Keutamaan Membaca La Haula Wala Quwwata Illa Billahil Aliyil Adzim

Keutamaan Membaca La Haula Wala Quwwata Illa Billahil Aliyil Adzim

Pecihitam.org – Berdzikir dan Membaca Al Qur’an tentu memiliki keistimewaan tersendiri. Termasuk adanya keutamaan ketika kita membaca kalimat La Haula Wala Quwwata Illa Billahil Aliyil Adzim.

Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG

Umat Islam pastinya sudah sering mendengar atau bahkan membaca lafal La Haula Wala Quwwata Illa Billahil Aliyil Adzim yang biasa disebut sebagai Lafal hauqalah, baik sebagai lafal wirid ketika selesai shalat, maupun di waktu-waktu lain di luar shalat.

Umat Islam memang sangat dianjurkan untuk sering mengucap lafal ini karena ia merupakan sebuah bentuk pengakuan atas keterbatasan yang dimiliki oleh manusia atas kuasa Allah SWT.

Berikut ini adalah lafal hauqalah dan terjemahannya.

لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللهِ العَلِيِّ العَظِيْمِ

Artinya, “Tiada daya dan upaya kecuali dengan kekuatan Allah yang maha tinggi lagi maha agung.”

Baca Juga:  Subhanal Malikil Quddus, Ini Teks Arab dan Latin dari Rangkaian Dzikir Setelah Shalat Witir Ini

Syekh Nawawi Banten menyebutkan sejumlah keutamaan membaca lafal La Haula Wala Quwwata Illa Billahil Aliyil Adzim. Beliau menukil hadits dari riwayat Ibnu Abid Dunya, yang dicantumkan di dalam kitabnya Kasyifatus Saja halaman 5, adalah sebagai berikut:

ومن خواصها ما في فوائد الشرجي قال ابن أبي الدنيا بسنده إلى النبي صلى الله عليه وسلم أنه قال من قال كل يوم لا حول ولا قوة إلا بالله العلي العظيم مئة مرة لم يصبه فقر أبدا اهـ

Artinya, “Salah satu keutamaan lafal hauqalah ini adalah apa yang disebutkan di dalam Fawaidus Syarji, yaitu hadits riwayat Ibnu Abid Dunya dengan sanad tersambung hingga Rasulullah SAW bahwa ia bersabda, ‘Siapa saja yang membaca La Haula Wala Quwwata Illa Billahil Aliyil Adzim setiap hari sebanyak 100 kali, maka ia selamanya takkan tertimpa kefakiran,’”

Baca Juga:  Doa Masuk Rumah dan Keluar Rumah Agar Mendapat Perlindungan

Beliau juga menukil hadits yang menjelaskan keutamaan membaca La Haula Wala Quwwata Illa Billahil Aliyil Adzim. Menurutnya, hauqalah merupakan kalimat yang sangat bagus untuk dibaca saat seseorang sedang dirundung masalah, kesulitan dan kebuntuan.

وروي في الخبر أيضا إذا نزل بالإنسان مهم وتلا لا حول ولا قوة إلا بالله العلي العظيم ثلا ثمائة فرج الله عنه أي أقلها ذلك ذكره شيخنا يوسف في حاشيته على المعراج

Artinya, “Diriwayatkan di dalam hadits lain juga bahwa jika ada rasa bimbang di dalam hati seseorang kemudia ia membaca La Haula Wala Quwwata Illa Billahil Aliyil Adzim sebanyak 300 kali, niscaya Allah akan memberikan solusi baginya, maksudnya Allah mengurangi beban kesulitannya. Hal tersebut dijelaskan oleh guru kami, Syekh Yusuf dalam Hasyiyah Mi’raj-nya,” (Lihat Syekh M Nawawi Banten, Kasyifatus Saja, [Indonesia, Daru Ihyail Kutubil Arabiyyah], halaman 5).

Baca Juga:  Doa Minta Agar Berhenti Hujan dan Terhindar dari Banjir

Lafal hauqalah ini termasuk bacaan yang sangat bagus atau sebagai kalimatut thayyibah yang sudah seharusnya rutin dibaca. Dengan rutin membaca lafal ini, kita berharap semoga Allah memberikan solusi atas masalah yang sedang kita hadapi.

Wallahu a‘lam.

M Resky S

Leave a Reply

Your email address will not be published.