Meneladani Doa Fatimah az-Zahra Pada Hari Jumat

doa pada hari Jumat

Pecihitam.org – Hari Jumat adalah hari yang istimewa. Rasulullah Saw mengatakan, catatan amal umat manusia akan diangkat ke langit pada hari Jumat. Maka, disunnahkan untuk umat Islam agar memperbanyak doa pada hari Jumat dan malam Jumat.

Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG

Salah satu tokoh perempuan di zaman nabi yang gemar berdoa di hari Jumat adalah Fatimah az-Zahra. Maka dari itu, mari meneladani Fatimah az-Zahra dengan memanjatkan doa pada hari Jumat.

Dalam al-Shahifah al-Fathimiyyah, disebutkan bahwa ada doa yang dipanjatkan oleh Sayyidah Fatimah az-Zahra para hari Jumat. Doa tersebut adalah sebagai berikut:

اللَّهُمَّ اجْعَلْنَا مِنْ أَقْرَبِ مَنْ تَقَرَّبَ إِلَيْكَ ، وَأَوْجَهِ مَنْ تَوَجَّهَ إِلَيْكَ ، وَأَنْجَحِ مَنْ سَأَلَكَ وَتَضَرَّعَ إِلَيْكَ ، اللَّهُمَّ اجْعَلْنَا مِمَّنْ كَأَنَّهُ يَرَاكَ إِلَى يَوْمِ القِيَامَةِ الَّذِي فِيهِ يَلْقَاكَ ، وَلَا تُمِتْنَا إِلاَّ عَلَى رِضَاكَ ، اللَّهُمَّ وَاجْعَلْنَا مِمَّنْ أَخْلَصَ لَكَ بِعَمَلِهِ ، وَأَحَبَّكَ فِي جَمِيعِ خَلْقِكَ . اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَآلِ مُحَمَّدٍ ، وَاغْفِرْ لَنَا مَغْفِرَةً جَزْماً حَتْماً لَا نَقْتَرِفُ بَعْدَهَا ذَنْباً ، وَلَا نَكْتَسِبُ خَطِيئَةً وَلَا إِثْماً ، اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَآلِ مُحَمَّدٍ ، صَلَاةُ نَامِيَةً دَائِمَةً زَاكِيَةً مُتَتَابِعَةً مُتَوَاصِلَةً مُتَرَادِفَةً بِرَحْمَتِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِينَ

Baca Juga:  Landasan Amaliah Aswaja: Hukum Melantunkan Pujian Sebelum Shalat Berjamaah

Allahummaj ‘alnaa min aqrabi man taqarraba ilaika, wa awjahi man tawajjaha ilaika, wa anjahi man sa’alaka watadharra’a ilaika, allahummaj ‘alnaa mimman ka-annahu yaraaka ilaa yaumil qiyaamatil ladzii fiihi yalqaaka, walaa tumitnaa illaa ‘alaa ridhaaka, allahumma waj’alnaa mimmna akhlashaka laka bi’amalihi, wa ahabbaka fi jami’i khalqika. ALlahumma shalli ‘alaa muhammadin wa ‘aali muhammadin, waghfir lanaa maghfiratan jazman hatman laa taqtarifu ba’daha dzanban, wa laa naktasibu khathi’atan wa laa itsman, allhumma shalli ‘alaa muhamadin wa ‘aali muhamadin, shalaatan naamiyatan daa’imatan zakiiyatan mutataabi’atan mutawaashilatan mutaraadifatan, birahmatika ya arhamar raahimin

Artinya: “Ya Allah, jadikanlah kami termasuk orang yang paling dekat kepada-Mu dan orang yang paling mulia di sisi-Mu dan orang yang paling berhasil saat meminta-Mu dan merendahkan diri kepada-Mu. Ya Allah, jadikanlah kami termasuk mereka yang seolah-olah melihat-Mu sampai hari kiamat yang di sana mereka akan berjumpa dengan-Mu dan jangan Engkau akhiri kehidupan kami kecuali berdasarkan ridha-Mu. Ya Allah, jadikanlah kami termasuk orang yang ikhlas dalam amalnya kepada-Mu dan mencintai-Mu di antara semua makhluk. Ya Allah, sampaikanlah shalawat kepada Nabi Muhammad Saw dan keluarganya, dan ampunilah kami dengan pengampunan yang pasti sehingga kami tidak sekali-kali berbuat dosa, kesalahan dan maksiat setelahnya. Ya Allah, sampaikanlah shalawat kepada Nabi Muhammad dan keluarganya dengan shalawat yang berkembang, abadi, tumbuh, terus-menerus, berkesinambungan dan tak putus. Dengan rahmat-Mu Wahai yang Maha Pengasih di antara yang mengasihi.”

Doa dalam Shahifah al-Fathimiyyah ini memang tidak dapat ditemukan sanadnya. Tapi, yang perlu digarisbawahi adalah ada riwayat yang dapat ditelusuri sanad hadisnya seperti riwayat Imam Tirmidzi yang menjelaskan tentang doa yang diajarkan Rasulullah Saw kepada putri bungsunya, Sayyidah Fatimah az-Zahrah. Rasulullah Saw mengajarkan putrinya untuk memanjatkan doa pada hari Jumat.

Baca Juga:  Doa Ketika Mengalami Kesulitan Hidup yang Diajarkan Rasulullah Saw

Rasulullah Saw adalah sebaik-baiknya suri tauladan. Kita wajib meneladani beliau sebagai Nabi Umat Islam. Jika Rasulullah saja mengajarkan Fatimah untuk berdoa di hari Jumat, mengapa kita tak bisa meneladani Fatimah dengan memanjatkan doa pada hari Jumat? Berdoa itu mudah. Mari niatkan karena Allah Swt dan memuliakan hari Jumat dengan memanjatkan doa Fatimah az-Zahra ini.