Keutamaan Shalat Tahiyatul Masjid Yang Patut Diketahui

Keutamaan Shalat Tahiyatul Masjid Yang Patut Diketahui

PeciHitam.org – Masjid adalah tempat yang suci bagi orang islam, dengan demikian sebagai bentuk pernghargaan terhadap masjid, dalam islam terdapat sholat Tahiyatul Masjid. Tidak hanya itu, terdapat pula 8 keutamaan shalat Tahiyatul Masjid yang perlu kalian ketahui juga untuk sebuah motivasi agar lebih semangat menunaikannya.

Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG

Shalat Ini sangat dianjurkan, terlebih ketika seseorang memasuki masjid dan bermaksud untuk duduk di dalamnya, yang mana ini merupakan pendapat dari Imam Syafi’i dan Imam Ahmad serta diperkuat oleh Ibnu Baz, Ibnu Taimiyah dan Ibnu Al-Utsaimin.

Maka sangat dianjurkan untuk melakukan shalat sunnat tahiyatul masjid terlebih dahulu ketika memasuki masjid dan sebelum melakukan shalat berjamaah yang mana hal tersebut sesuai hadits Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Abu Qatadah ra, yang artinya:

“Jika salah seorang dari kalian masuk masjid maka hendaklah dia shalat dua rekaat sebelum dia duduk.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Karenanya, berikut beberapa keutamaan shalat Tahiyatul Masjid yaitu:

  • Memulyakan Masjid.

Maksudnya masjid merupakan rumah Allah SWT maka sepantasnya orang yang datang ke rumah Allah SWT untuk memulyakannya yaitu salah satu bentuk memulyakan masjid ialah dengan melakukan shalat tahiyatul masjid ketika memasukinya.

  • Sebagai penutup kekurangan shalat wajib.
Baca Juga:  Hukum Memakai Peci atau Penutup Kepala Dalam Syariat Islam

Rasulullah SAW bersabda ayang artinya:

“Sesungguhnya amalan yang pertama kali dihisab pada manusia di hari kiamat nanti ialah shalat, Allah ‘azza wa jalla berkata kepada malaikat-Nya dan Dia-lah yang lebih tahu, ‘Lihatlah pada shalat hamba-Ku, apakah shalatnya sempurna ataukah tidak? jika shalatnya sempurna maka akan dicatat baginya pahala yang sempurna, namun jika dalam shalatnya ada sedikit kekurangan maka Allah berfirman, lihatlah apakah hamba-Ku memiliki amalan Sunnah, jika hamba-Ku memiliki amalan sunnah, Allah berfirman, sempurnakanlah kekurangan yang ada pada amalan wajib dengan amalan sunnahnya,’ kemudian amalan lainnya akan diperlakukan seperti ini.” (HR. Abu Daud, Ibnu Majah dan Ahmad)

  • Sebagai penghapus dosa dan derajatnya ditinggikan.

Kita tahu bahwa memperbanyak sujud bisa dilakukan dengan cara melakukan shalat sunnah dan salah satunya ialah shalat tahiyatul masjid.

  • Cermin ketaatan dan ketakwaan pada Allah SWT.
Baca Juga:  Problematika Penggunaan Cadar, Ini Pandangan Ahli Tafsir dan Hadis

Dengan melaksanakan shalat tahiyatul masjid dengan ketetapan hati dan bersungguh-sungguh hanya karena Allah SWT semata maka hal tersebut merupakan cerminan orang yang bertakwa.

  • Dapat menyelesaikan segala urusan.

Maksud dari menyelesaikan segala urusan ialah dapat menyelesakan permasalahan yang membuat seseorang muslim merasa bingung dan resah dalam persoalan hidup maka dengan melakukan shalat tahiyatul masjid dan menyerahkan segala urusan kepada Allah SWT maka hidupnya akan dicukupkan dan diberi jalan keluar atas permasalahan atau ujian yang dialami.

  • Penyempurna shalat fardhu.

Maksud sebagai penyempurna ialah jika dalam melakukan shalat fardhu ada kekurangan atau kurang sempurna semisal lupa dan sebagainya maka dapat disempurnakan dengan melakukan shalat Sunnah salah satunya shalat tahiyatul masjid.

  • Rasa syukur seorang hamba.

Dengan melaksanakan shalat tahiyatul masjid maka hal tersebut merupakan bentuk rasa syukur kepada Allah SWT atas semua nikmat yang dilimpahkan seperti nikmat hidup, nikmat sehat maupun nikmat rezeki.

  • Merupakan salah satu amal yang diutamakan.
Baca Juga:  Bolehkah Memegang Rak Khusus Tempat Menyimpan Mushaf Al-Qur'an? Ini Jawabannya!

Maksudnya ialah shalat tahiyatul masjid merupakan salah satu amalan yang diutamakan seperti halnya amalan shalat wajib dan sunnah yang lainnya.

  • Orang yang istimewa dihadapan Allah SWT.

Dengan rajin melakukan shalat shalat tahiyatul masjid maka akan diberikan keistimewaan oleh Allah SWT yaitu salah satunya bahwa termasuk orang yang beriman dan bertakwa.

  • Dianjurkan Rasulullah SAW

Melaksanakan shalat tahiyatul masjid merupakan salah satu shalat sunnah yang dicontohkan oleh Rasululah SAW dan di anjurkan Beliau, Rasulullah SAW berssabda yang artinya:

“Sesungguhnya di antara tanda-tanda dekatnya kiamat ialah seseorang melalui (masuk) masjid namun tidak melakukan shalat dua rakaat di dalamnya.” (HR. Ibnu Khuzaimah)

Demikianlah keutamaan shalat tahiyatul masjid dan semoga kita termasuk hamba Allah SWT yang senantiasa menghormati rumah Allah SWT. Amin

Mochamad Ari Irawan

Leave a Reply

Your email address will not be published.