Makassar Terpilih Tuan Rumah Pentas PAI 2019

PAI 2019

Pecihitam.org – Lokasi penyelenggaraan perhelatan dua tahunan bagi para siswa di sekolah, yakni Pekan Keterampilan dan Seni Pendidikan Agama Islam (Pentas PAI) ke-9 tahun 2019 bakal digelar di Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

“Bagi saya, Makassar merupakan kota yang strategis dan inspiratif,” ujar Rohmat Mulyana Sapdi, Direktur PAI Ditjen Pendis Kemenag, dikutip dari situs resmi NU, Jumat, 11 Oktober 2019.

Makassar, menurut Rohmat, merupakan kota tua yang memiliki akar sejarah yang kuat dan peradaban yang luhur.

“Bisa kita saksikan pada saat upacara pembukaan kemarin. Para siswa menampilkan drama kolosal berlatar sejarah di masa silam,” ujar mantan Dosen UIN Sunan Gunung Djati Bandung ini.

Baca Juga:  Harlah ke-2 IMNU: Perkenalkan Aplikasi 'Pasarijo' dan 'Syariaid', Ini Keunggulannya

“Makassar juga terkenal melahirkan ulama besar, yakni Syekh Yusuf Al-Makassari.  Jejak Syekh Yusuf ini bahkan bisa ditelusuri hingga mancanegara. Beliau merupakan ulama nusantara yang sangat dikagumi dan dihormati pada zamannya,” sambungnya.

Lanjut Rohmat mengatakan, Makassar ditempati perhelatan akbar para ulama melalui Muktamar ke-32 Nahdlatul Ulama tahun 2010 silam.

 “Kebetulan lokasinya di Asrama Haji Sudiang ini. Saya hadir waktu itu,” tambah mantan pengurus PP LP Ma’arif NU ini.  

“Makassar juga menjadi etalase wilayah timur Indonesia. Daerah ini mempertemukan berbagai wilayah sekitar karena bisa dibilang posisinya di tengah-tengah Indonesia,” tandasnya.

Pihaknya juga bersyukur Pentas PAI dihadiri ribuan orang. Selain itu, hampir semua perwakilan kabupaten buka stand di Education Expo yang sempat ditinjau Menag Lukman Hakim Saifuddin usai membuka resmi acara.

Baca Juga:  Viral Potret Papan Pengumuman Aturan Parkir Khusus Muslim, Bikin Heboh Netizen

“Mulai Kabupaten Maros di depan pintu gerbang utama, hingga Kabupaten Barru di ujung belakang. Semua ramai saya lihat kemarin meski cuaca lumayan panas tapi masyarakat tetap antusias,” ujarnya bangga.

Muhammad Fahri

Leave a Reply

Your email address will not be published.