Inilah 6 Keutamaan Shalat Shubuh Berjamaah

Inilah 6 Keutamaan Shalat Shubuh Berjamaah

Pecihitam.org – Shalat Shubuh merupakan salah satu shalat yang bagi banyak amat berat tuk dikerjakan secara berjamaah. Selain karena pelaksanaanya di pagi hari yang dingin, alasan lainnya karena tidak mengetahui pahala dan keutamaan yang Allah berikan kepada orang yang shalat Shubuh berjamaah.

Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG

Andai keutamaan dari shalat shubuh berjamaah bisa terlihat kasat mata, tentu semua kaum mulimin akan berbondong-bondong untuk melaksanakan Shalat Shubuh berjamaah walaupun harus pergi dengan merangkak.

Nah, biar tidak malas dan bisa menambah semangat untum melakukan Shalat Shubuh, maka pada tulisan kali ini, kami akan sajikan enam Keutamaan Shalat Shubuh berjamaah.

1). Mendapatkan Pahala Shalat Malam Sepenuh Waktunya
Shalat disepertiga malam pahalanya sangat besar sekali dan bahkan do’a-do’a yang dihaturkan cepat dikabulkan. Namun disamping banyak pahalanya, banyak juga rintangannya. Sebab pada waktu itu pula kita lagi enak-enaknya tidur.

Kendati demikian, meskipun tidak bisa melaksanakan shalat malam, kita masih bisa mendapatkan pahala yang sama seperti shalat tengah malam, yakni dengan sholat Shubuh berjamaah.

Dalam hadits Rasulullah shallallahu alaihi wasallam disebutkan:

مَن صلى العشاء في جماعة، فكأنما قام نصف الليل، ومن صلى الصبح في جماعة، فكأنما صلَّى الليلَ كلَّه

“Barang siapa yang melakukan shalat Isya berjamaah, maka dia sama seperti orang yang melakukan shalat setengah malam. Barang siapa yang melakukan shalat Subuh berjamaah, maka dia sama seperti orang yang melakukan shalat malam sepanjang waktu malam itu.” (HR. Muslim)

Baca Juga:  Sunnah-Sunnah dalam Shalat Menurut Kitab Fathul Mu'in

2). Mendapatkan berkah dari Allah Ta’ala
Shalat Subuh yang dikerjakan secara berjamaah akan mendapatkan berkah dari Allah Ta’ala. Sebab, Rasulullah shallallahu alaihiwasallam telah mendoakannya, “Ya Allah, berkahilah umatku pada waktu paginya”. (HR. Abu Dawud, Tirmidzi, dan Ibn Majah)

3). Mendapatkan Keselamatan dari Siksa Neraka
Semua manua yang hidup di muka bumi ini pasti tidak ingin dirinya tersiksa di Neraka. Nah, agar terhindar dari api neraka, maka istiqomahlah Sholat berjamaah.

Nabi Muhammad SAW bersabda

عن عُمارة بن رويبة رضي الله عنه قال: سمعت رسول الله صلى الله عليه وسلم يقول: (لن يلج النارَ أحدٌ صلى قبل طلوع الشمس وقبل غروبها) رواه مسلم

Dari Umarah Radhiallahu ‘anhu berkata, “Aku mendengar Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda, ‘Tidak akan masuk Neraka seorang yang shalat sebelum terbitnya matahari (Subuh) dan terbenamnya matahari (Ashar).” (HR. Muslim)

4). Mendapatkan Cahaya yang Sempurna pada Hari Kiamat
Ketika kita hendak melaksanakan Sholat Shubuh berjamaah, terkadang ketika kita ingin bangun merasa malas karena gelap.

Namun perlu kita ketahui bersama bahwa gelapnya kita waktu ingin bangun hendak sholat itu, akan tergantiakan dengan cahaya yang terang benderang di Hari Kiamat nanti.

Hal ini disebutkan dalam hadits

عن بريدة الأسلمي رضي الله عنه عن النبي – صلى الله عليه وسلم قال :بشِّرِ المشَّائين في الظُّلَم إلى المساجد بالنور التام يوم القيامة

Baca Juga:  Doa Diantara Dua Sujud Menurut Pandangan Ulama Madzhab Syafii

Dari Buraidah al-Aslami radhiyallahu anhu dari Nabi shallallahu alaihi wasallam bersabda: “Sampaikanlah berita gembira kepada orang-orang yang berjalan pada saat gelap menuju masjid, dengan cahaya yang sempurna pada hari Kiamat.” (HR. Abu Dawud dan Tirmidzi)

5). Berada dalam Jaminan Allah Ta’ala
Dalam hadits yang diriwayatkan oleh Imam Muslim dijelaskan orang yang melaksanakan Sholat Shubuh berjamaah akan mendapatkan jaminan dari Allah swt.

Artinya yang melaksanakan tersebut akan mendapatkan perlindungan dari Allah swt. Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda:

مَن صلَّى الصبح، فهو في ذمة الله، فلا يَطلُبَنَّكم الله من ذمَّته بشيء؛ فإن من يطلُبهُ من ذمته بشيء يدركه، ثم يَكُبه على وجهه في نار جهنم

“Barang siapa yang melaksanakan shalat Subuh maka dia berada dalam jaminan Allah. Maka jangan sampai Allah menuntut kalian sesuatu apa pun pada jaminan-Nya. Karena barangsiapa yang Dia tuntut pada jaminan-Nya, pasti Dia akan mendapatkannya. Kemudian dia akan ditelungkupkan pada wajahnya di dalam Neraka.” (HR. Muslim)

6). Jamaah shalat Subuh Dipersaksikan oleh Malaikat
Terlepas dari malaikat yang memiliki tugas mencatat amalan kita setiap hari, ada dua malaikat lain yang memiliki tugas untuk melihat kita ketika di waktu shubuh dan Ashar. Ketika malaikat tersebut melihat kita, ia akan melaporkan langsung kepada Allah swt tentang apa yang kita kerjakan di waktu tersebut.

Baca Juga:  Perhatikan! Inilah Syarat dan Tata Cara Sujud yang Benar

Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda:

يتعاقبون فيكم ملائكةٌ بالليل وملائكةٌ بالنهار، ويجتمعون ف ي صلاة الفجر وصلاة العصر، ثم يعرُجُ الذين باتوا فيكم، فيسألهم ربُّهم – وهو أعلم بهم: كيف تركتم عبادي؟ فيقولون: تركناهم وهم يصلُّون، وأتيناهم وهم يصلون

“Malaikat bergantian melihat kalian pada siang dan malam. Para malaikat itu bertemu di shalat Subuh dan shalat Ashar. Kemudian yang bermalam dengan kalian naik (ke langit) dan ditanya oleh Rabb mereka, dan Dia lebih tahu keadaan hamba-hambanya, Bagaimana kondisi hamba-hambaku ketika kalian tinggalkan?’ Para malaikat menjawab, ‘Kami meninggalkan mereka dalam keadaan shalat, dan kami mendatangi mereka dalam keadaan shalat.” (HR. Bukhari-Muslim)

Demikian uraian kami tentang keutamaan melaksanakan shalat Shubuh berjamaah. Semoga bermanfaat. Wallahu a’lam bisshawab!

Faisol Abdurrahman