Inilah 4 Manfaat Syukur bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui

manfaat syukur bagi kesehatan

Pecihitam.org Sebagai umat islam salah satu ajaran agama yang cukup menarik ialah pentingnya sifat syukur. Bahkan konon menurut penelitian sifat syukur ini punya sisi manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Seperti apa manfaat tersebut? berikut ulasannya.

Dalam menjalankan hidup yang penuh dengan serba serbi beban yang tiada habisnya, tentu kadang kala menjadi penyebab mengapa kita merasa tidak terima dengan kenyataan, bersikap emosional bahkan melampiaskan sesuatu kepada sesuatu yang tak pantas kita lakukan seperti memarahi anak anak, orang tua, memecahkan barang barang bahkan bisa saja bunuh diri.

Sehingga disinilah pentingnya rasa syukur itu untuk ditanamkan dalam diri kita, terlebih jika kita mengaku sebagai orang yang beriman. Adapun arahan Islam mengenai anjuran bersyukur itu sebagaimana yang telah tercantum dalam al Qur’an dan al Hadits sebagai berikut:

“Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu memaklumkan, “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku) maka pasti Azab-Ku sangat berat” (QS Ibrahim/14:7)

Sedangkan dalam al hadits, sebagaimana yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah ra., bahwasanya Rasulullah saw., bersabda

“Lihatlah kepada orang orang yang lebih rendah daripada kalian, dan janganlah kalian melihat kepada orang orang yang berada di atas kalian, karena yang demikian itu lebih patut bagi kalian, supaya kalian tidak meremehkan Nikmat Allah yang telah dianugerahkan kepada kalian”

Sehingga dari pemaparan ayat dan hadits diatas, dapat kita tarik sebuah kesimpulan bahwasanya Allah sangat menekankan kita untuk mensyukuri segala nikmat yang diberikan, dengan alhasil?

Baca Juga:  Jangan Tinggi Hati, Sebab Hanya Allah yang Maha Tinggi

Allah akan menambahkan nikmat itu jika memang kita mensyukurinya dengan setulus hati, serta yang patut kita ketahui ialah menyadari bahwa ternyata dengan rasa syukur akan mengantarkan kita status kaya yang sesungguhnya.

Sebagaimana hadits yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim

“Kaya bukanlah di ukur dengan banyaknya kemewahan dunia. Namun kaya (Ghina’) adalah hati yang selalu merasa cukup”

Manfaat Syukur bagi Kesehatan

Adapun manfaat rasa syukur tidak hanya diberi ganjaran sebagaimana yang dipaparkan oleh al Qur’an dan al hadits. Melainkan ketika para pakar mencoba menilai rasa syukur itu, rupanya memiliki manfaat yang cukup penting bagi kesehatan tubuh, diantaranya ialah

  1. Dengan rasa syukur tentu akan membuat tubuh kita sehat dan tidak gampang sakit, dan hal ini sesuai dengan hasil penelitian yang dilakukan oleh Personality and Individual differences pada tahun 2012.

    Dan hal ini dikarenakan mereka yang pandai bersyukur akan mengisi hari harinya dengan hal hal yang positif seperti berolahraga, ataupun meningkatkan kemampuan demi meraih masa depan yang cemerlang, ketimbang harus memikirkan atau tiada hari mengeluhkan keadaan yang hanya akan membuatnya stress dan gampang sakit.
  2. Dengan rasa syukur maka dengan perlahan akan menurunkan kadar emosi dalam tubuh kita, sebagaimana hasil penelitian dari University of Kentucky pada tahun 2012 yang dikutip dari forbes (majalah). Sehingga dari penurunan emosi inilah akan mengantarkan seseorang untuk tidak mudah balas dendam dan tidak mudah marah.

    Selain itu, penurunan emosi hingga menciptakan emosi positif dalam tubuh rupanya berhubungan dengan Perubahan Variabilitas detak jantung, dan hal ini bermanfaat sebagai pengobatan hipertensi dan mengurangi kemungkinan kematian mendadak terutama pada pasien gagal jantung dan pasien pada penyakit jantung koroner.
  3. Tidur lebih nyenyak, siapa sangka? Ternyata dengan rasa syukur akan mengantarkan waktu istirahat kita lebih berkualitas, sebagaimana hasil studi yang diterbitkan di Applied Psychology:  Health and Well Being pada tahun 2011 bahwasanya orang orang yang bersyukur akan mengantarkan tidur mereka lebih nyenyak.

    Mengapa? Salah satu alasannya ialah karena ketika kita merasa bahwa hidup kita masih kurang, penuh dengan masalah, tiada waktu tanpa menghujani pikiran dengan kendala kendala lainnya baik dalam hal perekonomian atau hal lain, tentu akan membuat tidur kita tidak nyenyak. Dan masalah seperti ini tak bisa biarkan begitu saja, terlebih sangat berdampak pada kesehatan tubuh.
  4. Sebagaimana hasil penelitian pada tahun 2006 yang dilakukan oleh Behavior Research and Therapy memberikan keterangan tentang veteran perang vietnam yang berkesimpulan bahwasanya rasa syukur yang tinggi akan memicu rendahnya gangguan trauma.

    Sehingga dari penelitian ini tidak salah jika dikatakan bahwa dengan bersyukur maka mental seseorang akan lebih kuat, lebih siap menghadapi tantangan hidup, dan pastinya akan rela menerima keadaan hidup tanpa harus merasa bimbang hingga mengantarkannya pada tingkat stress.
Baca Juga:  Wajib Tahu! Inilah Amalan-amalan yang Dapat Menunda Kematian

Semoga bermanfaat!

Rosmawati
Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG