Keutamaan Mengucapkan Amin Setelah Imam Shalat Membaca Al Fatihah

Keutamaan Mengucapkan Amin

Pecihitam.org – Sebagai umat Islam, kita dianjurkan untuk shalat 5 waktu secara berjamaah, yang mana memiliki banyak sekali keutamaan. Salah satu keutamaannya yaitu pahala yang diberikan hingga 27 derajat.

Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG

Shalat berjamaah dipimpin oleh seorang imam yang setiap bacaan dan gerakannya diikuti oleh para makmum dibelakangnya. Pada saat shalat subuh, Magrib dan Isya imam membacakan surat Alfatihah dengan mengeraskan suara.

Di akhir bacaan kalimat dari surat al Fatihah tersebut, para makmum akan menyambutnya dengan kata ‘Aamiin’. Selanjutnya Imam akan melanjutkan lagi dengan bacaan surat pendek.

Mungkin beberapa dari kita pernah malas-malasan ketika mengucapkan kata aamiin ini. Atau mungkin malah sengaja mengucapkan dengan lirih sehingga suara tidak terdengar. Padahal mengucapkan Amin di akhir bacaan surat Al Fatihah mempunyai banyak keutamaan. Apa saja keutamannya? Berikut simak ulasan singkat berikut.

Adapun mengucapkan lafadz amiin ketika selesai membaca Al Fatihah hukumnya adalah sunnah. Sebagaimana Mustafa al-Khin dan Mustafa al-Bugha dalam Fiqh Manhaji ala Madzhabi Imam as-Syafii menjelaskan bahwa hukum ta’min (mengucapkan amin) setelah membaca Al-Fatihah adalah sunnah untuk setiap orang yang melakukan shalat

Baca Juga:  Kejutan Terburuk Allah yang Diberikan kepada Kita Hamba-Nya

Ternyata tidak hanya dalam shalat, umat Islam juga di sunnahkan untuk mengucapkan amiin usai membaca Al Fatihah di luar shalat.

Imam Ibnu Katsir berkata, “Disunnahkan bagi yang membaca surat Al Fatihah untuk mengucapakan aamiin setelah membacanya. Ulama Syafi’iyah dan ulama lainnya menyatakan bahwa dianjurkan mengucapkan aamiin bagi orang yang membaca Al Fatihah di luar shalat, terlebih lagi jika di dalam shalat, baik ia shalat sendiri (munfarid), sebagai imam, maupun sebagai makmum, begitu pula di keadaan lainnya.” (Tafsir Ibnu Katsir, 1: 144-145)

Ucapan amin termasuk sebuah doa yang bermakna “kabulkan doa kami Yaa Allah.” Ternyata dengan mengucapkan kalimat Amin ini manusia memperoleh banyak keutamaan. Pasalnya bukan hanya imam dan makmum saja yang mengucapkan, namun para malaikat juga iku mengucapkan lafadz amin ini.

Baca Juga:  9 Etika Dalam Pembacaan Maulid Nabi Muhammad saw

Beberapa dalil menunjukan bahwa malaikat turut serta mengucapkan amin usai imam membaca surat al Fatihah yang menjadi surat pembuka dalam Alquran ini. Di antara dalil yang menunjukkan hal tersebut antara lain sebuah hadis riwayat Imam Bukhari dan Muslim dari Abu Hurairah ra berikut:

إذا أمن الإمام فأمنوا. فإن من وافق تأمينه تأمين الملائكة غفر له ما تقدم من ذنبه

“Jika imam mengucapkan amin, maka ucapkanlah (makmum) amin. Karena sesungguhnya jika ucapan amin makmum yang sesuai dengan ucapan amin malaikat, maka akan diampuni dosa yang telah lalu.”

Imam al-Bukhari juga meriwayatkan dari ‘Atha’ bahwa kata amin merupakan sebuah doa. Jika kemudian malaikat juga mengucapkan amin, itu artinya mereka memohon kepada Allah agar mengabulkan doa manusia.

Baca Juga:  Muslim Harus Tahu! Inilah 5 Adab Bertamu dalam Islam

Dari sini kita tahu bahwa sesungguhnya, Allah SWT memberikan kemudahan bagi manusia untuk meraih pahala-Nya menuju surga. Namun sayangnya manusia sering lalai dan mengabaikan perintah Tuhan-nya.

Padahal sebagai orang yang beriman kita semua percaya bahwa hidup tidak hanya di dunia saja, melainkan juga di akhirat yang kelak menjadi hari pembalasan bagi semua amal yang kita lakukan. Semoga kita termasuk orang-orang yang selalu mendapat Rahmat-Nya. Amiin

Arif Rahman Hakim
Sarung Batik