Karomah Sunan Gunung Jati dari Ahli Bahasa Hingga Ahli Bedah Kedokteran

Karomah Sunan Gunung Jati

Pecihitam.org – Beliau kita kenal dengan Sunan Gunnnung Jati atau nama aslinya Syekh Syarif Hidayatullah salah satu dari 9 wali. Orang yang menjadi pilihan Allah untuk menyebarkan agama Islam, beliau telah mensyiarkan Islam di daerah Cirebon dan sekitarnya. Sebagai manusia pilihan Allah, Sunan Gunung jati diberi Karomah oleh Allah SWT.

Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG

Karomah juga bisa disebut dengan kelebihan para wali sebagai senjata dalam menyebarkan agama Islam. Bukan senjata dalam bentuk fisik seperti yang digunakan dalam medan perang, namun senjata dalam menyebarkan agama Islam.

Ribuan naskah kuno Cirebon banyak berisi tenang karomah dan kehebatan Sunan Gunung Jati, dan kemudian naskah kuno tersebut dikumpulkan serta berhasil diterjemahkan. Berikut adalah beberapa karomah Sunan Gunung Jati yaitu:

Pertama, ahli 99 bahasa. Karomah Sunan Gunung Jati yang pertama adalah sebagai ahli dalam bahasa, dimana meurut riwayat belaiu kuasai 99 bahasa daerah di Indonesia. Meskipun daerah tersebut berada dipelosok. Sang Sunan sangatlah menguasai bahasa-bahasa daerah. Kemampuan ini menjadikan beliau lebih mudah dalam menyebarkan agama Islam hingga kedaerah pelosok maupun terpencil sekalipun.

Baca Juga:  Ibn al-Atsir: Ulama Hadis Penulis Kitab Jami al-Ushul fi Ahadits al-Rasul

Kedua, Ahli dalam Ilmu Politik. Pada masa kejayaannya, Sunan Gunung Jati juga ahli dalam bidang politik. Dalam menyebarkan Islam dan mengembangkan Cirebon, dia dapat meruntuhkan kerajaan Induk besar seperti Padjajaran hingga mengusir Portugis di selat Sunda dibantu oleh kerajaan Demak. Karena ketika Selat Sunda dikuasai Portugis, kerajaan Islam akan melemah.

Ketiga, yaitu ahli dalam ilmu pendidikan. Selian berpolitik, Sunan Gunung Jati juga tauladan di bidang pendidikan. Melalui dakwah Islam, beliau menjadi pendidik hingga ke pelosok desa. Beliau melakukan Jelajah Desa Milangkori atau yang dikenal sekarang door to door.

Dalam penyebaran Islam dan pendidikan kepada masyarakat, satu bulan sekali murid-murid sunan Gunung Jati juga sering datang ke Cirebon setiap malam Jum’at. Hingga kini mereka rutin datang namun tidak lagi untuk mengikuti dan mendengarkan pengajian tapi untuk berziarah.

Hingga sekarang para peziarah datang dari berbagai pelosok di negeri ini, mereka datang karena ingin mengharap berkah sang Sunan, hingga jauh-jauh datang ke makam Sunan Gunung Jati di cirebon.

Baca Juga:  AGH Baharuddin HS; Mursyid Tariqah, Rais Syuriah NU Kota Makassar

Keempat, ahli strategi perang. Dalam mempertahankan Kesultanan Cirebon, Sunan Gunung Jati perlu yang namanya memperluas wilayah kekuasaannya. Beliau berhasil menaklukan kerajaan Rajagaluh, Kuningan, Talaga hingga menguasai Sunda Kelapa. Menurut sejarah bahwa kesultanan Cirebon memiliki daerah kekuasaan di seluruh Jawa barat dan sebagian Jawa tengah.

Kelima, ahli dalam ilmu kedokteran. Pada zaman wali ilmu pengobatan modern belum ada, namun Sunan Gunng Jati sudah menjadi seorang tabib atau dokter yang hebat. Samai pada suatu kisah dimana ada sepasang suami istri, sang suami mengira bahwa istrinya sedang hamil tapi si istri tidak percaya.

Kemudian mereka berdua datang menemui Sunan Gunung Jati. Alhasil setelah dideteksi bahwa si istri bukan hamil namun perutnya terdapat penyakit tumor, kemudian Sunan Gunung Jati mengoprasi si ibu tersebut tanpa bedah. Ternyata selain bisa menggunakan ilmu pengobatan, sunan gunung jati juga bisa mendeteksi penyakit yang diderita orang yang berobat kepadanya.

Baca Juga:  Beginilah Dendam Firanda Kepada Ulama Aswaja Syaikh Al Bouti

Itulah beberapa karomah yang diberikan kepada sunan Gunung Jati oleh Allah SWT. Dimana keistimewaan yang dimilikinya begitu luar biasa, menjadikan penyebaran Islam di Tanah Jawa lebih mudah dengan karomah yang dimiliki.

Setiap apa yang beliau kerjakan semata-mata karena syiar agama Islam begitupun yang dilakukan oleh wali-wali yang lain. Mereka diberi karomah agar menjadi senjata saat mensyiarkan agama Islam. Dan Islampun menyebar di penjuru Nusantara.

Arif Rahman Hakim
Sarung Batik