Subhanallah! Ternyata Inilah Empat Nabi Yang Masih Hidup Hingga Kini

Nabi Yang Masih Hidup

Pecihitam.org – Selama ini telah sama-sama kita ketahui bahwa bahwa jumlah para utusan Allah Swt yang wajib kita ketahui adalah 25 Nabi yang telah di sebutkan dalam Al-Qur’an. Selain itu, Nabi Muhammad Saw merupakan nabi terakhir yang di utus oleh Allah Swt dan tidak ada lagi nabi setelahnya.

Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG

Tetapi menurut beberapa riwayat ada empat nabi terdahulu yang ternyata masih hidup sampai saat ini, mereka adalah Nabi Isa As, Nabi Khidzir As, Nabi Ilyas As, dan Nabi Idris As. Benarkah demikian? Berikut penjelasannya.

1. Nabi Isa As

Isa bin Maryam merupakan salah satu nabi yang termasuk sebagai ulul azmi. Ia di angkat menjadi seorang nabi pada tahun 29 M yang di utus Allah Swt untuk berdakwah kepada Bani Israil di Palestina. Kisah perjuangan Nabi Isa As juga di sebutkan dalah Al-Qur’an pada Surah Maryam.

Nabi Isa di yakini masih hidup sampai saat ini karena ketika ia di kejar oleh kaum kafir yang hendak menyalip dirinya, kemudian Allah Swt menyelamatkan Nabi Isa dari kejaran kaum kafir dan menggantikannya dengan seseorang yang memiliki wajah mirip seperti Nabi Isa yaitu, Yudas Iskariot.

Sedangkan Nabi Isa di angkat ke langit atas ridho Allah Swt dan kelak Al Masih ini akan di turunkan kembali ke bumi sebelum hari kiamat untuk meneruskan risalah Rasulullah Saw. Hal tersebut di sebutkan dalam firman Allah Swt pada Surat An-Nisa ayat 157:

Baca Juga:  Mengapa Fatwa Ulama Bisa Beda Meski Rujukannya Sama

وقولهم رسول الله وما قتلوه وما صلبوه ولكن شبه لهم وإن الذي اختلفوا فيه لفي شك منه مالهم به من علم إلا اتباع الظن وما قتلوه يقينا

“Dan karena ucapan mereka : ‘Sesungguhnya kami telah membunuh Al-Masih, Isa putra Maryam, Rasul Allah’. Padahal mereka tidak membunuhnya dan tidak(pula) tetapi (yang mereka bunuh ialah) orang yang di serupakan dengan Isa bagi mereka. sesungguhnya orang-orang yang berselisih paham tentang (pembunuhan) Isa, benar-benar dalam keragu-raguan tentang yang di bunuh itu. Mereka tidak mempunyai keyakinan tentang siapa yang di bunuh itu, kecuali mengikuti persangkaan belaka. Mereka tidak (pula) yakin bahwa yang mereka bunuh itu adalah Isa.” (QS. An-Nisa: 157)

Adapun mengenai keberadaan Nabi Isa saat ini tidak ada yang mengetahui selain Allah Swt. Para ulama meyebutkan bahwa Nabi Isa saat ini berada di langit dengan keadaan dirinya masih hidup dan dalam perlindungan Allah Swt.

2. Nabi Khidzir As

Nabi Khidzir As telah hidup sejak tahun 322 M dan beliau merupakan sosok yang mendampingi Nabi Musa. Di sebutkan bahwa Nabi Khidzir belum wafat dan masih hidup sampai dengan saat ini. Hal ini sebagaimana yang di jelaskan oleh Syaikh Abdul Rohman Ash-Shafuri dan Syaikh Muhammad bin Ahmad.

Mereka menyebutkan bahwa Nabi Khidzir di berikan umur panjang karena beliau mendapatkan tugas dari Allah Swt secara khusus untuk memberikan ajaran kepada para wali tentang ilmu hikmah dan kebijaksanaan. Oleh sebab itu, Nabi Khidzir di sebut sebagai gurunya para wali Allah Swt.

Baca Juga:  Melakukan Maksiat Setelah Bertobat, Apa Masih Dimaafkan?

Selain itu, Syaikh Muhammad bin Ahmad meriwayatkan sebagai berikut,

“ Bahwa Rasulullah Saw bersabda: ‘Ada seorang anak dari Sam bin Nuh As telah meminum air kehidupan, lalu ia dapat hidup lama’. maka pergilah Raja Zulkarnain bersama Nabi Khidzir untuk meminum air kehidupan. Namun yang berhasil meminumnya adalah Nabi Khidzir As, sedangkan Raja Zulkarnain tidak berhasil menemui air kehidupan tersebut.”

Adapun mengenai keberadaan Nabi Khidzir sampai saat ini masih belum di ketahui, dan hanya beberapa orang tertentu saja yang di izinkan Allah Swt dapat bertemu dengan Nabi Khidzir As.

3. Nabi Ilyas As

Allah Swt menganugerahi Nabi Ilyas dengan memiliki umur panjang dan kehidupan yang lama. Dalam sebuah kisah menceritakan bahwa ketika malaikat Izrail mendatangi Nabi Ilyas dan hendak mengambil ruhnya. Namun Nabi Ilyas menangis dan bersedih karena ia takut tidak dapat lagi berdzikir dan beribadah kepada Allah Swt setelah ruhnya di ambil.

Kemudian, Allah Swt memerintahkan malaikat penyabut nyawa untuk menunda mengambil ruhnya Nabi Ilyas dan memberikan waktu kepadanya untuk berdzikir seperti yang ia inginkan. Sehingga sampai saat ini Nabi Ilyas masih hidup dan senantiasa berdzikir kepada Allah Swt.

Baca Juga:  Pengaruh Kebudayaan Champa Terhadap Islam di Nusantara (Bagian 2/Habis)

4. Nabi Idris As

Menurut beberapa ulama, mengatakan bahwa Nabi Idris masih hidup sampai saat ini. Sebelumnya Nabi Idris memang pernah wafat, namun sebelum ruhnya di ambil oleh malaikat pencabut nyawa beliau meminta kepada Allah Swt agar menghidupkannya kembali lalu Allah Swt mengabulkannya.

Ayat yang menceritakan tentang Nabi Idris tersebut yaitu Surah Maryam ayat 56-57 sebagai berikut,

وذكرفي الكتاب إدريس إنه كان صديقا نبيا ورفعنا ه مكانا عليا

“Dan ceritakanlah (hai Muhammad kepada mereka, kisah) Idris tersebut di dalam Al-Qur’an. Sesungguhnya ia adalah seorang yang sangat membenarkan dan seorang Nabi. Dan Kami telah mengangkatnya ke martabat yang tinggi.” (QS. Maryam:56-57)

Demikianlah pembahasan tentang Nabi yang masih hidup sampai saat ini. Tidak ada hal yang mustahil bagi Allah dengan segala Kuasa-Nya. Wallahua’lam bisshawab.

Arif Rahman Hakim
Sarung Batik