Dua Keistimewaan Hari Senin dan Kamis yang Jarang Diketahui

keistimewaan hari senin dan kamis

Pecihitam.org – Selain hari Jumat yang disebut sebagai sayyidul ayyam, ternyata ada lagi dua hari yang juga sangat istimewa dalam Islam. Hari Senin dan Kamis sering disebut sebagai hari yang spesial dan punya banyak keistimewaan, bahkan Rasulullah Saw sering melakukan amalan tertentu pada dua hari ini.

Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG

Salah satunya amalan yang dilakukan Nabi Muhammad Saw yaitu puasa sunnah Senin-Kamis. Puasa sunnah ini juga dianjurkan untuk di amalkan kaum Muslimin. Amalan ini juga sekaligus menjadi bukti bahwa dua hari tersebut memang begitu istimewa.

Namun, tahukah kamu? jika keistimewaan hari Senin dan Kamis ternyata tidak hanya sebatas itu. Ada rahasia besar dibalik dua hari tersebut yang jarang diketahui. Sayangnya keistimewaan ini sering terlewatkan akibat lalai dan sibuknya kita dalam urusan yang lain. Lantas apa saja keistimewaannya? Simak ulasan berikut!

Keistimewaan hari Senin dan Kamis ternyata pada dua hari ini terjadi pemeriksaan dan pelaporan amal manusia. Seperti diketahui bahwa setiap gerak gerik dan amal perbuatan manusia selalu diawasi oleh malaikat pencatat amal.

Baca Juga:  Belum Khitan? Ternyata Ini Lho Hukum Khitan bagi Laki-Laki

Sebelah kanan ada malaikat Raqib yang siap mencatat amal kebaikan kita. Namun disebelah kiri juga ada Malaikat Atit yang selalu siap mencatat amal keburukan yang kita lakukan. Kemudian catatan setiap amal manusia tersebut akan diperiksa pada hari senin dan kamis. Sebagaimana hadist yang disampaikan Rasulullah SAW.

“Amal manusia diperiksa setiap hari senin dan kamis. Maka, aku suka jika amal-amalku diperiksa ketika aku sedang berpuasa” (HR Tirmidzi).

Pada dua hari ini malaikat akan merekap semua amal dan akan disampaikan kepada Allah Swt. Jika pemeriksaan dan pelaporan itu terjadi saat manusia sedang berpuasa sunnah, maka hal itu diharapkan dapat menambah amal kebaikan dan mengurangi dosa.

“Sesungguhnya amal-amal manusia diperiksa di hadapan Allah dalam setiap pekan (Jumu’ah) dua kali, yaitu pada hari Senin dan Kamis. Maka semua hamba yang beriman terampuni dosanya, kecuali seorang hamba yang di antara dia dan saudaranya terjadi permusuhan…” (HR. Muslim).

Selain itu, keistimewaan lain dari hari Senin dan Kamis yaitu terbukanya pintu Surga. Mungkin, yang sering kita ketahui bahwa pintu surga terbuka sekali dalam satu tahun yakni pada bulan Ramadhan.

Baca Juga:  Bukan Cuma Bukhari dan Muslim, Ini Macam Macam Kitab Hadis yang Harus Kamu Ketahui

Namun diluar waktu itu, ternyata dalam sepekan pun Allah akan membuka pintu surga-Nya, yakni pada hari Senin dan Kamis. Itu sebabnya pada dua hari ini kita dianjurkan memperbanyak memohon ampun kepada Allah. Karena sesungguhnya Allah tengah membuka pintu ampunannya pada dua hari tersebut.

Namun hal ini tidak berlaku bagi mereka yang sedang bertengkar. Maka Allah akan menangguhkan ampunan hingga mereka berdamai. Itulah hikmah dari larangan sesama muslim tidak dibolehkan tidak saling sapa lebih dari tiga hari.

“Pintu-pintu Surga dibuka pada hari Senin dan Kamis. Maka semua hamba yang tidak menyekutukan Allah dengan sesuatu apapun akan diampuni dosa-dosanya, kecuali seseorang yang antara dia dan saudaranya terjadi permusuhan. [1] Lalu dikatakan, ‘Tundalah [2] pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai, tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai, tundalah pengam-punan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai.” (Shahih Muslim)

Selain dua hal diatas, masih banyak lagi keistimewaan lain dari dua hari tersebut. Terkhusus hari Senin, yang jelas banyak diketahu Nabi Muhammad SAW lahir pada hari ini, yakni Senin, 12 Rabiul Awwal.

Baca Juga:  Begini Makna yang Terdapat dalam Istilah Ramadhan Kareem dan Dasar Penyebutannya

Bukan hanya hari lahir, Nabi Muhammad juga wafat pada hari yang sama, yakni Senin bulan Rabiul Awal tahun 12 Hijriah. Dan pasti bukan sebuah kebetulan jika Allah memilih hari senin sebagai hari lahir dan wafatnya manusia paling mulia tersebut.

Lukman Hakim Hidayat