Bukan Cuma Bukhari dan Muslim, Ini Macam Macam Kitab Hadis yang Harus Kamu Ketahui

Bukan Cuma Bukhari dan Muslim, Ini Macam Macam Kitab Hadis yang Harus Kamu Ketahui

PeciHitam.org – Umat Islam bisa dipastikan mengetahui sumber hukum islam kedua yaitu Hadis. Hadis secara etimologis adalah sesuatu yang baru, berkebalikan dengan Al-Quran yang qadim atau terdahulu.

Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG

Dalam terminologis bermakna segala yang disandarkan kepada Nabi Muhammad SAW baik berupa ucapan, tindakan atau penetapan.

Pengetahuan umum masyarakat jika ditanya, kitab hadis itu apa saja? bisa dipastikan jawabannya BukhariMuslim. Apakah kitab hadis hanya itu? Jelas tidak.

Banyak sekali jenis-jenis kitab hadis, apalagi jika masuk ke jumlah judulnya. Hal ini penting untuk dijelaskan supaya bisa menjawab bahwa otoritas dalam pengambilan hukum bukan hanya terbatas dari kedua Kitab Sahih tersebut.

Kesan yang muncul dalam zaman ini adalah bahwa jika hadis tidak bersumber dari kitab Bukhari-Muslim tidak bisa dijadikan sumber rujukan Hukum. Padahal pandangan ini tidak sepenuhnya benar.

Khazanah pengetahuan dalam pengelompokkan dalam kitab hadis Nabi sangat beragam. Adapun macam-macam kitab hadis yang jumlahnya kurang lebih ada tujuh jenis antara lain sebagai berikut:

KITAB JAMI

Adalah kitab yang menghimpun keseluruhan isu atau bab-bab hukum Islam. Kitab Jami minimal mencakup 8 bab isu/ pembahasan yaitu masalah teologi/ Akidah, fiqh/ hukum peribadatan, perbudakan, adab makan-minum, tafsir, sejarah dan biografi, sifat-sifat akhlak nabi, fitnah-fitnah dan kisah-kisah/ manaqib.

Kedelapan bab tersebut termuat dalam dua Kitab Sahih yaitu Bukhari-Muslim dan Kitab Jami at-Turmudzi. Jadi penyematan nama Jami adalah dari segi konten isi pembahasan lengkap atau tidak.

Baca Juga:  Filosofi Shalat Berjamaah dalam Kepemimpinan dan Hidup Bernegara

KITAB SUNAN

Kitab Sunan memiliki spesifikasi pembahasan hanya 1 bab dari 8 bab dalam kitab Jami, yaitu bab Fiqh atau hukum peribadatan. Pembahasan dalam kitab ini berfokus dalam masalah hukum Ibadah, dari Iman, bersuci, salat, zakat, haji dan sebagainya.

Dalam kitab hadis ini tidak ada Hadis Mauquf. Nama kitab Sunan yang terkenal adalah Sunan Ibnu Majah, Sunan an-Nasai, Sunan Abu Dawud. Ketiga kitab tersebut masuk dalam golongan kutubus sittah.

KITAB MUSANNAF

Kitab Musannaf adalah kitab yang disusun berdasarkan spesifikasi bab-bab tertentu. Klasifikasinya adalah berkaitan dan hukum fiqh, minimal itu yang terjadi dari beberapa kitab yang  mempunyai metode penyusunan seperti ini.

Kitab Hadis ini masih bercampur antara hadis marfu, mauquf, dan maqthu. Kitab yang terkenal adalah al-Musannaf karya Sufyan bin Uyaynah dan Syubah bin Hajjaj.

Baca Juga:  Harkat dan Martabat Manusia Adalah Anugerah, Ini Dalil-Dalilnya

KITAB MUSNAD

Penyusunan Kitab Musnad berdasar pada periwayat dari jalur siapa Sanad/ Transmitter atau penghubung Hadis. Maka sistematika sistem penulisan hadis ditemukan riwayat Abu Hurairah RA dalam sebuah bab, Ummul Mukminin Aisyah dalam sebuah bab, Ibnu Umar dalam sebuah bab dan seterusnya. Kitab Musnad yang terkenal adalah kitab tulisan Imam Ahmad bin Hanbal yaitu Musnad Ahmad.

KITAB MUSTADRAK

Karena terdapat kekurangan/ kekuranglengkapan Hadis dalam dua sahih, maka kitab ini merupakan kitab pelengkap sesuatu yang kurang. Makna harfiahnya adalah tambalan, susulan, dan tambahan dari yang kurang. Pelengkap yang dimaksud adalah melengkapi 2 Kitab Sahih yaitu Bukhari-Muslim.

Kitab Bukhari-Muslim karena keketatan dalam penyaringan Hadis, beberapa Hadis yang masuk kategori Sahih belum masuk dalam kedua kitab hadis tersebut. Kitab Mustadrak ini yang kemudian menjadi pelengkap kedua hadis sahih. Kitab Mustadrak ala Sahihain dikarang oleh Abi Abdillah al-Hakim al-Naisaburi.

KITAB MUSTAKHRAJ

Kitab ini merupakan kitab yang mengambil atau menyamai dari segi matan (Konten) hadisnya. Akan tetapi menggunaan Sanad atau penyambung riwayat yang berbeda. pengarang kitab ini antara lain Abu Nuaim al-Asbahani.

Baca Juga:  Konsep Belajar Menurut Az-Zarnuji dalam Kitab Ta’limul Muta’allim

KITAB MUJAM

Kitab Mujam adalah kategori kitab Hadis yang dalam penyusunannya berlandaskan Abjad Hijaiyah. Sistematika seperti ini mirip dengan penyusunan Kamus bahasa. hal ini bertujuan untuk memudahkan pembaca dalam menemukan hadis terkait.

Kitab Mujam yang terkenal adalah  Mujam al-Kabiir karya Abu Qasim Sulaiman Ibn Ahmad at-Tabarani.

Demikian beberapa macam kitab hadis yang penting untuk diketahui. Semoga bermanfaat. Wallahu A’lam.

Mohammad Mufid Muwaffaq