Lantik Pengurus Alumni Pesantren KH. Hanafi: Jadilah Pengurus yang Betul-Betul Mengurus

Pengurus yang Betul-betul Mengurus

Pecihitam.org – Pengurus Ikatan Santri dan Alumni Al-Khaliliyah (Insaniyah) masa khidmat 2019 – 2021 telah resmi dilantik pada Senin, (21/10) di Aula Pondok Pesantren Raudlatul Ulum Al-Khaliliyah, Kubu Raya. Dalam acara tersebut, KH. Hanafi Khalil selaku pembina berpesan hendaknya para pengurus menjadi pengurus yang betul-betul mengurus.

Menurut beliau yang juga selaku Pengasuh Pondok Pesantren Raudlatul Ulum Al-Khaliliyah Parit Surabaya ini, dalam suatu organisasi, ada tiga tipikal pengurus.

Pertama, pengurus yang tidak betul-betul mengurus, yakni mereka yang kurang serius dan tidak bertanggung jawab dalam tugas-tugas-tugasnya. Sehingga tipikal pengurus semacam ini justru perlu diurus, perlu diarahkan agar kembali pada tupoksinya.

Tipikal kedua lebih parah. Karena tipikal pengurus kedua ini, justru sering melakukan kesalahan, sehingga ia malah jadi urusan, jadi masalah dalam suatu organisasi. Jika tujuan suatu kepengurusan untuk menyelesaikan masalah, maka tipikal ini justru menjadi masalah.

Baca Juga:  TGH. Muhammad Zainul Majdi: Wacana Khilafah Tidak Relevan di Indonesia

Tipikal ketiga adalah tipikal pengurus ideal, yakni pengurus yang betul-betul mengurus. Pengurus yang memahami job description dan menjalaninya dengan semangat dan penuh tanggung jawab.

“Jangan sampai jadi pengurus tapi perlu diurus, apalagi pengurus kok malah jadi urusan. Yang baik itu jadi pengurus yang betul-betul mengurus. Itu permintaan saya”, jelas Kyai yang juga anggota DPRD Kabupaten Kubu Raya ini.

KH. Hanafi Khalil saat memberikan sambutan dalam pelantikan pengurus Insaniyah

Selain itu, kyai yang merupakan suami dari Nyai Hj. Masruroh ini menekankan pentingnya para santri dan alumni untuk berorganisasi.

Disampaikannya dalam acara pelantikan yang juga dihadiri jajaran PW GP Ansor Kalbar, PC Kubu Raya, PAC Sungai Ambawang dan PR se-Kubu Raya ini bahwa dengan berorganisasi akan mendapatkan pertolongan Allah.

Baca Juga:  Inilah Alasan Kenapa Ulama Masa Lalu Lebih Banyak Berkarya

“Yadullahi ma’al jama’ah. Pertolongan Allah beserta jamaah, jam’iyah, organisasi”, tegas beliau mengutip hadis yang diriwayatkan Imam Tirmidzi.

Beliau juga bercerita bahwa alumni-alumni Pondok Pesantren Raudlatul Ulum Al-Khaliliyah Parit Surabaya, Kubu Raya banyak aktif dan bahkan menjadi ketua di organisasi PMII, baik di PC Kota Pontianak dan PC Kubu Raya.

Insaniyah sendiri merupakan ikatan alumni yang dibentuk sejak tahun 2006 silam. Dibentuknya Insniyah sebagai wadah untuk komunikasi dan koordinasi santri dan alumni agar nilai-nilai dan akhlak kesantrian yang didapat selama di pesantren tetap terjaga.

Faisol Abdurrahman

Leave a Reply

Your email address will not be published.