Kitab Riyadhus Shalihin Imam Nawawi (Taman Orang-orang Shalih)

kitab riyadhus shalihin

Pecihitam.org – Kitab Riyadhus Shalihin adalah nama salah satu kitab terkenal kumpulan hadis Nabi Muhammad SAW yang artinya taman orang-orang shalih. Kitab ini disusun oleh seorang ulama besar yaitu Imam Abu Zakariya Yahya bin Syaraf An-Nawawi atau lebih familiar disebut Imam Nawawi. Kitab kumpulan hadits ini adalah salah satu karya Imam an-Nawawi yang terkenal dan banyak dimanfaatkan oleh umat muslim hingga saat ini. Hal ini dikarenakan keutamaan isi dan kandungannya serta tingginya kedudukan ilmu yang dimiliki oleh Imam an-Nawawi, juga dalamnya pemahaman beliau terhadap hadits-hadits Rasulullah SAW.

Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG

Isi dan kandungan dari kitab ini secara umum menyangkut Targhib dan Tarhib serta kebutuhan seorang muslim dalam perkara agama. Kitab ini juga merupakan kitab tarbiyah (pembinaan) yang mengaitkan aneka ragam aspek kehidupan pribadi dan sosial masyarakatnya dengan uslub (pemaparan) yang mudah dipahami oleh orang awam. Dalam penulisan kitab ini Imam an-Nawawi mengambil referensi dari sumber-sumber yang tepercaya seperti Shahih Bukhari, Muslim, Abu Daud, An-Nasa’i, At-Tirmidzi, Ibnu Majah, dan lain-lain. Sehingga hadits yang ditulis dalam kitab ini adalah hadits-hadits yang shahih, kecuali sedikit yang dha’if, itu pun kemungkinan menurut pandangan beliau adalah shahih.

Baca Juga:  Kitab Al Muwaththa ( Kitab Yang Disepakati) Karya Imam Malik

Sebagaimana disampaikan oleh pengarangnya, Imam an-Nawawi, dalam mukadimah kitab ini, Riyadhus Shalihin dimaksudkan untuk mengumpulkan hadits-hadits yang sahih. Yang mana dapat menjadi perintis jalan menuju akhirat, tuntunan adab lahir dan batin, menghimpun anjuran dan ancaman, latihan jiwa, didikan akhlak, obat hati, pemeliharaan badan dan lain-lain.

Dalam penulisan kitab ini, Imam an-Nawawi sangat teliti dan tertib. Hadits-hadits dikelompokkan ke dalam bab-bab berdasarkan tema utama, misalnya akhlak (ikhlas, sabar, takwa, tawakal, hubungan sosial, dan seterusnya). Adab sopan santun (malu, menjaga rahasia, menepati janji, menghormati tamu, tata tertib makan, adab berpakaian, mengucapkan salam). Adab terkait orang sakit dan orang yang meninggal, keutamaan membaca Al-Qur’an, keutamaan-keutamaan terkait berbagai macam shalat dan puasa, jihad, dzikir dan doa, serta larangan-larangan terkait ibadah, muamalah, dan kebiasaan-kebiasaan hidup yang tertentu.

Hampir di semua pembukaan masing-masing bab dalam kitab ini beliau mengambil ayat-ayat Al-qur’an yang sesuai dengan pembahasan hadits. Bab-babnya disusun saling berhubungan, dan hal ini menjadi keunggulan kitab hadits ini.

Pembahasan Isi Kitab

Diawali dengan ‘Bab Ikhlas’, beliau membuka dengan manis kitab Riyadus Shalihin itu dengan menyertakan ayat-ayat Qur’an yang mendukung pembahasan kitab ikhlas tersebut. Hampir seluruh isi kitab ini mengandung ruh akan dorongan menghambakan diri kepada Allah serta ‘memupuk’ amal shalih. Mayoritas isi pada kitab-kitab awal adalah mengenai masalah hati dan kebersihan jiwa. Seperti masalah ikhlas niat, taubat, sabar, shiddiq, murraqabah, yaqin, tawakal, istiqamah, mujahadah, hemat, rajin, zuhud, qana’ah, dermawan, tolong-menolong, nasehat, amar ma’ruf-nahi mungkar, amanat, dan menghindari kezaliman.

Baca Juga:  Alfiyah Ibnu Malik, Kitab Nadzam Karya Abdullah bin Malik

Pada bagian berikutnya beliau menekankan kepada masalah muamalat mu’asyarah. Yakni masalah-masalah yang berhubungan dengan kehidupan manusia bermasyarakat sebagai makhluk sosial, seperti: mendamaikan manusia, berbelas kasih pada anak yatim, orang miskin, menjaga hak wanita, hak suami dan istri, belanja keluarga, hak-hak tetangga, orang tua, anak dan keluarga, menghormati ulama, kaum kerabat, orang-orang sholeh dan lain-lain.

Pada pembahasan masalah moral dan adab, beliau menekankan juga tentang perihal keadilan, hubungan antara rakyat dan pemimpin, menjaga adab kesopanan terhadap orang hidup maupun orang mati, sampai adab-adab pribadi untuk diamalkan sehari-hari, tidak luput dari pembahasan beliau. Sedemikian lengkapnya, sehingga urusan pribadi umat dari mulai bangun tidur sampai tidur lagi, secara manis dan rapi beliau bahas satu persatu.

Baca Juga:  Mengenal Kitab Risalah Ahlussunnah Wal Jamaah Karya KH. Hasyim Asyari

Dalam masalah syariat, secara panjang lebar beliau membahas pula hukum-hukum dalam berbagai masalah; mulai dari masalah berpakaian, wudhu, sholat-sholat wajib, sholat-sholat sunat, puasa sunat, ziarah kubur, sumpah, jual-beli, dan lain-lain dengan menyertakan adab-adab dan kesempurnaan amal, lengkap dengan fadhilah amal, sehingga tidak monoton membahas masalah pokok fiqihnya saja. Pembahasan kitab ini diakhiri dengan indah pada Bab Istighfar, mulai dari dalil perintah beristighfar sampai kelebihan orang-orang yang beristighfar. Wallahua’lam Bisshawab

Silahkan Download kitabnya di sini:

Download Terjemah Riyadhus Shalihin Jilid 1
Download terjemah Riyadhus Shalihin Jilid 2
Download Riyadhus Shalihin versi arab

Arif Rahman Hakim
Sarung Batik

Leave a Reply

Your email address will not be published.