Inilah Doa Para Malaikat untuk Orang yang Gemar Sedekah

doa malaikat untuk orang yang sedekah

Pecihitam.org – Doa adalah pendamping dalam usaha kita, itu adalah salah satu bentuk ikhtiar pada yang Maha Kuasa, doa juga bisa dilakukan karena kita melakukan suatu hal. Namun ada salah satu doa yang menarik yaitu tentang doa malaikat untuk orang yang sedekah.

Sedekah adalah sesuatu yang dianjurkan dalan Islam karena hal tersebut sangat dicintai oleh Allah, orang yang sering bersedekah tidak akan berkurang harta yang dimilikinya namun malah bertambah dan Allah lipat gandakan. Sedekah adalah memberikan dengan suka rela kepada orang lain yang membutuhkan, tanpa dibatasi waktu dan tempat.

Ternyata bagi siapa yang melakukan sedekah para malaikat akan turut memanjatkan doa dan memintakan kebaikan kepada Allah Swt untuk orang tersebut. Do’a dari malaikat adalah doa yang mustajab dan benar-benar diijabah dan mudah dikabulkan oleh Allah.

Ketika ada seseorang yang bersedekah di pagi hari, maka dia akan di doakan oleh malaikat utusan Allah, sebagaimana sabda Rasulullah Saw berikut:

مَا مِنْ يَوْمٍ يُصْبِحُ الْعِبَادُ فِيْهِ إِلاَّ مَلَكَانِ يَنْزِلاَنِ فَيَقُوْلُ أَحَدُهُمَا: اَللَّهُمَّ أَعْطِ مُنْفِقًا خَلَفًا. وَيَقُوْلُ اْلآخَرُ: اَللَّهُمَّ أَعْطِ مُمْسِكًا تَلَفًا.

“Ketika hamba berada disetiap pagi, ada dua malaikat yang turun dan berdo’a ‘Ya Allah berikanlah ganti pada yang gemar berinfak’ dan malaikat yang lain berdo’a ‘Ya Allah, berikanlah kebrangkutan bagi yang enggan bersedekah.’” (HR. Bukhari dan Muslim)

Dapat diketahui bahwa sesuatu yang kita berikan kepada orang lain dan ia membutuhkan, maka Allah yang akan menggantinya dengan cara yang tidak kita duga-duga. Karena Allah selalu merahasiakan kebahagiaan dan rasa usaha agar apa yang didapatkan lebih memuaskan. Itulah yang namanya hasil tidak akan pernah menghianati usaha.

Baca Juga:  Adab Bertetangga Menurut Imam Al-Ghazali

Dan sesuai dengan hadits diatas bahwa setiap doa yang dipanjatkan oleh malaikat akan mudah diijabah, berarti begitupun bagi orang yang tidak mau bersedekah, berhati-hatilah bukan nanti hartamu akan bertambah malah akan berkurang.

Pengganti itu lebih baik disamarkan agar mencakup pengganti dalam bentuk harta dan pahala, karena berapa banyak orang yang berinfak dan sedekah, dia wafat sebelum mendapatkan balasan berupa harta di dunia, maka penggantinya adala berupa pahala di akhirat atau dia dihalangi dari keburukan (Fathul Bari juz 3)

مَا طَلَعَتْ شَمْسٌ قَطُّ إِلاَّ بُعِثَ بِجَنْبَتَيْهَا مَلَكَانِ يُنَادِيَانِ، يُسْمِعَانِ أَهْلَ اْلأَرْضِ إِلاَّ الثَّقَلَيْنِ: يَا أَيُّهَا النَّاسُ هَلُمُّوْا إِلَى رَبِّكُمْ فَإِنَّ مَا قَلَّ وَكَفَى خَيْرٌ مِمَّا كَثُرَ وَأَلْهَى. وَلاَ آبَتْ شَمْسٌ قَطُّ إِلاَّ بُعِثَ بِجَنْبَتَيْهَا مَلَكَانِ يُنَادِيَانِ يُسْمِعَانِ أَهْلَ اْلأَرْضِ إِلاَّ الثَّقَلَيْنِ: اَللَّهُمَّ أَعْطِ مُنْفِقًا خَلَفًا وَأَعْطِ مُمْسِكًا تَلَفًا.

Baca Juga:  Umur Manusia Cuma 1,5 Jam Akhirat, Bukti Hidup di Dunia Hanya Sementara

“Tidaklah matahari terbit melainkan diutus di sua sisinya dua malaikat yang berseru, semua penduduk bumi mendengar kecuali manusia dan jin dua malaikat itu berkata ‘Wahai manusia menghadaplah kalian kepada rabb kalian, karena yang sedikit dan cukup itu tentu lebih baik daripada yang banayak tetapi digunakan untuk berfoya-foya. Dan tidaklah matahari terbenam melainkan diutus di antara dua sisinya dua malaikat yang berseru, semua penduduk bumi mendengarnya kecuali jin dan manusia, mereka berkata ‘Ya Allah berikanlah ganti bagi orang berinfal dan hancurkanlah (harta) orang yang kikir.’”

Dari hadits tersebut dapat kita pahami bahwa orang yang sedekah para malaikat akan memanjatkan doa kepada Allah SWT agar orang tersebut mendapat gantinya dan sebaliknya orang yang tidak mau sedekah akan di doakan hancur hartanya, bisa saja hancur dalam artian lain seperti hartanya bertumpuk tapi tidak berkah hidupnya tidak tenang, merasa gelisah setiap hari.

Allah Swt berfirman dalam surat Saba’: 39

وَمَا أَنْفَقْتُمْ مِنْ شَيْءٍ فَهُوَ يُخْلِفُهُ ۖ وَهُوَ خَيْرُ الرَّازِقِينَ

Baca Juga:  Pengertian Halal Bi Halal - Tradisi Lebaran Yang Hanya Ada di Indonesia

“…. dan barang apa saja yang kamu nafkahkan, maka Allah akan menggantinya dan Dia-lah pemberi rezki yang sebaik-baiknya” (QS. Saba’:39)

Dari firman Allah diatas tertulis bahwa apapun yang kamu keluarkan untuk di nafkahkan atau infakkan maka Allah akan menggantinya dengan lipatan pahala atau apapun yang Allah kehendaki. Dan hal itu tidaklah hal yang dapat diduga.

Disisi lain ketika kita bersedekah maka termasuk sebagian dari ketakwaan kepada Allah SWT. Pada dasarnya sedekah juga banyak bentuknya tidak hanya sedekah dengan harta, membantu tenaga untuk orang yang kesusahan bisa dikatakn sedekah. Mengajak siapapun untuk melakukan kebaikan juga sedekah. Wallahua’lam bisshawab.

Arif Rahman Hakim
Sarung Batik
Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG