Luncurkan Roket ke Kedubes AS di Irak, Iran Kembali Serang Amerika

Pecihitam.org – Serangan balasan Iran ke Amerika Serikat belum juga selesai. Terbaru, Iran kembali meluncurkan tiga roketnya ke Kedutaan Besar Amerika Serikat di Baghdad, Irak, pada Selasa 21 Januari 2020.

Dua dari tiga roket berjenis Katyusha tersebut jatuh di dalam kawasan yang masih masuk zona hijau Baghdad.

Hingga saat ini belum diketahui pasti apakah serangan Iran tersebut memakan korban jiwa atau tidak. AS sendiri belum mengeluarkan keterangan resmi terkait peristiwa itu.

Kepolisian Baghdad menyebutkan, roket itu diluncurkan dari Distrik Zarafaraniyah di luar wilayah ibu kota Irak tersebut.

Menurut laporan Reporter BBC, di dalam gedung Kedubes terdengar suara alarm yang diikuti dengan imbauan kepada semua orang untuk berlindung.

Baca Juga:  Minus Indonesia, Arab Saudi Resmi Terbitkan Visa Turis 49 Negara

Juru bicara militer Amerika yang ada di sana mengaku, mendengar suara roket tersebut jatuh di sekitar kompleks militer dan kedutaan. Petugas setempat juga mengatakan, tidak ada korban jatuh dalam kejadian pagi tadi.

Dilansir dari BBC Indonesia, Senin, 21 Januari 2020, AS sebelumnya menyalahkan kelompok para militer yang didukung Iran atas serangan serupa beberapa bulan belakangan. Kendati demikian, tidak pernah ada klaim tanggung jawab.

Diketahui, hubungan AS dan Iran memanas selama sebulan ini pasca kejadian tewasnya Jenderal Iran Qasem Soleimani akibat serangan pesawat tak berawak milik AS.

Usai kematian jenderalnya, Iran berjanji akan membalas dendam kepada AS. Pada 8 Januari lalu, Iran meluncurkan lebih dari setengah lusin rudal ke dua pangkalan militer AS di Irbil dan Ayn Al-Asad.

Baca Juga:  Bikin Bangga, Kader IPNU Wakili Indonesia di Ajang Internasional ESI Abu Dhabi

Kendati tak ada korban jiwa tewas, 11 orang tentara AS terluka pada serangan tersebut.

Muhammad Fahri