Merinding, Ribuan Santri Putihkan Area Car Free Day

Bentangkan Bendera Merah Putih, Ribuan Santri Putihkan Area Car Free Day

Pecihitam.org – Parade Santri Cinta Damai telah berlangsung di arena Hari Bebas Kendaraan Bermotor atau Car Free Day di Jalan Thamrin Jakarta, Minggu, 13 Oktober 2019.

Seperti direncanakan sebelumnya, acara yang digelar dalam memperingati Hari Santri Nasional 2019 itu diawali dengan pembentangan bendera merah putih sepanjang 740 meter.

Mengutip infocarfreeday.net, kurang lebih seribu santri – khususnya dari Pondok Pesantren Asshiddiqiyah – ikut serta dalam kegiatan tersebut. Mereka mengenakan dresscode – sarung dan peci hitam untuk laki-laki dan hijab bernuansa putih untuk perempuan.

Ekspresi kegembiraan tampak dari raut wajah para santri peserta Parade Santri Cinta Damai tersebut. Mereka mengikuti arak-arakan yang dimulai dari Jalan Thamrin hingga Jalan Imam Bonjol Jakarta.

Baca Juga:  Anies Baswedan Tanggapi Santai Video Ancaman Pembunuhan, FPI Malah Gusar

Parade santri yang membentangkan bendera merah putih mengusung pesan bahwa santri akan terus mencintai dan menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Parade Santri Cinta Damai juga dihadiri oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Gus Miftah. Vokalis muslimah Veve Zulfikar pun ikut tampil memeriahkan dengan mengajak bersholawat bersama.

Hari Santri Nasional diperingati tiap tanggal 22 Oktober, setelah ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo di Masjid Istiqlal Jakarta tahun 2015 silam, melalui Kepres Nomor 22 Tahun 2015. Ini dimaksudkan untuk meneladankan semangat jihad kepada para santri tentang rasa cinta tanah air yang digelorakan para ulama.

Tanggal 22 Oktober merujuk pada satu peristiwa bersejarah yakni seruan yang dibacakan oleh Pahlawan Nasional KH Hasjim Asy’ari pada 22 Oktober 1945.

Baca Juga:  Begini Cara PCNU Jember Semarakkan Hari Santri Hingga ke Pelosok Pedesaan

Parade Santri Cinta Damai hanya salah satu kegiatan dalam perayaan Hari Santri Nasional 2019. Berbagai event berskala nasional hingga daerah telah dipersiapkan sepanjang Oktober ini untuk menggelorakan semangat santri. Khususnya, kirab dan apel santri yang akan berlangsung 22 Oktober 2019.

Leave a Reply

Your email address will not be published.