Keutamaan Puasa Senin Kamis dan Manfaatnya Bagi Kita

Keutamaan Puasa Senin Kamis dan Manfaatnya Bagi Kita

PeciHitam.org – Disamping karena keutamaan puasa senin kamis, Rasulullah sangat menganjurkan untuk melaksanakan dan mengamalkan puasa senin kamis guna menambah kekurangan yang terdapat pada puasa wajib.

Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG

Dari Aisyah ra., ia berkata:

كَانَ رَسُوْلَ اللهِ صَلّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَتَحَرَّي صَوْمَ اْلِاثْنَيْنِ وَالْخَمِيْسِ

Artinya: “Adalah Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam memperbanyak puasa pada hari Senin dan Kamis.” (HR. Al-Tirmidzi, Al-Nasi dan Ibnu Majah. Hadits ini dishahihkan Al-Albani)

Tata cara pelaksanaan puasa sunnah senin dan kamis sama dengan pelaksanaan puasa pada umumnya, yaitu dimulai dari terbitnya fajar hingga terbenamnya matahari pada hari senin dan juga hari kamis. Untuk niatnya, cukup dilakukan dengan berkata dalam hati bahwa berniat menjalankan puasa sunnah senin dan kamis karena Allah.

Niat puasa sunnah senin dan kamis adalah:

نويت صوم يوم الاثنين سنة لله تعالى

Artinya: “Aku berniat puasa hari Senin, sunnah karena Allah ta’ala.”

Baca Juga:  Benarkah Mengeringnya Sungai Eufrat Salah Satu Tanda Hari Kiamat?

نويت صوم يوم الخميس سنة لله تعالى

Artinya: “Aku berniat puasa hari Kamis, sunnah karena Allah ta’ala.”

Berikut ini beberapa keutamaan puasa senin kamis yang harus diketahui:

  • Senin dan kamis adalah hari dimana pintu-pintu surga dibuka, sehingga dosa-dosa yang telah dilakukan oleh umat muslim seperti dosa yang tidak terampuni oleh Allah SWT akan mendapatkan pengampunan, kecuali bagi mereka yang sedang bermusuhan.
  • Senin dan kamis merupakan hari dimana amalan-amalan manusia akan diangkat dan diperiksa di hadapan Allah SWT.
  • Hari kamis merupakan hari dimana kebanyakan perjalanan (safar) Rasulullah SAW dilakukan.
  • Hari Senin merupakan hari dimana Rasulullah SAW dilahirkan dan menerima wahyu-wahyu dari Allah SWT.

Selain keutamaan puasa senin kamis ada berbagai manfaat yang bisa kita dapatkan dari puasa senin kamis diantaranya:

  • Dapat menjadi perisai bagi kejiwaan seseorang

Menjalankan puasa, baik itu puasa wajib maupun puasa-puasa sunnah seperti puasa senin dan kamis dapat memberikan pengaruh yang besar bagi kondisi kejiwaan seseorang karena berpuasa juga dapat membantu dalam melatih kesabaran, melatih menguasai diri, melatih diri dalam meredam hawa nafsu, serta dapat meningkatkan kemauan untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan yang dapat meningkatkan kualitas ketaqwaannya kepada Allah SWT

  • Melatih diri untuk berdisiplin
Baca Juga:  Al-Quran Berbahasa Arab, Mengapa dan Apa Hikmah Dibaliknya?

Dengan berpuasa, maka seseorang akan dilatih untuk selalu berdisiplin dalam berbagai hal, karena ia merasa Allah SWT selalu melihat dan mengawasi setiap perbuatan yang kita lakukan.

  • Dapat terhindar dari godaan syaitan

Berpuasa memberikan gambaran bahwa dengan melakukan ibadah tersebut jalan syaitan untuk mempengaruhi jiwa dan tubuh manusia akan terhambat. Dengan begitu akan dapat meminimalkan pengaruh-pengaruh syaitan pada manusia seperti berbuat kemaksiatan atau melakukan hal-hal yang dilarang oleh Allah SWT.

  • Dapat meningkatkan amalan

Dengan berpuasa, kita akan lebih terdorong untuk meningkatkan ibadah maupun amalan-amalan baik lain yang nantinya akan mendatangkan pahala dari Allah SWT.

  • Melembutkan hati dan meningkatkan rasa syukur

Dengan berpuasa, rasa simpatik kita terhadap orang lain akan semakin meningkat, terutama bagi mereka yang memiliki keberuntungan yang tidak seperti kita.

  • Berpengaruh besar pada kesehatan tubuh
Baca Juga:  Inilah Tujuh Kisah Ajaib dalam Al Quran di Luar Nalar Manusia

Ditinjau dari segi kesehatan bahwa puasa baik bagi kesehatan seseorang. Puasa dapat membersihkan tubuh serta sebagai penyembuhan bagi berbagai penyakit. Saat berpuasa, sistem pencernakan kita dapat beristirahat sehingga sistem tubuh yang lainnya dapat bekerja lebih baik.

Demikian keutamaan puasa senin kamis beserta manfaatnya, semoga dapat menambah pengetahuan bagi kita yang hendak melaksanakanya dan kita lebih bersemangat dalam berpuasa.

Mochamad Ari Irawan

Leave a Reply

Your email address will not be published.