkan orang menuju kesempurnaan perilaku, bukan sekadar tampilan fisik.

Doa ini berasal dari hadist yang di riwayatkan oleh Imam Nawawi rahimullah yang menuliskannya dalam kitab Al Adzkar, yang menyebutkan bahwa Ali bin Abi Thalib Radhiallahu ‘anhu pernah meriwayatkan bahwa Nabi Muhammad Shalallahu ‘alaihi wa salam, apabila bercermin, beliau membaca doa di atas.

Baca Juga:  Doa Nabi Ibrahim Untuk Keturunannya yang Bisa Kita Amalkan Saat Ini

Terkait tatacaranya, seperti berikut:

  • Bacalah doa saat bercermin diatas dengan ikhlas.
  • Tatap wajah anda di cermin dengan penuh rasa syukur.
  • Jangan membanggakan diri anda sendiri.
  • Jangan menghinakan diri anda sendiri.
  • Jangan berbicara atau tertawa sendiri di depan cermin.

Demikianlah adab yang baik ketika kita sedang bercermin, setidaknya coba mulai sekarang kita rubah kebiasaan kita ketika sedang berada di depan cermin ya.

Mohammad Mufid Muwaffaq
Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *