Kiai Said Ajak Masyarakat Jaga Keutuhan Bangsa

Said Aqil

Pecihitam.org – Dalam orasi spirit kebangsaan di Milad ke-49 Pondok Pesantren Al-Falah Cicalengka Nagreg Kabupaten Bandung dan Haul ke-2 KHQ Ahmad Syahid dan Haul ke-1 Hj. Euis Kultsum di Cicalengka, Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Said Aqil mengatakan kepada para santri yang hadir harus paham Al-Quran, termasuk paham tajwid dan ayat-ayatnya.

“Kita harus menjadi orang nasionalis dan beragama. Peperangan tidak nasionalis, karena tak mempertahankan keutuhan bangsanya,” kata Said, dikutip dari Galamedianews, Minggu, 29 September 2019.

Pada kesempatan itu, Kiai Said mengungkapkan tentang Islam nusantara dan Islam berbudaya. Misalnya, bedug tandanya mulai masuk awal waktu salat.

“Benar dalam beragama dan benar dalam berbangsa,” ujarnya.

Baca Juga:  Soal Vaksinasi Covid-19, AGH Sanusi Baco: Menolak Obat Bertentangan dengan Agama

Ia pun menilai, Pondok Pesantren Al-Falah mendapat dukungan dari banyak pihak, di antaranya dari para kiai.

“Itu disaksikan oleh kepala saya sendiri. Kami berharap, Pesantren Al-Falah ini bermanfaat bagi masyarakat di Jabar. Selamat Milad Al-Falah ke-49,” ujar Kiai Said.

Hal senada juga pernah diungkapkan Kiai Said saat memberikan tausiyah pada peluncuran buku Ironi Demokrasi karya Abdul Ghopur.

Ketika itu, ia menjelaskan bahwa demokrasi merupakan sarana untuk memperkuat persatuan dan keutuhan bangsa guna menciptakan keadilan dan kesejahteraan pada rakyat. Karenanya, menurutnya, harus ada pemerataan.

“Demokrasi sudah disepakati oleh para pendiri bangsa sebagai sistem politik Negara Kesatuan Republik Indonesia. Namun, demokrasi jangan dipahami sebagai kebebasan tanpa batas sehingga tidak berorientasi pada nilai-nilai luhur,” ungkapnya kala itu, seperti dikutip dari situ icc-jakarta pada 17 Mei 2019, lalu.

Baca Juga:  Cek Fakta: Mobil Dinas Wapres Ma'ruf Amin Disebut Isi Bensin Eceran di Pinggir Jalan

“Prinsip demokrasi harus menjaga keutuhan bangsa,” tegas Kiai Said.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *