Keutamaan Jalan Kaki ke Masjid, Setiap Satu Langkah Menghapus Satu Dosa

keutamaan jalan ke masjid

Pecihitam.org – Untuk meraih pahala sebanyak-banyaknya bisa berbagai cara yang dapat dilakukan. Salah satu yang jarang terpikir adalah jalan kaki ke masjid untuk melaksanakan shalat yang ternyata punya banyak keutamaan.

Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG

Dalam sebuah riwayat Rasulullah SAW pernah melarang sahabatnya yang akan pindah rumah dengan alasan agar rumahnya lebih dekat dengan masjid. Nabi mengatakan sebaiknya tetaplah tinggal di rumah yang lama sebab semakin jauh masjid yang mereka tempuh, maka pahala yang akan didapat adalah sebanyak langkah kaki yang mereka lakukan hingga ke masjid.

Selain itu, ternyata masih banyak keutamaan lain yang bisa diraih kaum muslimin yang jalan kaki ke masjid. Apa sajakah itu? Berikut ulasannya

1. Setiap Satu Langkah Menghapus Satu Dosa

Jalan kaki ke masjid ini ternyata memiliki keutamaan lain sebagai sarana menghapus dosa. Setiap satu langkahnya, Allah menjanjikan penghapusan satu dosa yang pernah dilakukan dan juga akan mengangkat derajad mereka yang berjalan kaki ke masjid. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW yang artinya,

Baca Juga:  Berbuat Baik kepada yang Sudah Meninggal, Bagaimanakah Caranya?

“Barangsiapa bersuci di rumahnya lalu pergi ke masjid untuk menunaikan solat yang telah Allah wajibkan kepadanya, maka setiap langkahnya menghapus satu dosa dan langkah yang satunya mengangkat satu tingkat derajatnya.” (HR.Muslim)

2. Dilipatgandakan Pahala

Keutamaan lainnya yang akan didapatkan dengan jalan kaki ke masjid adalah Allah SWT melipatgandakan pahala untuknya. Abu Musa ra. berkata bahwa Rasulullah Saw bersabda:

“Sesungguhnya orang yang paling besar pahalanya di dalam shalat adalah yang paling jauh berjalan menujunya. Maka orang yang paling jauh dan ‘orang yang menunggu shalat sampai ia melaksanakannya bersama imam’ lebih besar pahalanya daripada orang yang shalat kemudian tidur” (HR. Bukhari dan Muslim )

3. Mendapat Cahaya di Hari Kiamat

Kemudian keutamaan yang akan didapat jika rajin berjalan ke masjid untuk shalat berjamaah adalah mendapat cahaya pada hari kiamat kelak. Apalagi waktu saat shalat isya dan subuh. Sebagaimana penjelasan hadits riwayat Abu Dawud dan Tirmidzi yang artinya:

Baca Juga:  Tanda tanda Hari Kiamat Menurut Hadratussyaikh KH Hasyim Asyari

“Berilah kabar gembira kepada orang-orang yang ‘berjalan’ di dalam kegelapan malam menuju masjid dengan cahaya yang akan diperolehnya pada hari kiamat.” (Shahih HR. Abu Daud dan Tirmidzi).

4. Dibangunkan Rumah di Surga

Keutamaan lainnya yang juga diperoleh dari amalan sederhana ini ialah janji Allah akan membangunkan sebuah rumah di surga. Rasulullah SAW bersabda yang artinya :

“Barangsiapa yang berjalan menuju ke masjid (untuk sholat) dan pulang setelahnya maka Allah akan menyediakan sebuah rumah di surga untuknya, baik ketika pergi maupun pulang.” (Shahih HR. Ahmad).

5. Ditinggikan Derajadnya

Sekali-kali perhatikanlah orang-orang yang rajin datang ke masjid untuk shalat dengan berjalan kaki. Umumnya orang-orang ini selalu menjadi bagian penting dalam suatu sistem tatanan masyarakat. Entah itu sebagai Imam masjid, pengurus dan lain sebagainya.

Dari Abu Hurairah ra berkata, bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda yang artinya:

“Maukah aku tunjukkan kepada kalian sesuatu yang dengannya Allah menghapus dosa-dosa dan mengangkat derajat?” Para sahabat berkata, “Tentu, wahai Rasulullah”, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Menyempurnakan wudhu pada saat-saat yang tidak disukai (seperti disaat dingin), banyak melangkahkan kakinya menuju ke masjid, dan menunggu shalat setelah shalat, itulah yang namanya ribath (mencurahkan diri dalam ketaatan)”.(HR. Muslim)

Itulah beberapa keutamaan seorang muslim yang senantiasa berjalan kaki ke masjid. Semoga kita termasuk orang-orang yang memuliakan rumah Allah tersebut. Wallahua’lam bisshawab.

Baca Juga:  Gagal Berangkat Haji, Bisa Lakukan Hal Ini untuk Mendapat Pahala yang Sama
Arif Rahman Hakim
Sarung Batik